Nggak Cuma di Indonesia, Ini 5 Variasi Nasi Goreng Khas dari Berbagai Negara


Berita | Selasa, 12 September 2023 18:00
Editor : Wuri Anggarini

Kapanlagi.com - Ngobrolin soal kuliner di tanah air, nasi goreng jadi salah satu kuliner sejuta umat yang disukai siapa saja. Abang penjual nasi goreng pun bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah. Mulai dari yang keliling rumah, mangkal di pinggir jalan, hingga masuk restoran ternama.


Biarpun familiar di tanah air, tapi ternyata nasi goreng bukan hidangan asli Indonesia. Kabarnya, kuliner ini berasal dari Tiongkok yang sudah ada sejak 4.000 tahun lalu. Di Indonesia sendiri, makanan ini muncul dengan berbagai variasi yang memanjakan lidah para pencintanya. Mulai dari Nasi Goreng Jawa, Nasi Goreng Mawut, Nasi Goreng Merah, Nasi Goreng Seafood, hingga olahan Nasi Goreng Kambing yang popularitasnya sempat meningkat beberapa waktu lalu.

Tapi, nasi goreng ternyata nggak hanya populer di Indonesia saja. Ada juga beberapa negara lain yang punya variasi nasi goreng dengan cita rasa khasnya. Sudah pernah cobain, KLovers?

1 dari 5 halaman

1. Hokkien Fried Rice

(c) Shutterstock

Sebagai negara asal yang kabarnya melahirkan makanan tersebut, Tiongkok punya variasi nasi goreng andalan. Hokkien Fried Rice atau Nasi Goreng Hokkien ini jadi variasi yang wajib dicicipi. Soalnya, kamu bakal menemukan sensasi beda dari yang biasa ditemukan di warung Chinese Food tanah air.

Hokkien Fried Rice ini nggak pakai kecap saat digoreng. Nasi goreng ini disajikan dengan campuran daging, kacang polong dan bahan makanan lainnya. Yang bikin lebih unik, ada siraman saus kental yang bikin tampilannya jadi seperti berkuah. Udah pernah coba?

 

 

2 dari 6 halaman

2. Kimchi Bokkeumbap

(c) Shutterstock

Pencinta drama Korea pastinya sudah nggak asing lagi dengan berbagai kuliner khas Negeri Ginseng tersebut. Kimchi yang jadi salah satu side dish wajib di negara itu ternyata bisa diolah menjadi berbagai macam kuliner lezat. Salah satunya adalah Kimchi Bokkeumbap atau Nasi Goreng Kimchi.

Makanan yang satu ini adalah sajian nasi yang ditumis bersama bawang bombay, gochujang atau pasta cabe dan kimchi. Isian lainnya bisa disesuaikan selera, umumnya sih rumput laut, telur mata sapi, hingga keju yang meleleh.

 

 

3 dari 6 halaman

3. Omurice

(c) Shutterstock

Ada lagi nasi goreng khas Jepang yang punya bentuk unik dengan cita rasa nggak kalah lezat yaitu Omurice. Namanya sendiri berasal dari kata Omelette dan Rice, nggak heran kalau tampilannya adalah nasi goreng yang dibungkus telur omelet.

Kabarnya, versi nasi goreng ini pertama kali dibuat di Namba, Osaka. Makanan ini adalah nasi yang digoreng bersama saus tomat dan bumbu lain dengan isian daging ayam, cumi, udang, dan bahan lain sesuai selera. Ada juga variasi omurice yang menggunakan kuah kari dan saus Hayashi.

 

 

4 dari 6 halaman

4. Paella

(c) Shutterstock

Nggak hanya terkenal di negara Asia saja, olahan nasi goreng juga ada yang jadi hidangan khas di Spanyol. Kenalan dulu dengan Paella, makanan khas yang kabarnya berasal dari kota Valencia.

Paella menggunakan beberapa bahan dasar seperti nasi, kunyit, dan paprika. Pelengkapnya adalah seafood seperti udang, daging sapi, ayam, dan berbagai sayuran. Saking terkenalnya, makanan ini selalu jadi buruan wisatawan saat datang ke Spanyol.

 

 

5 dari 6 halaman

5. Arroz Chaufa

(c) Shutterstock

Ini dia salah satu varian nasi goreng terkenal dunia lainnya yang berasal dari Peru. Biarpun jadi hidangan khas negara tersebut, tapi sebenarnya penyajiannya sangat kental nuansa Tiongkok. Katanya sih dulu makanan ini dikenalkan oleh imigran Tiongkok yang datang ke Peru.

Arroz Chaufa diolah dengan potongan telur ayam, daging ham, dan diperkaya dengan bumbu rempah khas Peru. Bisa dibilang kalau makanan ini memiliki rasa dan aroma rempah yang kuat. Biarpun nasi sering jadi bahan utamanya, tapi nggak sedikit juga yang menggantinya dengan gandum atau mie.

See, ternyata ada banyak variasi nasi goreng yang tersaji lezat dari berbagai negara di dunia. Ada yang pernah kamu cobain, KLovers?

 

 

(kpl/wri)