Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih yang Wajib Diketahui Umat Muslim, Ketahui Juga Macam-Macam Bacaan Istighfar Lainnya

Jum'at, 24 Juni 2022 15:44
Arti Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih yang Wajib Diketahui Umat Muslim, Ketahui Juga Macam-Macam Bacaan Istighfar Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Berdzikir menjadi salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ada tiga bacaan yang diucapkan saat berdzikir. Salah satunya adalah istighfar yang diucapkan dengan lafal "astaghfirullahaladzim". Selain "astaghfirullahaladzim", masih ada variasi bacaan istighfar lainnya, seperti "astaghfirullah wa atubu ilaih". Lantas, apa arti astaghfirullah wa atubu ilaih? 

Membaca bacaan istighfar sangat dianjurkan untuk dilakukan setelah sholat. Pasalnya, Bacaan istighfar diyakini bisa jadi satu cara untuk memohon ampunan. Dengan mengucapkan "astaghfirullahaladzim" seorang muslim seolah sedang meminta ampun pada Allah SWT atas segala kesalahan yang diperbuat. Sebab, "astaghfirullah" mempunyai arti 'Aku memohon ampun kepada Allah'.

Astaghfirullah wa atubu ilaih terdengar lebih panjang daripada bacaan istighfar umumnya. Jadi kira-kira apa arti astaghfirullah wa atubu ilaih? Untuk mengetahuinya langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

 

 

1. Arti Bacaan Astaghfirullah Wa Atubu Ilaih

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa bacaan istighfar dalam dzikir menjadi cara umat muslim untuk memohon ampunan pada Allah SWT. Astaghfirullah wa atubu ilaih merupakan salah satu variasi dari bacaan istighfar. Itu artinya, bacaan tersebut juga dapat berfungsi sama yaitu untuk memohon ampunan.

Berdzikir dengan membaca istighfar bisa jadi satu cara memohon ampunan yang paling ampuh. Pasalnya, saat membaca istighfar seorang muslim tak saja meminta maaf, melainkan juga mengakui kesalahan yang diperbuat dengan penuh kesadaran. Itulah mengapa, arti astaghfirullah wa atubu ilaih bisa sangat mulia dan penting untuk diketahui oleh setiap muslim.

Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, lafal istighfar astaghfirullah mengandung arti aku memohon ampun kepada Allah. Namun tak jarang, umat muslim yang melafalkan bacaan istighfar dengan lebih panjang yaitu astaghfirullah wa atubu ilaih. Jika diartikan, arti astaghfirullah wa atubu ilaih adalah 'Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertobat kepada-Nya'.

Arti bacaan istighfar yang panjang maupun pendek sebenarnya tak jauh beda. Keduanya juga bermakna sama yaitu sebagai permohonan ampun kepada Allah SWT. Namun jika dicermati arti astaghfirullah wa atubu ilaih terasa lebih mendalam. Pasalnya, dalam pelafalannya tersebut, seorang muslim menyatakan akan bertobat sehingga berjanji tak akan mengulangi dosa itu lagi.

 

 

 

 

2. Anjuran Membaca Istighfar

Astaghfirullah wa atubu ilaih menjadi salah satu bacaan yang dilafalkan ketika berdzikir. Itu artinya, lafal ini merupakan bacaan yang sangat penting. Bagaimana tidak, dengan membaca bacaan astaghfirullah wa atubu ilaih secara rutin, semua dosa yang dilakukan umat muslim bisa diampuni dan terhapus. Namun tak sekadar membaca, tentu setiap muslim harus paham dan mengamalkan arti astaghfirullah wa atubu ilaih.

Anjuran untuk membaca istighfar, khususnya dengan bacaan astaghfirullah wa atubu ilaih, datang langsung dari Nabi Muhammad Rasulullah SAW. Dalam salah satu hadisnya, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa memperbanyak istighfar; niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka."

Selain itu, dalam berbagai kesempatan para ulama juga sering menyarankan umat muslim untuk berdzikir dengan mengucap istighfar. Agar amalan dzikir dan permohonan ampunan bisa sempurna, dianjurkan untuk membaca istghfar sebanyak 100 kali dalam satu hari.

 

 

 

 

3. Keutamaan Bacaan Istighfar

Sebagai salah satu bacaan penting dalam dzikir, tentu arti astaghfirullah wa atubu ilaih mempunyai banyak keutamaan. Maka dari itu, membaca bacaan astaghfirullah wa atubu ilaih sangat dianjurkan bahkan hingga 100 kali dalam satu hari agar mendapatkan berbagai keutamaan tersebut. Berikut beberapa keutamaan bacaan dan arti astaghfirullah wa atubu ilaih.

1. Dijanjikan akan mendapatkan ampunan Allah SWT, hal tersebut sebagaimana yang terdapat dalam surat An Nisa ayat 110, yang artinya kurang lebih:

"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

2. Dijanjikan akan mendapatkan keberuntungan dari Allah SWT, hal ini terdapat dalam hadis yang berbunyi:

"Beruntunglah orang yang di dalam catatan amalnya terdapat istighfar yang banyak." (HR. Ibnu Majah; shahih)

3. Akan Mendapatkan Kebahagiaan dari Allah SWT, hal ini terdapat dalam hadis yang berbunyi:

"Barangsiapa yang ingin catatan amalnya menyenangkannya, maka perbanyaklah istighfar." (HR. Baihaqi; hasan)

 

 

 

 

4. Macam-Macam Bacaan Istighfar

Astaghfirullah wa atubu ilaih hanyalah salah satu bacaan istighfar. Selain bacaan tersebut ternyata masih ada beberapa macam bacaan istighfar yang bisa dilafalkan umat muslim. Sehingga, selain bacaan dan arti astaghfirullah wa atubu ilaih, kalian juga perlu tahu macam-macam bacaan tersebut. Berikut beberapa macam bacaan istighfar.

1. Astaghfirullah hal adzim

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung".

2. Subhaanallaahu wa bihamdihi, astaghfirullaaha wa atuubu ilaih.

Artinya: "Maha Suci Allah, dan dengan memuji-Nya. Aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya."

3. Allahumma maghfiratuka awsa'u min dzunuubi wa rahmatuka arjuu min 'amalii

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunan- Mu sesungguhnya lebih luas dari dosa-dosaku dan rahmat-Mu lebih kuharapkan dari amalku sendiri."

4. Rabbighfirlii wa tub 'alayya innaka antat tawwaabur rahiim

Artinya: "Wahai Tuhanku, ampunilah kiranya aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkaulah Tuhan Yang Maha Menerima Taubat lagi Maha Pengasih."

5. Subhanaka, allahumma wa bihamdika, asyhadu allaa ilaaha illaa anta, astaghfiruka, wa atuubu ilaika.

Artinya:

"Maha Suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan yang berhak disembah dengan benar selain Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada-Mu."

Itulah di antaranya penjelasan arti astaghfirullah wa atubu ilaih hingga beberapa macam bacaan istighfar lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan keimanan kalian sebagai seorang muslim. Amin.

 

 

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI