Arti Sans Adalah Santai, Ketahui Juga Makna Berbagai Istilah Gaul Lain yang Populer Saat Ini

Selasa, 23 November 2021 19:44 Penulis: Puput Saputro
Arti Sans Adalah Santai, Ketahui Juga Makna Berbagai Istilah Gaul Lain yang Populer Saat Ini
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Ada banyak istilah gaul yang populer belakangan ini. Kata sans adalah salah satunya. Belakangan ini, kata ini bisa dengan mudah kita jumpai di media sosial lewat kalimat status, komentar, atau dalam caption foto. Di keseharian pun, dalam percakapan sehari-hari anak muda juga banyak menggunakan istilah ini. Lantas, apa arti sans yang sebenarnya?

Kata sans mungkin memang sudah jadi istilah populer dan banyak dipakai di keseharian. Namun faktanya, kata ini masih tetap asing bagi sebagian orang, khususnya mereka yang tidak aktif di media sosial. Padahal cukup penting untuk mengikuti update bahasa populer, agar tak dikatakan ketinggalan zaman. Selain itu, tahu arti sans dan kosakata populer lainnya juga bisa jauhkan kita dari kesalahpahaman.

Jika kalian termasuk yang penasaran dengan arti sans dan kata populer lainnya, tak perlu lagi khawatir. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang arti kata sans dan istilah gaul lain yang sedang populer saat ini.

1. Arti Sans

Istilah sans tergolong sebagai kata gaul atau kata populer. Sampai saat ini, kata sans belum terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sehingga, untuk mencari tahu arti sans, kita tidak bisa mengeceknya di kamus. Kita perlu tahu dari mana asal mula kata gaul ini bisa terbentuk.

Kata sans disinyalir berasal dari kata 'santai' yang mengalami pemenggalan penulisan atau pembacaan. Sehingga, kata yang semula santai terdiri atas enam huruf, dipenggal menjadi sans yang menyisakan empat huruf saja. Hal ini diperkuat dengan penggunaan kata sans di media sosial dan di keseharian. Berikut contoh penggunaan kata sans yang mempunyai kesesuaian arti dengan kata santai:

1. Ah gw mah gak terlalu mikirin sih, dibawa sans aja coy.

2. Belum, sans aja masih besok ini dikumpulinnya.

2. Kata Gaul Lain yang Juga Berarti Santai

Dari penjelasan arti sans di atas, kita bisa pahami bahwa istilah gaul sans merupakan bentuk lain dari kata santai. Namun ternyata, istilah sans bukanlah satu-satunya kata gaul populer saat ini yang mempunyai arti santai. Di samping istilah sans, kita juga bisa menjumpai ragam kata gaul lain yang mempunyai arti sama, yaitu santai. Berikut beberapa kata gaul yang juga berarti santai.

1) Santuy : berasal dari plesetan kata santai yang diubah bagian belakangnya, dari yang semula "-tai' menjadi "-tuy".

2) Chill : berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang memang mempunyai arti 'santai'.

3) Calm : berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti 'tenang' sehingga dianggap sama seperti 'santai'.

4) Kalem : kata asli bahasa Indonesia yang bersinonim dengan tenang dan santai. Selain itu, kalem juga bisa diartikan sebagai bentuk plesetan dari kata calm dalam bahasa Inggris.

5) Slow : berasal dari kata dalam bahasa Inggris yang artinya 'lambat', sehingga sering dianggap sama dengan 'pelan-pelan' atau 'santai'.

6) Woles : berasal dari kata slow dalam bahasa Inggris yang diucapkan atau dibaca secara terbalik.

3. Kata Gaul Lain yang Berasal dari Pemenggalan Kata

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa arti sans terbentuk dari proses pemenggalan kata. Nah, ternyata sans bukanlah satu-satunya kata gaul populer dalam bahasa Indonesia yang terbentuk dari proses ini. Masih ada beberapa kata gaul dan populer lain yang juga terbentuk dari proses pemenggalan kata. Kata apa sajakah itu? Berikut beberapa di antaranya.

1) Cans : Cantik

2) Gils : Gila

3) Goks : Gokil

4) Gans : Ganteng

6) Ntaps : Mantap

7) Yok : Ayo

 

4. Kata Gaul Lain yang Populer Saat Ini

Selain arti sans, masih ada banyak kata gaul dan populer lain yang perlu diketahui artinya. Cukup penting untuk mengetahui arti dari setiap kata tersebut, untuk menghindari salah paham. Berikut beberapa istilah gaul lainnya yang sedang populer saat ini.

1) Bucin: budak cinta

2) Gaje: gak jelas

3) Gercep: gerakan cepat

4) Halu: halusinasi

5) Japri: jalur pribadi atau jaringan pribadi

6) Komuk: kondisi muka.

7) Mager: malas gerak

8) Mantul: mantap betul

9) Pansos: panjat sosial

10) Ngab: bang.

11) Sabi: bisa.

12) Takis: bikat.

13) Kuy: yuk.

14) Baper : bawa perasaan

15) Caper: cari perhatian

16) Lebay : berlebihan

17) Sotoy : sok tahu

18) Songong : sombong

19) Julid : iri atau berkomentar menyudutkan

20) Unyu : lucu atau imut

21) Typo : salah ketik

22) Modus : modal dusta

23) Gelay : geli atau gak like

24) Galau : resah atau perasaan bimbang

25) Kepo : penasaran atau ingin tahu

Itulah di antaranya ulasan tentang penjelasan arti sans yang ternyata berasal dari kata santai. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian, ya!

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI