Arti Primbon Kedutan di Bibir Bagian Atas dan Bawah Beserta Penjelasannya Menurut Medis


Berita | Selasa, 10 Januari 2023 14:44

Kapanlagi.com - Ada berbagai bagian tubuh yang bisa mengalami kedutan selain mata, salah satunya bibir. Ya, walaupun ini bisa dijelaskan secara medis, namun masih ada yang percaya bahwa primbon kedutan di bibir menjadi sebuah pertanda.


Ya, primbon kedutan di bibir ini ada yang terjadi di bagian atas ataupun bagian bawah. Semuanya primbon kedutan di bibir ini menjadi sebuah pertanda yang baik atau sebaliknya bagi kehidupan bila kalian percaya.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah primbon kedutan di bibir bagian atas dan bawah. Beserta penjelasannya menurut medis.

1 dari 3 halaman

1. Primbon Kedutan di Bibir Bagian Atas

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Primbon kedutan di bibir yang pertama ada pada bagian atas. Ya, bagi kalian yang baru saja mengalami kedutan pada bagian atas, maka primbon kedutan di bibir bagian atas ada pertandanya. Berikut ini primbon kedutan di bibir atas tersebut.

1. Akan Dapat Rezeki Makanan

Jika kalian mengalami bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa bisa jadi pertanda bahwa kalian akan akan mendapatkan berkah rezeki berupa makanan. Berkah makanan tersebut bisa jadi akan kalian dapatkan dari orang terdekat seperti keluarga, kerabat, atau teman. Namun bisa jadi juga berasal dari orang yang tak disangka-sangka. Yang jelas dari manapun makanan itu berasal, kalian patut bersyukur.

2. Mendapatkan Kabar Baik

Kemudian primbon kedutan di bibir juga memang bisa menjadi pertanda baik yaitu, mendapatkan kabar baik yang menggembirakan. Kabar baik tersebut bisa jadi berkaitan dengan karier, rezeki, bahkan jodoh.

3. Merasa Kesal

Namun, kedutan pada bagian bibir atas ini juga bisa jadi pertanda untuk perasaan kesal kalian loh KLovers. Hal ini bisa disebabkan oleh tingkah seseorang yang menurut kalian sudah di luar batas. Sehingga saat mengalami bibir atas kedutan, ada baiknya kalian tetap mempersiapkan diri dengan menata hati agar lebih sabar.

4. Dapat Rezeki Makanan

Mendapatkan makanan memang menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Jika mengalami bibir atas kedutan menurut Primbon Jawa bisa jadi pertanda bahwa kalian akan akan mendapatkan berkah rezeki berupa makanan. Berkah makanan tersebut bisa jadi akan kalian dapatkan dari orang terdekat seperti keluarga, kerabat, atau teman. Namun bisa jadi juga berasal dari orang yang tak disangka-sangka. Yang jelas dari manapun makanan itu berasal, kalian patut bersyukur.

5. Kehilangan Barang Berharga

Sayangnya, primbon kedutan di bibir bagian atas juga jadi pertanda buruk, bahwa kalian akan mengalami kejadian pahit yaitu kehilangan barang berharga. Namun, kalian jangan berburuk sangka terlebih dahulu. Dalam hal ini kehilangan yang dimaksud tak melulu karena pencurian. Melainkan bisa juga karena lupa tempat menyimpannya.

 

2 dari 4 halaman

2. Primbon Kedutan di Bibir Bagian Bawah

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Tadi ada penjelasan tentang primbon kedutan di bibir bagian atas, maka kali ini ada penjelasan tentang primbon kedutan di bibir bagian bawah. Dan berikut ini penjelasan tentang primbon kedutan di bibir bagian bawah tersebut.

1. Mendapatkan Rezeki

Primbon kedutan di bibir bagian bawah yang pertama yaitu, menjadi sebuah pertanda baik untuk hidup kalian. Primbon Jawa percaya siapa pun yang mengalami kedutan ini akan menerima rezeki yang berlimpah. Bukan rezeki berupa harta saja, melainkan bisa berupa kebaikan dari orang lain.

2. Menerima Kabar Menyenangkan

Berikutnya, primbon kedutan di bibir bawah yang lainnya juga bisa jadi tanda akan ada kabar menyenangkan. Bagi siapa pun yang mengalami kedutan ini, maka kalian akan menerima kabar yang menyenangkan.

3. Kehilangan Barang

Sama seperti keduatan di bagian atas, sayangnya primbon kedutan di bibir bagian bawah juga memiliki pertanda buruk. Bila kalian mengalami kedutan bibir bawah ujung kiri, diperkirakan kalian akan kehilangan barang berharga dalam waktu dekat ini. Ada pihak luar yang merenggut barang milik kalian. Jadi, berhati-hati ya KLovers.

4. Akan Sakit

Dan primbon kedutan di bibir di bagian bawah terakhir menjadi sebuah kabar buruk. Apabila kalian sedang mengalami kedutan bibir bawah ujung kanan, primbon Jawa menyatakan bahwa pemilik bibir akan melalui masa sakit dalam waktu dekat.

 

3 dari 4 halaman

3. Kedutan Bibir Menurut Medis

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Namun, selain ada penjelasan arti primbon kedutan di bibir. Bibir kedutan sendiri sebenarnya ada penjelasan medisnya. Nah, untuk itu berikut ini alasan-alasan mengapa seseorang mengalami kedutan pada bagian bibir.

1. Tanda Stres dan Kelelahan

Menurut medis, bibir atas yang tiba-tiba kedutan bisa jadi pertanda bahwa kalian sebenarnya sedang mengalami stres dan kelelahan. Hal ini karena saat lelah dan stres, otot wajah akan mengencang, sehingga kedutan pun jadi hal yang wajar terjadi.

2. Sindrom Tourette

Bibir kedutan juga bisa menjadi tanda Sindrom Tourette. Ya, sindrom ini adalah gangguan sistem saraf otak yang menyebabkan kalian tanpa sadar mengeluarkan suara atau gerakan berulang pada bagian tubuh mana pun. Salah satu gejala yang mungkin terjadi akibat gangguan ini adalah bibir kanan atas kedutan atau di bagian bibir lainnya.

3. Perubahan Hormon

Perubahan hormon juga mempengaruhi terjadinya kedutan di bibir. Apalagi jika perubahan hormon tersebut terjadi secara tiba-tiba sehingga kondisi keseimbangan di tubuh jadi terganggu.

4. Hemifacial Spasm

Hemifacial Spasm adalah kejang otot yang terjadi di satu sisi wajah dan bisa memicu kedutan bibir kalian. Kondisi ini terjadi karena kerusakan saraf kranial ketujuh yang mempengaruhi otot-otot wajah. Kerusakan saraf tersebut dapat diakibatkan pembuluh darah yang menekan saraf ataupun hal lain.

5. Efek Kelebihan Kafein dan Kekurangan Kalium

Kadar kafein dan kalium dalam tubuh ternyata juga mempengaruhi terjadinya bibir atas kedutan. Saat kalian kelebihan kafein dan kekurangan kalium, semakin besar kemungkinan kalian akan mengalami kedutan di bagian bibir.

6. Efek Samping Obat dan Alkohol

Jika kalian terlalu sering mengalami kedutan di bibir, maka ada baiknya kalian mengurangi atau menghentikan konsumsi obat dan alkohol. Pasalnya, kedutan di bibir atas bisa jadi bukti munculnya efek samping dari alkohol dan obat yang kalian konsumsi.

7. Penyakit Parkinson

Bibir kedutan secara medis juga dapat menjadi tanda penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah gangguan otak yang menyebabkan tremor, kekakuan, dan gerakan lambat. Penyakit ini bersifat degeneratif yang artinya memburuk dari waktu ke waktu. Gejala awal penyakit ini adalah getaran pada bibir, dagu, tangan, atau kaki.

8. Trauma atau Cedera

Bibir kedutan juga bisa saja muncul sebagai respons atas trauma atau cedera yang pernah kalian alami. Biasanya, trauma atau cedera tersebut berkaitan dengan syaraf yang mempengaruhi otot-otot halus di wajah.

9. Gejala Bell's Palsy

Apabila kalian mengalami bibir atas kedutan dalam waktu yang cukup lama, maka tak ada salahnya untuk lakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab, bisa jadi bibir yang kedutan merupakan gejala dari penyakit tertentu, salah satunya Bell's Palsy.

10. Obat-obatan tertentu

Kedutan bibir juga bisa menandakan efek samping dari obat-obatan tertentu. Obat-obatan kortikosteroid dan estrogen dapat menimbulkan efek samping berupa kedutan otot, termasuk otot bibir.

Itulah arti primbon kedutan di bibir pada bagian atas ataupun bawah yang bisa KLovers ketahui. Selain primbon kedutan di bibir, ada pula penjelasan secara medis tentang bibir kedutan.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait