Perfect Arti dan Maknanya dalam Kamus Selain Sempurna, Simak Penjelasannya


Berita | Kamis, 11 November 2021 12:22
Editor : Nurul Wahida

Kapanlagi.com - Perfect arti dan makna umum yang digunakan adalah sempurna. Namun arti perfect ternyata tak hanya sempurna, melainkan memiliki beberapa arti dan makna yang beragam. Meskipun pada dasarnya perfect arti dan maknanya adalah tanpa cela, tanpa rusak, ataupun sempurna.


Kata perfect seringkali digunakan dalam bahasa percakapan sehari-hari. Bahkan kalian tentu sangat familiar dengan sejumlah lagu dengan judul perfect ataupun menyematkan kata perfect pada tiap bait lagunya. Ya, arti perfect memang sangat mendalam. Perfect arti dan maknanya bisa menggambarkan atau menunjukkan tentang kesempurnaan sesuatu.

Sempurna di sini maksudnya adalah tanpa cela, tanpa cacat, lengkap, utuh, ataupun ideal. Arti perfect dapat digunakan untuk semua jenis kalimat. Pasalnya perfect bisa tergolong ke dalam kata sifat, kata benda, kata kerja, ataupun lainnya.

Karena itulah penggunaan kata perfect masuk dalam semua jenis kalimat meskipun terkadang juga mengalami sedikit perubahan dalam penulisannya. Misalnya saja perfection yang memiliki arti kesempurnaan. Kata perfection ini merupakan kata perfect yang termasuk bentuk kata benda.

Sebab itulah ada beberapa arti perfect dan maknanya yang perlu kalian ketahui. Sehingga memudahkan kalian dalam menggunakan kata perfect dalam kalimat. Berikut ini perfect arti dan maknanya telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1 dari 4 halaman

1. Perfect Arti dan Maknanya

Arti Perfect dan Maknanya (credit: unsplash.com)

Mendengar kata perfect yang pertama kali kita pikirkan artinya adalah sempurna. Namun tahukah kalian bahwa perfect arti dan maknanya tak hanya sempurna. Melainkan ada beberapa arti perfect dalam kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia.

Perfect arti dan maknanya bisa tergolong bentuk kata sifat, kata kerja ataupun kata benda. Karena itulah penggunaan kata perfect bisa kalian jumpai di setiap kalimat. Sedangkan perfect arti dan maknanya juga tergantung pada topik pembicaraan yang tengah dibahas. Adapun perfect arti umumnya adalah sempurna ataupun menyempurnakan.

Namun perfect arti tak hanya sempurna, melainkan bisa berarti sepenuhnya ataupun lengkap. Perfect arti juga dapat berarti utuh ataupun sepenuhnya. Dapat berarti juga dengan benar-benar atau yang sudah dilakukan dengan sempurna. Untuk jenis kata kerja maka dapat berarti menyempurnakan atau menyelesaikan. Selain perfect adapun kata perfection yang berarti penyempurnaan atau kesempurnaan.

Itulah arti perfect dan maknanya yang perlu kalian ketahui tak hanya sempurna saja. Sehingga apabila kalian menjumpai kata perfect dalam sebuah kalimat bisa memiliki arti dan makna selain sempurna.

 

 

2 dari 5 halaman

2. Perfect Arti dalam Bahasa Melayu

Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Setelah tahu perfect arti dan maknanya ternyata tak hanya sempurna, ada juga arti perfect dalam bahasa Melayu yang tak jauh berbeda. Ya, seperti diketahui bahasa Melayu menjadi bahasa yang digunakan juga di Indonesia. Sedangkan beberapa negara juga menggunakan bahasa Melayu seperti Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Kepulauan Cocos, Pulau Natal, ataupun Timor Leste.

Sedangkan, perfect arti dalam bahasa Melayu juga tak jauh berbeda dari pembahasan sebelumnya. Ya, arti perfect dalam bahasa Melayu juga bermakna sempurna. Makna sempurna di sini berarti utuh, lengkap, tanpa cacat ataupun kekurangan apapun. Itulah arti perfect dalam bahasa Melayu yang perlu kalian ketahui.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Perfect Arti dan Contohnya

Contoh penggunaan kata perfect (credit: unsplash.com)

Setelah mengetahui perfect arti dan maknanya, perlu tahu juga beberapa contoh kata perfect dalam kalimat. Sehingga dapat membantumu semakin memahami makna dan arti perfect. Adapun contoh penggunaan kata perfect dalam kalimat sebagai berikut.

1. I'm not perfect, but I'm not fake. (Saya tidak sempurna, tapi saya tidak palsu).

2. If you're looking for a friend who is faultless, you will be friendless. - Jalaluddin al-Rumi

(Jika kita mencari teman tanpa cela, maka kita tidak memiliki teman).

3. Love is when imperfection being perfection. (Cinta adalah ketika kekurangan menjadi sebuah kesempurnaan).

4. I saw that you were perfect, and so I loved you. Then I saw that you were not perfect and I loved you even more. - Angelita Lim

(Aku melihat bahwa kamu sempurna, jadi aku mencintaimu. Kemudian aku melihat bahwa kamu tidak sempurna dan aku semakin mencintaimu).

5. Patience with small details makes perfect a large work, like the universe. - Rumi

(Kesabaran dengan detail kecil membuat pekerjaan besar menjadi sempurna, seperti alam semesta).

 

 

4 dari 5 halaman

4. Sinonim dan Antonim Perfect

Sinonim dan Antonim Perfect (credit: unsplash.com)

Ada beberapa sinonim dan antonim perfect yang juga perlu kalian ketahui. Pasalnya dengan mengetahui apa saja sinonim dan antonim perfect dapat memudahkan kalian menggunakan dan mengartikan kata perfect dengan arti yang juga serupa. Berikut ini sinonim perfect yang mana memiliki makna serupa, sama, ataupun hampir mirip.

Sedangkan untuk antonim perfect berarti kata yang memiliki arti berlawanan. Antonim perfect juga bisa bermakna bahwa arti kata tersebut berbanding terbalik dari kata perfect. Langsung saja simak ulasannya tentang sinonim dan antonim perfect dan artinya.

Sinonim Perfect

1. Correct: Benar

2. Accurate: Tepat

3. Ideal: Ideal

4. Flawless: Tanpa cela

5. Faultless: Sempurna

6. Complete: Lengkap/menyelesaikan

7. Right: Benar

Antonim Perfect

1. Imperfect: Tidak Sempurna

2. Inferior: Lebih Rendah

3. Poor: Miskin

4. Incomplete: Tidak Lengkap

5. Fail: Gagal

6. Unfinished: Belum Selesai

7. Wrong: Salah

8. Incorrect: Salah

9. Broken: Rusak

10. Bad: Buruk

Itulah pembahasan tentang perfect arti dan maknanya tak hanya sempurna saja. Selain itu dengan mengetahui sinonim dan antonim perfect maka bisa memudahkan kalian dalam memahami arti kata dalam kalimat.

 

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait