Apa Arti Bestie? Pahami Makna Nilai dan Sejarah Hari Persahabatan

Rabu, 24 November 2021 12:22 Penulis: Anik Setiyaningrum
Apa Arti Bestie? Pahami Makna Nilai dan Sejarah Hari Persahabatan
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Sepertinya, bestie bukanlah hal yang terlalu asing bagi kalian. Akhir-akhir ini, istilah tersebut banyak ditemukan pada komentar di media sosial hingga panggilan untuk seseorang dalam keseharian. Lalu, apa arti bestie sebenarnya?

Mengapa istilah ini terkesan begitu sering digunakan? Ya karena bestie merupakan kata slang yang ciri khasnya memang sering digunakan oleh para remaja atau kelompok tertentu dan bersifat musiman. Apa arti bestie bisa kalian temukan dengan mengamati konteks dan cara penggunaan oleh para penuturnya.

Mungkin, sekarang ini memang ada kelompok tertentu yang sedang menyukai kata bestie untuk menyebut sahabatnya. Kalian bisa menemukan penggunaan kata ini dengan mudah di berbagai media sosial. Kicauan di Twitter, berbagai video di TikTok, hingga percakapan akrab di berbagai video Youtube.

Jika kalian ingin mendapat penjelasan mengenai apa arti bestie, silakan simak penjelasan berikut ini. Berisi penjelasan tentang nilai-nilai persahabatan beserta hari peringatannya, informasi ini akan membantu kalian untuk menemukan konteks yang tepat dalam penggunaan kata bestie.

1. Apa Arti Bestie?

Jika kalian bertanya apa arti bestie? Jawaban simpelnya adalah sahabat. Istilah ini merupakan kata slang dari bahasa Inggris. Kata slang merupakan ragam bahasa yang tidak resmi atau tidak baku. Biasanya bersifat musiman dan dipakai oleh remaja atau kelompok sosial tertentu.

Seperti kata "bestie" yang sekarang ini banyak digunakan oleh orang yang aktif di media sosial. Sesuai dengan artinya, istilah ini memang digunakan sebagai panggilan untuk best friend atau sahabat.

Dengan panggilan tersebut, hubungan dua orang yang memang memiliki kedekatan sebagai teman akan semakin akrab. Kalian juga bisa menggunakan panggilan ini untuk mengungkapkan rasa sayang kepada sahabat.

Namun, setiap kata tak bisa asal digunakan. Apalagi kata dengan makna keintiman khusus seperti sahabat atau bestie. Alih-alih menambah keakraban, justru akan tercipta kecanggungan jika pihak yang kalian anggap sahabat itu merasa tak dekat-dekat amat.

Tentu kalian tak mau mendapat pengalaman tak enak seperti itu. Agar tak terjebak, kalian bisa memahami nilai-nilai persahabatan untuk mengukur kedekatan kalian dengan "bestie" dalam penjelasan berikut ini.

2. Nilai Persahabatan

Setelah mengetahui apa arti bestie, wajar jika kalian bertanya-tanya kepada siapa panggilan ini pantas disematkan. Jangan sampai kalian asal menggunakannya dan malah menimbulkan kecanggungan dalam hubungan.

Padanan kata bestie dalam bahasa Indonesia adalah sahabat. Berarti, panggilan ini akan tepat jika disematkan kepada sahabat kalian. Untuk mengukur kedekatan kalian dengan teman, kalian perlu mengetahui nilai-nilai persahabatan.

Sahabat adalah orang yang bisa kalian ajak untuk saling berbagi pengetahuan, afeksi, perasaan, dan penghargaan. Berbagai hal tersebut biasanya diwujudkan dalam sikap-sikap penuh kepedulian untuk saling menolong dan memberi nasihat.

Oleh karena itu, sahabat akan terasa lebih dari sekadar teman, kenalan, atau rekan kerja. Persahabatan memiliki tingkat keintiman yang lebih tinggi daripada hubungan pertemanan. Berikut ini merupakan nilai-nilai yang seharusnya ada pada hubungan persahabatan.

- Cenderung menginginkan hal terbaik satu sama lain.

- Saling pengertian.

- Punya simpati dan empati.

- Kejujuran.

3. Sejarah Hari Persahabatan Dunia

Sebagai seseorang yang sudah mengetahui apa arti bestie, tentu penting bagi kalian untuk mengetahui hari peringatan penting untuk relasi persahabatan. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), secara resmi Hari Persahabatan Internasional diperingati pada tanggal 30 Juli. Peringatan ini berasal dari gagasan persahabatan antara individu, masyarakat, negara, dan budaya bisa menginspirasi perdamaian dunia.

Awalnya, hari persahabatan dimulai oleh Joyce Hall, pendiri Hallmark cards di tahun 1930. Hari persahabatan dimaksudkan untuk mempromosikan produk kartu ucapan dari perusahaannya. Hallmark memulainya dengan program pemesanan melalui pos. Ternyata, bisnis tersebut disukai dan berkembang pesat.

Kini, budaya mengirimkan kartu persahabatan sudah lazim dilakukan untuk berbagai peringatan hari besar. Pada 27 April 2011, Majelis Umum PBB telah meresmikan Hari Persahabatan. PBB menganut definisi Culture of Peace sebagai seperangkat nilai-nilai, sikap dan perilaku menolak kekerasan dan berusaha untuk mencegah konflik antarsesama.

Gagasan tersebut menekankan pada pelibatan anak muda selaku pemimpin masa depan untuk mempromosikan keberagaman budaya agar bisa saling menghormati. Peringatan Hari Persahabatan Internasional ini pun dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang merayakannya dengan menulis tagar #FriendshipDay hingga menjadi trending topic.

BTS, grup musik populer asal Kore Selatan bersama he United Nations Children's Fund (UNICEF) turut berkampanye melalui video bertajuk "LOVE MYSELF" dalam rangka merayakan Hari Persahabatan Internasional pada 2019 silam.

Melalui kampanye tersebut, mereka berpartisipasi dalam menyebarkan cinta dan kehangatan bagi para remaja yang menderita karena mendapatkan kekerasan, baik secara nyata maupun cyber.

KLovers, itulah penjelasan dari pertanyaan apa arti bestie, beserta nilai-nilai dan sejarah hari persahabatan yang perlu kalian ketahui.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI