Arti Akhlak dalam Islam, Keutamaan dan Macamnya, Simak Juga Contoh-Contohnya

Diterbitkan:

Arti Akhlak dalam Islam, Keutamaan dan Macamnya, Simak Juga Contoh-Contohnya
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Akhlak yang baik tentunya membawa banyak manfaat bagi diri seseorang. Dalam Islam penjelasan tentang pentingnya berakhlakul karimah tercantum dalam Alquran. Arti akhlak dalam Islam erat kaitannya dengan tingkah laku seseorang.

Tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari dapat mencerminkan akhlak yang dimiliki. Sebab arti akhlak sudah melekat dalam diri seseorang yang mana termasuk sifat dan watak.

Karena itulah kalian tentu cukup familiar mendengar kalimat kepribadian seseorang merupakan cerminan akhlak mereka. Dalam Islam dikenal dua macam akhlak yakni terpuji dan tercela.

Untuk tahu penjelasan mengenai arti akhlak dalam Islam beserta macam dan keutamaannya, berikut ini ulasannya. Yuk cek di bawah ini tentang arti akhlak dalam Islam yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Akhlak dalam Islam

Adab sopan santun dalam kehidupan bermasyarakat termasuk contoh dari akhlak mulia yang dimiliki seseorang. Dalam Islam dikenal apa yang disebut dengan akhlakul karimah. Di mana arti akhlak tersebut adalah akhlak terpuji yang hendaknya dimiliki setiap muslim. Apalagi anjuran untuk berakhlakul karimah sudah dijelaskan di sejumlah ayat Alquran dan Hadis. Namun apakah kalian sudah tahu arti akhlak dalam Islam?

Sebelum membahas mengenai arti akhlak dalam Islam, lihat dulu penjelasan arti akhlak di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Merujuk pada KBBI, arti akhlak adalah budi pekerti atau kelakuan. Sementara itu secara bahasa arti akhlak berasal dari bahasa Arab yakni khuluk. Arti akhlak dari kata tersebut memiliki arti tentang perangai, tingkah laku, dan tabiat.

Jika disimpulkan pengertian akhlak di atas sama-sama menjelaskan tentang tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Di mana akhlak tersebut melekat dalam diri seseorang yang mendorong mereka bertindak atau berbuat sesuatu tanpa paksaan. Dengan kata lain arti akhlak tersebut muncul secara alamiah dalam diri sendiri yang dilakukan secara terus menerus atau berulang.

Selain itu agama juga merupakan sumber dari akhlak yang dimiliki seseorang. Dalam Islam, arti akhlak dapat dikatakan bisa mendorong munculnya perbuatan dan hubungan antara Allah, sesama manusia dan alam semesta.

Menurut tokoh besar dalam agama Islam yakni Imam Al-Ghazali menjelaskan mengenai pengertian akhlak yakni salah satu sifat yang sudah melekat dalam jiwa manusia. Sifat tersebut bisa memicu perbuatan yang mudah dilakukan tanpa pertimbangan pemikiran lagi. Dapat dikatakan juga bahwa akhlak yang dimiliki seseorang merupakan sifat atau watak bawaan mereka. Itulah pengertian atau arti akhlak dalam Islam yang perlu kalian ketahui.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Macam-Macam Akhlak dalam Islam dan Perbedaannya

Arti akhlak memang erat kaitannya dengan tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya tingkah laku mereka dengan sesama manusia melainkan juga Tuhan dan semua makhluk di muka bumi. Dalam Islam dibagi beberapa macam akhlak yang penting kalian ketahui. Karena itulah di bawah ini penjelasan tentang macam-macam akhlak dalam Islam beserta perbedaannya.

1. Akhlak Mahmudah

Arti akhlak mahmudah adalah akhlak terpuji yang dimiliki seseorang. Termasuk akhlak terpuji, karena itulah sangat penting seorang muslim memiliki akhlak mahmudah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam praktik kehidupan sehari-hari, akhlak mahmudah dapat digolongkan beberapa kategori yakni kejujuran, tingkah laku yang baik, malu, rendah hati, murah hati, dan kesabaran.

2. Akhlak Mazmumah

Kebalikan dari arti akhlak mahmudah, akhlak mazmumah berarti akhlak tercela atau buruk. Karena tergolong sebagai akhlak tercela, sudah sewajarnyalah seorang muslim menghindarinya. Sementara itu beberapa kategori akhlak mazmumah tersebut yakni bergosip, mencuri, dengki dan iri hati, aniaya dan lainnya yang merugikan orang lain.

Itulah macam-macam akhlak dalam Islam yang perlu kalian kenali. Dengan begitu dapat memudahkan kalian membedakan antara akhlak terpuji dan akhlak tercela.

 

3. Dalil Tentang Akhlak dalam Islam

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti akhlak dalam Islam sudah dijelaskan di sejumlah ayat Alquran. Dalil tentang pentingnya memiliki akhlak baik dalam Islam dapat dijadikan motivasi untuk mempertahankan dan memiliki akhlakul karimah. Nah, berikut ini ada dalil tentang akhlak dalam Islam.

1. Dalil Alquran Surat Shad Ayat 46:

"Sesungguhnya Kami telah mensucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat."

Ayat di atas menjelaskan tentang akhlak tinggi yang dimiliki para Nabi dan Rasul yakni selalu menjaga akhlak mulia serta menjauhkan diri dari perbuatan tercela. Selain itu sebagai petunjuk dan teladan manusia untuk menaati perintah Allah.

2. Dalil Alquran Surat Ali-Imran Ayat 134:

"(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."

Ayat di atas menjelaskan tentang arti akhlak terpuji yakni untuk menjaga kesantunan dan menahan rasa amarah. Sehingga bisa termasuk perbuatan terpuji yang disukai oleh Allah SWT.

3. Dalil Alquran Surat Al-Isra Ayat 37:

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung."

Ayat di atas menjelaskan tentang pentingnya untuk berakhlak baik yakni menghindari sifat dan sikap sombong. Karena itulah pentingnya untuk memiliki akhlak yang rendah hati.

4. Dalil Alquran Surat At-Taubah Ayat 119:

"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar."

Ayat tersebut menjelaskan tentang pentingnya kejujuran. Sehingga bisa dijadikan motivasi untuk menghindari perbuatan bohong dan berdusta.

4. Keutamaan Memiliki Akhlak Mulia

Setelah tahu penjelasan mengenai arti akhlak dalam Islam, ada beragam keutamaan yang bisa umat muslim peroleh jika menerapkan akhlak yang mulia. Di antara keutamaan memiliki akhlak mulia dapat kalian simak sebagai berikut.

- Menjadi amalan baik di hari kiamat kelak salah satunya dapat memberatkan timbangan di hari Akhir.

- Semakin dicintai oleh Rasulullah SAW.

- Ditinggikan derajat dan kedudukan di akhirat.

- Jaminan mendapat rumah di surga.

 

5. Contoh-Contoh Akhlak Mulia

Sementara itu terdapat juga beberapa contoh akhlak mulia yang sangat mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Adapun beberapa contoh akhlak mulia tersebut dapat kalian simak di bawah ini.

- Selalu sopan santun kepada orang lain terutama terhadap orang yang lebih tua.

- Bersikap rendah hati dan tidak sombong.

- Senang hati membantu orang lain yang memerlukan bantuan.

- Berkata baik dan sopan.

- Tidak bergosip atau mengguncingkan aib orang lain.

KLovers, itulah penjelasan mengenai pengertian akhlak dalam Islam. Semoga bisa dijadikan referensi dan mengambil hikmah terbaik dari makna akhlak di atas.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending