Anti Bosan Mudik ke Bogor, 10 Destinasi Ini Cocok Temani Libur Lebaran

Rabu, 15 Mei 2019 13:55 Penulis: Iwan Tantomi
Anti Bosan Mudik ke Bogor, 10 Destinasi Ini Cocok Temani Libur Lebaran
© Shutterstock

Kapanlagi Plus - Keindahan alam Bogor boleh dibilang selalu berhasil memikat wisatawan. Bukan hanya saat liburan biasa, Bogor bahkan cukup memikat dijadikan destinasi libur lebaran kala sedang mudik ke sana. Apalagi  destinasi pariwisata Bogor terus tumbuh pesat.

Lebih lanjuut, kawasan ini bahkan menjadi #PesonaMudik2019 yang luar biasa. Konsep alam dan manmade-nya sangat eksotis. Ada warna petualangan yang kental di sana. Bogor juga sudah merangkum semua keindahan destinasi dunia. Lokasinya mudah diakses dari pusat kota.

"Bogor adalah destinasi menjanjikan. Ada banyak destinasi yang bisa dinikmati sepanjang libur Lebaran 2019. Tema yang ditawarkan sangat beragam. Semuanya keren keren. Selain atraksinya, Bogor memiliki aksesibilitas dan amenitas luar biasa," ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

So, mari berpetualang mengeksplorasi beragam sisi eksotis Bogor. Berikut disajikan Top 10 Destinasi di Bogor:

1. Paralayang Bukit Gantole Puncak

Paralayang Bukit Gantole Puncak media terbaik memanjakan adrenalin. Kawasan ini punya ketinggian 1.300 mdpl. Lokasinya berada di Jalan Raya Puncak Km 87, Gunung Mas, Bukit Gantole. Saat melayang, ada banyak sensasi yang didapat. Selain udara segar, mata akan dimanjakan hamparan hijau nan elok. View menjadi eksotis dengan deretan bangunan yang terlihat mungil. So, siapkan kamera terbaik.

Bagi para pemula, tidak usah takut mencobanya. Sebab, destinasi ini menyiapkan banyak instruktur handal. Sebelum melayang, instruktur juga akan memberikan briefing lebih dahulu. Yang jelas, aktivitas ini sangat aman. Kawasan tersebut kerap menjadi venue untuk event nasional dan internasional. Area ini juga menjadi favorit wisman, khususnya dari Timur Tengah.

2. Taman Bunga Nusantara

View eksotis warna warni dan bau harum menjadi ciri destinasi ini. Lokasinya yang dekat dari Gunung Gede makin menguatkan keindahannya. Taman Bunga Nusantara juga banyak diisi spot instagramable. Ada Taman Air dengan koleksi flora air dari berbagai negara. Kawasan ini punya Cybera Papyrus yang notabene bahan baku kertas masyarakat Mesir kuno.

Sesuai namanya, destinasi ini memiliki Taman Mawar, Taman Prancis, dan Taman Labirin. Ada juga Taman Bali dengan nuansa khas Pulau Dewata, Taman Palem, dan Taman Jepang. Spot lainnya berupa Rumah Kaca, Menara Pandang, bahkan Wahana Imajinasi. Fasilitas penunjang lain, Dotto Train, Garden Tram, Mobil Wira Wiri, Cafe Marigold, Bursa Bunga, hingga Camping Ground.

3. Taman Wisata Gunung Pancar

Gunung Pancar merupakan destinasi dengan seribu cerita unik. Berada pada ketinggian 800 mdpl, spot ini sangat sejuk dan segar. Ada beragam fasilitas yang bisa dinikmati di sini, seperti hammock. Tersedia banyak spot guna meletakan hammock dengan naungan hutan pinus. Area ini terkenal sebagai spot foto terbaik dan ideal untuk pre-wedding.

Kuat bertemakan alam, kawasan ini memiliki fasilitas outbound terbaik. Aktivitasnya, flying fox hingga paint ball. Ada juga Pemandian Air Panas dengan tingkat relaksasi tinggi. Gunung Pancar juga memiliki pusat Pagelaran Seni. Silakan berkunjung ke Gunung Pancar. Alamatnya di Kampung Ciburial, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Bogor.

4. Curug Cibaliung

Sesuai namanya, pengunjung akan merasakan sensasi air terjun yang eksotis. Airnya jernih dan segar. Suaranya khas karena Curug Cibaliung sangat tinggi. Lokasinya berada di Kampung Wadung, Desa Karangtengah, Babakan Madang. Air terjun ini sejatinya masuk dalam kawasan Curug Leuwi Hejo. Ada banyak air terjun di sini. Selain Cibaliun, ada juga Curug Barong, Leuwi Cipet, atau Leuwi Lieuk.

Berada pada alam bebas, ada banyak fasilitas yang dibangun. Pengunjung dijamin tidak akan tersesat karena banyak tersebar rambu penunjuk arah. Ada juga fasilitas penitipan, kamar mandi, hingga tempat ganti yang representatif. Tarif masuknya pun relatif murah, yaitu sekitar Rp15 Ribu.

5. Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung

Kombinasi alam dan manmade terbaik ada di sini. Curug Ciherang dan Jembatan Kayu Gantung jadi destinasi terbaik saat libur Lebaran 2019. Lokasinya strategis berada di Desa Warga Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Selain air terjun, destinasi tersebut memiliki banyak daya tarik. Ada Rumah Pohon dan Jembatan Gantung. Lokasinya unik, apalagi Rumah Pohon berdiri di atas tebing.

Untuk menuju Rumah Pohon, pengunjung bisa menggunakan Jembatan Gantung. Kombinasi tesebut jadi kekuatan utama. Apalagi, spot ini menjadi favorit para travelers. Spotnya sangat Instagenik hingga bagus untuk memproduksi konten berupa foto. Selain fresh, dijamin pengunjung akan dibanjiri Like & Comment di media sosial bila datang ke destinasi ini.

6. Bukit Alesano

Mencari spot untuk camping ground? Silahkan datang ke Bukit Alesano. Selain keheningan, pengunjung akan ditawari view super eksotis di malam hari. Sebab, di bawah bukit terhampar cahaya kelap-kelip kota. Experience semakin lengkap, sebab pagi harinya keindahan sunrise muncul. Kawasan ini pun juga terkenal dengan sunset-nya.

Silahkan menikmati masa libur Lebaran dengan cara berbeda. Datang saja ke Bukit Alesano di Desa Cipelang, Cijeruk, Bogor. Dari Kota Bogor hanya ditempuh sekitar 1 jam. Harga tiket masuknya juga ramah. Tiket masuknya Rp10 Ribu, lalu biaya camping sekitar Rp15 Ribu. Harga ini sepadan dengan view eksotis yang terhampar plus segarnya udara di sana.

7. Little Venice Kota Bunga

Untuk mendapatkan nuansa Italia, tidak perlu jauh-jauh datang ke Eropa. Cukup ke Little Venice Kota Bunga. Lokasinya berada di Kota Bunga, Kawasan Villa Estate, Bogor. Luas kawasan ini sekitar 125 Ha. Saat ini berada di sini, pengunjung seperti sedang traveling ke Venesia, Italia. Selain bangunan ala Italia, kawasan tersebut dilengkapi sungai dan perahu khasnya.

Selain menyusuri kota sungai Venesia, pengunjung juga diajak menikmati suasana lain di Eropa. Little Venice ini punya blok dengan warna Asia kental, termasuk miniatur Dunia Fantasi (Dufan) di dalamnya. Ada juga beberapa wahana yang bisa nikmati, yaitu perahu, kapal, sepeda air, banana boat, gondola, buble ball, dan rubber boat. Yang jelas, kawasan ini sangat instagramable.

8. The Jungle Water Adventure

Kawasan ini adalah destinasi super lengkap. Memiliki luas sekitar 3 hektar, The Jungle 50% berupa ruang terbuka hijau. Berada di Nirwana Epicentrum, kawasan tersebut dilengkapi fasilitas hotel, golf, hingga sarana pendidikan. Lokasinya di Perumahan Bogor Nirwana Residence, Jalan Dreded Pahlawan, Cibeureum, Bogor Selatan. Hanya ditempuh sekitar 10-20 menit dari gerbang tol Bogor.

The Jungle memiliki berbagai wahana air. Ada Wave Pool, Kiddy Pool, Tower Slide, Racer Slide, hingga Lazy River. Ada juga Leisure Pool, Fountain Futsal, bahkan Kolam Air Hangat. Wahana lainnya, Cinema 4D, Bird Park, Kids Club, Flying Fox, Paint World, juga Snow World. Silakan berkunjung ke The Jungle, lalu nikmati beragam experience terbaiknya.

9. Devoyage

Sekali lagi, kamu bisa menikmati suasana Eropa di Bogor. Cukup datang ke Devoyage. Lalu, manjakan seluruh indera serasa di Benua Biru Eropa. Sebab, Devoyage merupakan kampung Eropa yang lagi hits. Kawasan ini memiliki luas 1,5 hektar. Ada banyak sekali spot untuk memproduksi konten berupa foto di sini. Total ada 150 spot foto. Setiap sudutnya lekat dengan nuansa Eropa, seperti detail bangunannya.

Berada layaknya di Eropa, pengunjung serasa benar berada di Paris, Prancis. Sebab, kawasan ini punya Menara Eifel. Selain berbagai wahana, ada juga daftar panjang kulinernya. Sebut saja Salmon, Steak, Pizza, Soup, hingga Beef. Lokasinya strategis, yaitu Komplek Bogor nirwana Residance, Jl Boulevard CBD, Mulyaharja Bogor Selatan, Bogor.

10. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor merupakan salah satu obyek paling menarik untuk didatangi. Terlebih bagi wisatawan yang membutuhkan udara segar dan pemandangan hijau. Kebun Raya Bogor memiliki luas 87 hektar selain sebagai tempat rekreasi  juga menjadi tempat untuk lebih mengenal lebih dari 15 ribu pohon.

Kebun raya ini sudah ada  sejak masa pemerintahan Sri Baduga Maharaja (Prabu Siliwangi 1474-1513) dari Kerajaan Sunda. Tahun 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles yang menetap di Istana Bogor tertarik untuk membangun halaman Istana Bogor menjadi kebun yang indah. Selanjutnya berkembang menjadi Kebun Raya Bogor yang dikenal hingga saat ini.

(*/tmi)

Reporter:

Iwan Tantomi



MORE STORIES




REKOMENDASI