Primbon Bangun Rumah yang Dilihat dari Bulan dan Hari Baik


Berita | Selasa, 4 April 2023 20:11

Kapanlagi.com - Primbon merupakan sebuah kepercayaan untuk melihat dan menghitung hari-hari baik dalam berbagai kegiatan. Dan salah satunya kegiatan dalam membangun rumah. Bagi KLovers yang ingin membangun rumah, maka primbon bangun rumah ini perlu diketahui.


Dengan mengetahui primbon bangun rumah ini, kalian akan melihat hari apa saja yang baik untuk membangun rumah. Ini agar rumah yang ditempati penuh dengan keberkahan. Baik keberkahan dalam rezeki, kesehatan, hingga keselamatan bagi sang pemilik.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah primbon bangun rumah yang bisa KLovers ketahui. Dilihat dari bulan, hari baik, hingga weton pemilik. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Primbon Bangun Rumah Dilihat dari Bulan

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Dalam primbon, ada bulan-bulan baik yang bisa dipilih untuk menjadi waktu dalam membangun rumah. Dan berikut ini beberapa primbon bangun rumah yang dilihat dari bulan-bulan terbaik tersebut:

1. Bulan Sapar: Primbon bangun rumah pada bulan ini dirasa cukup baik untuk pindah rumah, renovasi dan membangun rumah. Karena, akan ada banyak orang yang membantumu.

2. Bulan Sura: Primbon bangun rumah pada bulan ini dirasa kurang baik untuk pindah rumah, renovasi rumah, serta membangun rumah karena seseorang akan dilanda kesusahan.

3. Bulan Mulud: Primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap kurang baik membangun rumah, pindah rumah, ataupun renovasi rumah. Sebba, diyakini kalau bulan ini akan membawa kesialan berupa sakit bahkan kabar duka.

4. Bulan Bakdamulud: Kemudian primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena diyakini bisa mendapa keberuntungan berupa kelancaran rezeki. Selain itu seseorang juga bisa merasakan kedamaian lahir dan batin.

5. Bulan Jumadilawal: Selanjutnya, primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap kurang baik untuk membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena bisa mendatangkan sesuatu yang buruk atau kesialan seperti sakit hingga fitnah.

6. Bulan Jumadilakhir: Kemudian primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap kurang baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena dapat mendatangkan sesuatu kesialan seperti sakit hingga sering dapat dijenguk keluarga.

7. Bulan Rejeb: Selanjutnya, primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap kurang baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena bisa mendatangkan masalah.

8. Bulan Ruwah: Kemudian, primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap baik untuk membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena mendatangkan kemakmuran hingga dihormati banyak orang.

9. Bulan Pasa: Primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena mendatangkan kemakmuran kehidupan yang baik hingga kaya raya.

10. Bulan Sawa: Selanjutnya, primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap kurang baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena dapat mendatangkan masalah hingga mendatangkan musibah.

11. Bulan Dulkaidah: Primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap kurang baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena bisa mendatangkan masalah berupa pertengkaran keluarga atau kerabat.

12. Bulan Besar: Dan yang terakhir, primbon bangun rumah pada bulan ini dianggap baik membangun rumah, renovasi rumah, dan pindah rumah karena bisa mendatangkan banyak rezeki berupa kekayaan.

 

2 dari 4 halaman

2. Primbon Bangun Rumah Dilihat dari Hari

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Bila kalian sudah melihat primbon bangun rumah yang dilihat dari bulan, maka kalian bisa memilih harinya. Ya, bila sudah menentukan bulan yang tepat untuk membangun rumah, maka sekarang pilih hari yang baik. Dan berikut ini primbon bangun rumah yang dilihat dari hari tersebut:

1. Selasa Pon

2. Jumat Wage

3. Minggu Legi

4. Rabu Kliwon

5. Kamis Pon

6. Jumat Pahing

7. Senin Pon

8. Selasa Kliwon

9. Rabu Wage

10. Jumat legi

11. Rabu Pahing

12. Kamis Kliwon

13. Sabtu Pon

14. Selasa Wage

15. Senin Kliwon

16. Selasa Pahing

17. Rabu Legi

18. Kamis Wage

19. Minggu Pon

20. Kamis Pahing

21. Sabtu Kliwon

 

3 dari 4 halaman

3. Primbon Bangun Rumah Dilihat dari Weton Pemilik

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Nah, bagaimana bila ingin mengetahui baiknya sebuah rumah tinggal dilihat dari weton sang pemilih? Ya, ini bisa kalian lakukan untuk mengetahui keberuntungan tempat tinggal. Hal ini bisa dilihat dari weton pemilik rumah tersebut.

Kalian yang sudah memilih hari dan bulan baik untuk membangun rumah, maka kali ini mencari tahu keberuntungan dilihat dari weton pemilih. Sebelum menghitung, KLovers harus mengetahui terlebih dahulu angka neptu kalian dalam jumlah hari sepekan menurut primbon Jawa berikut ini:

- Minggu: 5

- Senin: 4

- Selasa:3

- Rabu: 7

- Kamis: 8

- Jumat: 6

- Sabtu: 9

Dan ini adalah angka untuk neptu dalam hari pasaran menurut primbon Jawa,

- Pahing: 9

- Pon: 7

- Wage: 4

- Kliwon: 8

- Legi: 5

Bila sudah mengetahui jumlah neptunya, maka kalian bisa menjumlahnya. Dan rumusnya yaitu, "Jumlah Neptu Hari Pasaran + Neptu Hari Sepekan". Lakukan ini pada neptu kalian. Misalnya, weton Sabtu Pon, maka jumlah neptunya yakni 9 + 7 = 16 : 4 = (4). Dan bila sudah mendapatkan hasilnya, kalian bisa membaca hasilnya di bawah:

- Sisa 1: Artinya akan dihormati, mendatangkan rezeki, kedamaian, dan keamanan dalam rumah tangga.

- Sisa 2: Artinya dapat mendatangkan keberuntungan, mencegah bahaya yang datang ke rumah.

- Sisa 3: Artinya cukup negatif karena dapat mendatangkan musibah berupa kehilangan, kejahatan, hingga penyakit.

- Sisa 4: Artinya cukup negatif karena dapat membawa penyakit, sulitnya mencari rezeki, hingga musibah berupa kematian.

- Sisa 5: Artinya cukup negatif karena memiliki arti Pati Mati atau kematian dalam arti luas. Selain itu, hasil ini juga dipercaya bahwa akan ada kematian sebelum terjadinya kesuksesan.

Itulah sedikit penjelasan primbon bangun rumah yang bisa KLovers ketahui. Kalian bisa melihat primbon bangun rumah dari bulan baik dan hari baik dalam primbon. Selain itu, KLovers juga bisa menghitung keberuntungan dari weton pemilik rumah tersebut.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait