Tidak Sama, Ini Perbedaan Drama dan Teater yang Perlu Dipahami Beserta Pengertiannya Secara Umum


Berita | Kamis, 16 Februari 2023 18:33

Kapanlagi.com - Drama dan teater merupakan sebuah hiburan atau karya seni yang sudah ada sejak lama. Bahkan, menjadi hiburan yang masih disukai hingga saat ini. Namun, mungkin ada banyak dari KLovers yang nggak mengetahui perbedaan drama dan teater.


Ya, drama dan teater nyatanya memiliki perbedaan ya KLovers. Keduanya bukan sebuah hiburan yang sama. Nah, untuk mengetahui perbedaan drama dan teater ini, KLovers harus mencari tahu lewat ciri-ciri kedua karya seni ini.

Untuk KLovers yang ingin mengetahui perbedaan drama dan teater, maka berikut ini penjelasan dari perbedaan drama dan teater beserta pengertian secara umum. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

1 dari 3 halaman

1. Pengertian Drama

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Drama merupakan sebuah karya sastra yang paling tua dan bertahan hingga sekarang. Dan masih menjadi hiburan yang begitu populer. Namun, apa itu drama? Menurut etimologi, istilah drama berawal dari bahasa Yunani yaitu "draomai", yang mana memiliki arti sebagai yang berbuat, berlaku, bertindak, dan beraksi.

Berdasarkan sejarah pengertian drama dapat dipahami sebagai suatu perbuatan atau tindakan yang ditulis dan selanjutnya digunakan dalam pementasan di sebuah panggung. Seiring perkembangan zaman, drama tidak hanya terbatas dipentaskan antar panggung saja, seperti film, televisi, drama radio, dan lain sebagainya.

Secara luas, arti drama juga merupakan bagian dari bentuk karya sastra berisi cerita tentang kehidupan yang ditunjukkan dalam bentuk tindakan atau perbuatan. Sementara itu, drama sendiri biasanya diperankan oleh seseorang yang disebut aktor atau aktris. Dalam melakukan pementasan drama, aktor dan aktris ini akan membuat gerakan dan dialog sesuai dengan teks drama.

 

2 dari 4 halaman

2. Pengertian Teater

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Teater merupakan sebuah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting. Dalam sejarahnya, kata 'teater' berasal dari bahasa Inggris theater atau theatre, bahasa Perancis theatre dan dari bahasa Yunani theatron.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teater mempunyai tiga pengertian, yakni gedung atau ruangan tempat pertunjukan film, sandiwara, dan sebagainya. Kemudian pengertian kedua ialah ruangan besar dengan deretan kursi-kursi ke samping dan ke belakang untuk mengikuti kuliah atau untuk peragaan ilmiah.

Pengertian teater yang lainnya yaitu, sebuah pementasan drama sebagai suatu seni atau profesi yang terdiri dari, seni drama dan sandiwara drama. Secara etimologis, kata teater dapat diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. Sedangkan secara istilah, kata teater diartikan sebagai segala hal yang dipertunjukkan di atas panggung untuk konsumsi penikmatnya.

 

3 dari 4 halaman

3. Perbedaan Drama dan Teater

Ilustrasi (credit: pexels.com)

Bagaimana dengan perbedaan drama dan teater? Ya, banyak yang menyangka bahwa drama dan teater itu sama, nyatanya itu berbeda ya KLovers. Namun tidak berbeda secara jelas. Nah, perbedaan drama dan teater ini bisa dilihat dari ciri-cirinya. Dan berikut ini penjelasan dari ciri-ciri untuk mengetahui perbedaan drama dan teater tersebut:

(Ciri-Ciri Drama)

1. Ciri-ciri drama yang pertama yaitu, pementasan drama bisa dilakukan di mana saja. Misalkan dalam kehidupan sehari-hari maupun di atas panggung.

2. Ciri-ciri drama yang kedua yaitu, dalam pementasan drama turut disertakan konflik, klimaks serta penyelesaiannya.

3. Kemudian ciri-ciri drama lainnya yaitu, umumnya kisah atau cerita yang digunakan dalam drama bersumber dari kehidupan sehari-hari.

4. Drama merupakan kisah yang disampaikan di atas panggung dan menjadi ciri-ciri drama berikutnya.

5. Dalam ciri-ciri drama, drama ada interaksi langsung antara pemeran dengan penonton.

6. Ciri-ciri drama berikutnya yaitu, drama menggambarkan kehidupan manusia dan lingkungan sekelilingnya yang digambarkan melalui pementasan.

7. Penafsiran kisah dan pemain bergantung pada penonton.

8. Ciri-ciri drama yang terakhir yaitu, penonton diajak untuk melihat dan merasakan kisah yang diceritakan dalam pementasan.

(Ciri-Ciri Teater)

1. Ciri-ciri teater yang pertama yaitu, pementasan teater hanya bisa dilakukan di atas panggung saja.

2. Kemudian ciri-ciri teater yang lainnya yaitu, dalam pementasan teater tidak ada cerita tentang konflik, klimaks, serta penyelesaiannya karena hanya merupakan bentuk pementasan saja.

3. Umumnya ciri-ciri teater yaitu, kisah atau cerita yang digunakan dalam teater bersumber dari cerita rakyat atau cerita yang telah digarap sebelumnya.

4. Teater merupakan produksi kisah di atas panggung dan ini menjadi ciri-ciri teater.

5. Dalam teater tidak ada interaksi langsung antara pemain dengan penonton.

6. Teater menggambarkan kehidupan manusia yang diceritakan melalui pementasan.

7. Penafsiran kisah dan pemain bergantung pada pemain teater tersebut.

8. Dan ciri-ciri teater terakhir yaitu, penonton diajak untuk menikmati kisah yang diceritakan dalam pementasan.

Itulah penjelasan dari perbedaan drama dan teater yang bisa KLovers ketahui. Perbedaan drama dan teater ini bisa dilihat dari ciri-ciri keduanya. Tidak hanya perbedaan drama dan teater saja, namun ada pula pengertian dari drama dan teater secara umum.

 

(kpl/gen/dhm)

Topik Terkait