Apa Arti TC, PM, VC, dan Istilah Lain dalam Pesan WhatsApp?

Rabu, 08 Desember 2021 13:22
Apa Arti TC, PM, VC, dan Istilah Lain dalam Pesan WhatsApp?
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - WhatsApp atau WA merupakan salah satu aplikasi pesan yang memiliki pengguna paling banyak. WhatsApp pun cukup populer di Indonesia. Bahkan, bisa jadi aplikasi utama atau kontak yang ditanyakan saat ingin membangun relasi lebih lanjut. Seiring perkembangannya, para pengguna menemukan istilah-istilah baru dalam berkirim pesan.

Salah satu istilah tersebut adalah TC. Lalu, apa arti TC sebenarnya? Seperti istilah berbentuk singkatan lainnya, TC menjadi istilah yang cukup sering digunakan dalam pesan. Sayangnya, istilah ini belum diketahui semua orang. Wajar saja jika kalian pun belum mengetahuinya hingga kini.

Jika kalian mendapatkan pesan dengan istilah yang terkesan aneh dari salah satu kontak, jangan ragu untuk menanyakannya. Misalnya, kalian bisa membalas pesan tersebut dengan pesan berisi "apa arti TC". Kemungkinan besar, kontak yang bersangkutan akan menjelaskan maksud dan tujuannya mengirimkan pesan seperti itu.

Tak hanya apa arti TC, bisa jadi kalian juga belum akrab dengan beragam istilah lain di WhatsApp. Istilah itu antara lain, VC, VN, PM, dan seterusnya. Nah, agar kalian bisa menangkap maksud pesan berisi istilah tersebut, silakan simak penjelasan mengenai apa arti TC beserta istilah lain yang sering digunakan dalam WhatsApp berikut ini.

1. Apa Arti TC

Apa arti TC di WhatsApp? Arti TC adalah "Test Chat" atau "Test Contact". Pesan ini biasanya dikirim secara serentak pada banyak kontak.

Tujuan dari pengiriman pesan ini untuk memastikan suatu kontak masih aktif atau tidak. Biasanya, pesan ini dikirimkan kepada pengguna yang lama tak dihubungi.

Nah, ketika pesan TC itu masuk dan menunjukkan tanda dua centang biru berarti kontak yang bersangkutan masih aktif. Begitu pula sebaliknya, jika pesan tak menunjukkan tanda centang dua maka kontak sudah tak aktif.

Selain untuk memeriksa aktif atau tidaknya kontak, cara ini juga biasanya menjadi awal komunikasi yang telah lama tak dilakukan. Dengan mengetahui bahwa kontak masing sama-sama aktif, kalian bisa membangun silaturahmi kembali.

2. Cara Membalas Pesan TC

Setelah mengetahui apa arti TC, tentu kalian juga perlu mengetahui cara membalas jika mendapat pesan yang seperti itu. Membalas pesan semacam itu menjadi hal yang penting, jangan sampai teman kalian mengira bahwa kontak kalian sudah tak digunakan lagi.

Ada beragam cara membalas pesan TC tersebut. Sebenarnya, kalian juga bebas ingin membalasnya dengan jawaban apa saja. Bisa juga membalas sekaligus menanyakan kabar.

Namun, jika kalian merasa bingung, silakan simak informasi berisi alternatif balasan berikut ini.

- TC on

- Hadir

- Sebut nama saja juga bisa

- TC on + sebut nama

- Yuhuu

3. Arti Istilah Lain dalam WhatsApp

Ada berbagai istilah singkatan yang biasa digunakan dalam WhatsApp. Istilah tersebut memang digunakan secara luas, tapi tak menutup kemungkinan tetap ada orang yang belum memahaminya. Jika memang mendapat pesan hanya berisi singkatan yang terkesan aneh dari kontak yang dikenal, kalian pun boleh menanyakan maksudnya.

Namun, jika kalian tertarik untuk mengetahui berbagai istilah itu, silakan mempelajarinya. Selain apa arti TC, kalian juga perlu mengetahui istilah lainnya agar paham ketika mendapatkan pesan semacam itu. Agar lebih paham, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

- PC

Arti PC adalah personal chat. Istilah ini biasanya dipakai untuk menyatakan bahwa ada orang yang mengirim pesan secara pribadi atau personal ke orang lain. Biasanya, istilah ini muncul di grup. Kalian bisa mengabarkan di grup jika kalian ingin mengirim pesan pribadi ke orang lain di grup tersebut.

- PM

Arti PM adalah personal message. Sekilas, arti dari istilah ini mirip dengan PC. Bedanya, istilah PM sering digunakan di media sosial sebagai tindak lanjut dari interaksi terbuka di kolom komentar.

- VN

VN adalah singkatan dari voice note. Seperti namanya, istilah ini digunakan untuk menyebut pesan suara yang dikirimkan kepada seseorang.

- VC

VC adalah singkatan dari video call. Mungkin, kalian sudah tak asing lagi dengan fitur ini di WhatsApp. Nah, jika kalian ingin mengajak seseorang untuk melakukan panggilan video, kalian bisa menggunakan istilah ini.

- P

P adalah huruf yang cukup sering digunakan sebagai sapaan pertama dalam pesan. Meski terkadang terkesan menyebalkan dan tak ramah, huruf ini sempat sangat populer saat BlackBerry Messenger (BBM) masih digunakan.

P adalah "Ping", pesan yang sering digunakan orang di BBM ketika dalam situasi urgent. Pengirim bertujuan agar pesan itu segera dilihat dan direspons.

KLovers, itulah penjelasan mengenai apa arti TC dan berbagai istilah lain yang sering digunakan dalam WhatsApp. Ada pula cara membalasnya dengan jawaban khas jika kalian memang bingung memberikan respons.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI