Contoh Naskah Drama Komedi, Beserta Pengertian Secara Umum - Cara Menulisnya dengan Tepat

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Contoh Naskah Drama Komedi, Beserta Pengertian Secara Umum - Cara Menulisnya dengan Tepat
Ilustrasi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Naskah drama adalah sebuah karangan yang masih ditulis dengan tangan dan belum diterbitkan. Nah, bagi KLovers yang ingin membuat sebuah drama yang menghibur, maka contoh naskah drama komedi berikut ini bisa jadi pilihan ilmu loh.

Ya, sebelum membuat sebuah naskah, KLovers harus mencari tahu terlebih dahulu contohnya. Seperti contoh naskah drama komedi berikut ini. Tidak hanya itu saja, ada pula pengertian naskah drama secara umum dan bagaimana cara membuat drama.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini contoh naskah drama komedi, beserta pengertian naskah drama secara umum dan cara menulis naskah drama. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

 

1. Naskah Drama Adalah

Sebelum KLovers mengetahui contoh naskah drama singkat, KLovers bisa mengetahui apa itu arti naskah drama. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), naskah drama adalah sebuah karangan yang masih ditulis dengan tangan dan belum diterbitkan. Secara etimologis, pengertian naskah drama diambil dari bahasa Arab yaitu kata nushkhatum yang memiliki arti 'potongan kertas'.

Hal ini karena umumnya naskah drama berbentuk beberapa lembaran yang perlu dikoreksi sebelum dipakai. Pengertian naskah drama akan menjelaskan mengenai tema dan isi yang dapat diterima oleh penonton. Secara umum, naskah drama adalah tulisan yang biasa atau umum dikenal semua orang yang berkecimpung di dunia penulisan.

Selain itu, naskah drama sendiri merupakan cerita yang diuraikan dengan urutan adegan demi adegan yang dilengkapi dengan tempat atau latar, keadaan, dialog, dan juga seringkali ada penokohan di dalamnya. Dan bisa disebut sebagai dasar sebuah cerita baik dalam film maupun dalam pementasan pada teater.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Menulis Naskah Drama Komedi

Sebelum KLovers menulis tentang contoh naskah drama komedi. KLovers juga harus tahu nih, bagaimana cara menulis naskah, terutama untuk naskah drama singkat. Memang tidak ada aturan baku dalam penulisan skenario, tapi sebagai pemula kalian bisa mengikuti langkah-langkah atau cara naskah drama komedi seperti berikut:

1. Menggali Ide Cerita

Ide cerita perlu ditentukan sejak awal. Ide ini juga bisa berasal dari mana saja, misalnya, dari pengalaman pribadi, mengamati karya lain, kasus dalam sebuah berita, dan lain sebagainya. Dan bisa jadi awal untuk menulis contoh naskah drama komedi.

2. Premis

Jika kalian sudah menemukan ide cerita, kini saatnya menentukan premis dasar. Premis dasar cerita berupa kalimat singkat yang menggambarkan cerita secara umum dalam pembuatan contoh naskah drama komedi.

3. Sinopsis Pendek

Seperti yang sudah kalian baca, naskah drama singkat juga memiliki sinopsis. Berawal dari premis, kalian bisa mengembangkan jadi tiga sampai empat kalimat. Perlu diingat, kalian harus fokus pada premis yang sudah ditentukan sebelumnya.

4. Sinopsis Panjang

Langkah selanjutnya adalah menulis sinopsis panjang. Kalian sudah memiliki beberapa kalimat dalam sinopsis pendek, kini saatnya memecah dalam tiga atau empat paragraf untuk memasukkan detail cerita dalam membuat contoh naskah drama komedi.

5. Treatment

Sekarang, kalian sudah punya sinopsis yang berisi tiga sampai empat paragraf. Sinopsis panjang tersebut memuat karakter, masalah, dan tindakan tokoh. Nah, kalian masih perlu menjabarkan lagi cerita tersebut pada masing-masing paragraf. Nantinya, kalian akan memiliki cerpen dari sinopsis tadi.

6. Naskah

Jika kalian sudah berhasil mengikuti tata cara menulis contoh naskah drama komedi, kini saatnya masuk ke penulisan naskah. Karena sudah punya cerpen dengan 9-10 paragraf, kalian mulai bisa menuangkannya dalam format naskah.

Agar lebih mudah, kalian bisa menjabarkan cerpen tersebut ke dalam urutan adegan (scene). Adegan ini dibagi sesuai dengan latar tempat dan waktu. Jika ada satu situasi dalam satu tempat dan waktu, maka ia dihitung sebagai satu adegan. Agar lebih jelas, silakan simak contoh berikut ini.

Scene 1 - Rumah - Siang

Scene 2 - Toko Pak Tomo - Sore

Scene 3 - Teras Rumah - Pagi

 

3. Contoh Naskah Drama Komedi

Nah, setelah mengetahui pengertian naskah drama dan bagaimana cara membuat naskah drama, maka KLovers bisa mengetahui contoh naskah drama komedi. Dan berikut ini contoh naskah drama komedi tersebut dilansir dari berbagai sumber:

1. Scene 1 di jalanan umum - Sore Hari

Alkisah, ada seorang tukang becak asal Madura yang dipergoki seorang polisi saat memasuki kawasan 'Becak Dilarang Masuk!'.

Dengan santainya si tukang becak itu melintas di depan polisi sampai polisi datang meniup peluit.

Polisi : Apakah kamu tidak melihat gambar di sana? Becak tidak boleh masuk ke jalan ini, dengan nada tinggi sambil menunjuk rambu-rambu.

Tukang becak : Oh, iya saya lihat Pak Polisi. Tapi itu kan gambar becaknya kosong, tidak ada orangnya. Sementara becak saya kan ada orangnya, berarti boleh masuk.

Polisi : Bodoh! Apa kamu tidak bisa baca? Di bawah gambar itu kan ada tulisannya becak dilarang masuk!

Tukang becak : Memang tidak bisa baca saya, Pak. Kalau saya bisa baca, pasti saya bisa jadi polisi seperti Bapak, bukan jadi tukang becak seperti sekarang.

2. Scene 2 sepulang sekolah - Siang Hari

Siang itu lima sekawan yakni Danu, Dina, Dita, Didi, dan Dadang sepakat untuk mengerjakan tugas sepulang sekolah bersama.

Dita : "Nanti kita kerjakan tugas di tempat biasa ya teman-teman."

Didi : "Di balai desa atau di rumah Danu?"

Dita : "Di balai desa saja."

Dina : "Baiklah teman-teman, kalau begitu saya pulang ganti baju dan makan dulu baru saya ke balai desa."

Setelah mereka semua pulang ke rumah masing-masing dan jam menunjukkan pukul empat sore, Dina, Dita, dan Didi segera berangkat menuju balai desa. Hanya Danu yang tidak berangkat karena sepulang sekolah ia tertidur pulas dan lupa jika sudah sepakat mengerjakan tugas.

*Sampai di balai desa*

Didi : "Danu mana ya? Sudah hampir jam lima dia tak kunjung datang."

Dina : "Jangan-jangan dia lupa jika sekarang kita akan mengerjakan tugas?"

Dita : "Atau mungkin dia mengira kalau kita akan mengerjakan tugas di rumahnya. Sebaiknya kita ke rumahnya mungkin dia sudah menunggu kita."

Dadang : "Mungkin dia ada urusan tetapi lupa memberitahu kita. Kita tunggu saja di sini sembari menyelesaikan separuh tugas."

Mereka berempat mengerjakan tugas bersama terlebih dahulu sembari menunggu kedatangan Danu. Setelah jam tangan Dadang menunjukkan angka pukul 5:30 sore, terlihat dari jauh anak laki-laki terengah-engah berlari membawa tas.

Didi : "Tuh kan, Danu baru kemari."

Dina : "Eh, iya. Tetapi kenapa dia berlari seperti dikejar hantu dan memakai seragam sekolah?"

Danu : "Teman-teman? Sedang apa kalian sepagi ini di balai desa? Apa kalian tidak takut terlambat ke sekolah?"

Seketika Dita, Dina, Didi, dan Dadang tertawa terbahak-bahak.

Dita : "Ini masih sore, Danu. Pasti kamu baru bangun tidur kan?"

Dina : "Makanya Dan, kita dilarang tidur sampai hampir petang."

Wajah Danu memerah disertai rasa malu dan menyesal.

Itulah penjelasan mengenai contoh naskah drama komedi yang bisa KLovers ketahui. Beserta dengan pengertian secara umum naskah drama dan juga cara menulis naskah drama tersebut.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending