Surat Al Fatihah Arti dan Isi Kandungannya, Punya Keutamaan yang Luar Biasa


Berita | Selasa, 29 Maret 2022 12:44

Kapanlagi.com - Umat muslim tentunya mengetahui bahwa surat Al Fatihah memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Pasalnya surat Al Fatihah arti dan isi kandungannya memang begitu istimewa. Saking istimewanya, surat Al Fatihah menjadi surat wajib yang dibaca saat menunaikan ibadah sholat.


Surat Al Fatihah terdiri dari 7 ayat. Di mana ketujuh ayat dalam surat Al Fatihah ini jika dipahami memiliki arti dan kandungan yang istimewa. Karena itulah memahami apa surat Al Fatihah arti dan isi kandungannya sangatlah penting.

Terlebih tidak hanya sekedar menghafal ayatnya saja, melainkan juga memahami arti surat Al Fatihah bisa membuatmu semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu surat Al Fatihah dikenal memiliki sejumlah nama lain tiga di antaranya menurut Ibnu Katsir yakni Ummul Kitab, Ummul Qur'an, ataupun As-Shalah.

Namun sudah tahukah kalian surat Al Fatihah arti dan isi kandungan ketujuh ayatnya? Karena itulah dalam ulasan di bawah ini akan dibahas mengenai surat Al Fatihah arti, isi kandungan dan keutamaannya.

1 dari 4 halaman

1. Surat Al Fatihah Arti dan Bacaanya

Surat Al Fatihah Arti dan Bacaanya (credit: unsplash.com)

Surat Al Fatihah menjadi surat dalam Alquran yang perlu dihafalkan serta diamalkan. Karena surat Al Fatihah arti dan isi kandungannya digunakan dalam sejumlah ibadah wajib hingga sunnah. Misalnya saja bacaan untuk sholat wajib dan sunnah. Serta surat pertama yang dibaca ketika akan membaca Alquran.

Selain itu surat Al Fatihah dalam Alquran menjadi surat pertama. Surat Al Fatihah ini termasuk surat Makiyyah. Surat Al Fatihah arti dalam Alquran adalah pembukaan. Di mana ayat dalam surat Al Fatihah ini berjumlah tujuh ayat. Nah, adapun surat Al Fatihah arti dan bacaan latinnya dapat kalian simak sebagai berikut.

Bacaan Surat Al Fatihah:

1. Bismillahirrahmanirrahim.

2. Alhamdulillahi rabbil alamin.

3. Ar-Rahmanir Rahim.

4. Maliki yaumiddin.

5. Iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in.

6. Ihdinash shirathal mustaqim.

7. Shirathal ladzina an'amta 'alaihim ghoiril maghdzubi 'alaihim waladldlallin.

Arti Surat Al Fatihah:

1. Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang,

2. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

4. Yang menguasai di hari Pembalasan,

5. Hanya Engkaulah yang Kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan,

6. Tunjukilah Kami jalan yang lurus,

7. (Yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Itulah surat Al Fatihah arti dan bacaan latinnya. Sehingga memudahkan kalian untuk mengamalkan dan memahami setiap arti ayat surat Al Fatihah.

 

 

 

2 dari 5 halaman

2. Surat Al Fatihah Arti dan Isi Kandungannya

Surat Al Fatihah Arti dan Isi Kandungannya (credit: unsplash.com)

Setelah tahu surat Al Fatihah arti dan bacaan latinnya, tidak lengkap rasanya jika kalian belum memahami apa isi kandungan surat Al Fatihah. Sebab itulah dalam pembahasan kali ini akan diulas pula mengenai surat Al Fatihah arti dan isi kandungannya.

Terdapat beberapa kandungan surat Al Fatihah arti dan maknanya.di mana masing-masing ayat memiliki kandungan yang berisi tentang ketuhanan, keyakinan, ataupun keimanan. Melansir dari NU Online, disebutkan bahwa surat Al Fatihah arti dan isi kandungannya menurut Syekh M Nawai Banten beberapa kandungan isi surat Al Fatihah di antaranya yakni terdapat unsur ilmu ushul (Ketuhanan, Kenabian, Kebangkitan), Ilmu Furu terdiri dari (ibadah), ilmu akhlaq, dan ilmu sejarah (tentang kisah umat terdahulu baik itu Nabi ataupun orang yang diberi sebuah anugerah).

Sementara itu jika disimpulkan maka kandungan surat Al Fatihah terdiri dari berbagai ajaran dan prinsip agama baik itu aqidah, ibadah, syariah, keimanan atas sifat-sifat terpuji bagi Allah, yakin terhadap hari akhir, Keesaan Allah bahkan Allah itu Esa atau satu, serta petunjuk bagi umat muslim.

Itulah beberapa penjelasan mengenai isi kandungan surat Al Fatihah. Sehingga dapat memudahkan kalian memahami apa saja makna kandungan surat Al Fatihah yang memiliki arti Pembuka.

 

 

 

3 dari 5 halaman

3. Surat Al Fatihah Arti dan Keutamaannya

Keutamaan Surat Al Fatihah (credit: unsplash.com)

Sementara itu terdapat beberapa keutamaan surat Al Fatihah yang juga perlu dipahami. Karena arti surat Al Fatihah adalah pembuka, maka surat ini juga memiliki beragam keutamaan bagi seseorang yang mengamalkannya. Nah, untuk tahu apa saja keutamaan surat Al Fatihah arti dan manfaat luar biasanya dapat kalian simak sebagai berikut.

- Mengabulkan segala hajat dengan izin Allah SWT.

- Obat atas segala penyakit.

- Terbebas dari gangguan setan atau sebagai media untuk ruqyah.

- Bacaan wajib dan syarat sah sholat.

- Mempermudah dan melancarkan rezeki.

- Memperoleh pahala layaknya membaca sepertiga Alquran.

- Terhindar dari godaan setan.

- Mendekatkan jodoh.

- Diampuni atas segala dosa yang telah lalu.

- Terhindar dari api neraka.

 

 

 

4 dari 5 halaman

4. Penerapan dan Cara Mengamalkan Surat Al Fatihah

Cara mengamalkan Surat Al Fatihah (credit: unsplash.com)

Setelah tahu arti surat Al Fatihah dan kandungannya, lalu bagaimana penerapan surat ini dalam kehidupan sehari-hari. Cukup mudah untuk mengamalkan surat Al Fatihah. Sehingga dengan memahami penerapan atau cara mengamalkan surat Al Fatihah bisa mendapatkan banyak keutamaan yang luar biasa.

Di mana untuk mengamalkan surat Al Fatihah, dapat dibaca setelah sholat wajib. Salah satunya dapat diamalkan setelah menunaikan sholat Subuh hingga terbit matahari. Amalan ini diketahui juga diamalkan oleh almarhum Syekh Ali Jaber dengan membaca surat Al Fatihah sebanyak-banyaknya. Surat Al Fatihah dapat juga diamalkan setiap hari untuk bacaan dzikir dan wirid.

Itulah sejumlah pembahasan mengenai surat Al Fatihah arti dan isi kandungannya yang perlu diketahui. Semoga dapat membantumu memudahkan untuk mengamalkan surat Al Fatihah.

 

 

 

(kpl/gen/nlw)

Topik Terkait