Arti Bias dalam Dunia K-Pop dan Istilah Gaul Lainnya, Jangan Sampai Salah Makna

Rabu, 08 Desember 2021 15:22 Penulis: Nurul Wahida
Arti Bias dalam Dunia K-Pop dan Istilah Gaul Lainnya, Jangan Sampai Salah Makna
Ilustrasi (credit: shutterstock.com)


Kapanlagi Plus - Penggunaan kata bias sangatlah awam di dunia K-Pop. Arti bias biasanya dipakai untuk merujuk pada idola K-Pop yang didukung. Namun ternyata ada juga arti bias di kamus bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan beragam maknanya.

Korean Wave atau gelombang Korea memang tengah menjamur di berbagai negara termasuk Indonesia. Tak hanya lagu-lagunya saja yang populer, melainkan ada sejumlah istilah dari bahasa Korea mulai dikenal masyarakat.

Salah satunya kata bias, kerap digunakan oleh kalangan penggemar K-Pop. Buat yang belum tahu tentu akan bertanya-tanya apa arti bias. Arti bias dalam dunia K-Pop sebenarnya merujuk pada idola yang difavoritkan.

Namun untuk tahu penjelasan lengkap tentang arti bias dalam dunia K-Pop dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Karena itulah berikut ulasannya tentang arti bias dalam dunia K-Pop yang dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Bias di Kamus

Mendengar kata bias tentu sudah bukan hal baru lagi. Apalagi di kalangan penggemar musik Korean Pop atau K-Pop, kata bias sangat awam diketahui. Sebelum kata bias sepopuler sekarang, kata bias sudah lebih dulu ada di kamus. Ya, ada arti bias di kamus bahasa Inggris ataupun KBBI.

Arti bias di kamus memiliki beberapa makna yang beragam. Arti bias di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan kamus bahasa Inggris sebenarnya hampir serupa. Untuk tahu apa arti bias di kamus berikut penjelasannya.

Arti bias di KBBI versi online dijelaskan ke dalam empat poin. Pertama, arti bias di KBBI adalah kecenderungan untuk mendukung atau menentang sesuatu hal, orang, atau kelompok daripada yang lain dengan cara yang kurang adil. Arti bias tersebut merujuk pada sikap terhadap sesuatu. Kedua, arti bias di KBBI adalah belokan arah dari garis tempuhan karena menembus benda bening yang lain. Arti bias tersebut jika dikaitkan dengan fisika yakni seperti proses pembiasan cahaya.

Ketiga, arti bias di kamus adalah galat sistematis dalam pengambilan sample atau pengujian dengan memilih atau mendorong satu hasil atau jawaban atas yang lain. Keempat, ada juga arti bias yang ternyata dikaitkan dengan idola yang difavoritkan. Dalam hal ini merujuk pada fans group idola tertentu.

Selain itu ada juga arti bias di kamus bahasa Inggris menurut kamus Cambridge disebutkan beberapa makna. Di antara arti bias menurut kamus Cambridge tersebut yakni sikap berat sebelah, menyimpang, dan memengaruhi, atau mempengaruhi. Itulah beberapa arti bias di kamus yang perlu kalian ketahui.

2. Arti Bias dalam Dunia K-Pop

Setelah tahu apa arti bias di kamus, pahami juga makna kata bias dalam dunia K-Pop. Pasalnya kata bias mulai populer dan digunakan penggemar K-Pop. Nah, arti bias dalam dunia K-Pop merujuk pada idola favorit kalian di sebuah group.

Di mana penggunaan kata bias ini berarti menandakan seorang idola favorit yang kalian dukung atau support. Arti bias seringkali muncul di sosial media terutama terkait dengan dunia K-Pop. Arti bias dan penggunaannya dalam dunia K-Pop misalnya saja seperti, 'Di antara member BLACKPINK siapa bias favoritmu?.' Arti bias dari contoh tersebut berarti idola yang kalian dukung atau favoritkan di antara semua member dalam group.

Selain arti bias secara umum, ada juga istilah ultimate bias. Arti ultimate bias berarti idola utama kalian dalam sebuah group. Karena itulah menggunakan kata ultimate yang menandakan bias paling utama. Itulah arti bias dalam dunia K-Pop yang perlu diketahui. Sehingga dengan memahami apa arti bias memudahkan kalian tahu makna dan penggunaannya.

3. Arti Bias dan Istilah Gaul K-Pop Lainnya

Selain arti bias di kamus dan dalam dunia K-Pop, ketahui juga beberapa istilah gaul K-Pop lainnya. Pasalnya selain arti bias ada beragam istilah K-Pop yang populer digunakan. Adapun ulasannya tentang arti bias dan istilah gaul K-Pop dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Idol: Artinya idola atau bintang.

2. Maknae: Artinya member paling muda di group.

3. All-Kill: Artinya group yang berhasil memuncaki tangga lagu di Korea Selatan.

4. Aegyo: Artinya bergaya imut dan lucu.

5. Comeback: Artinya kembali merilis lagu atau karya.

6. Hallyu: Artinya gelombang korea yang berpengaruh di dunia internasional hingga muncul istilah Korean Wave.

7. Antis: Artinya Anti Fans.

8. Trainee: Artinya calon idol yang masih tahap pelatihan.

9. Rookie: Artinya pendatang baru di dunia hiburan K-Pop.

10. Idolsation: Artinya tindakan ekstrem untuk penampilan yang sempurna seperti operasi plastic.

11. Fan Chant: Artinya teriakan penggemar selama konser.

12. Light Stick: Artinya tongkat dengan bentuk yang beragam memiliki warna dan tanda digunakan oleh penggemar group K-Pop.

13. Jeongmal: Artinya sungguh atau serius.

14. Stan: Artinya sebuah aksi untuk mendukung suatu group.

15. Hwaiting: Artinya kamu pasti bisa! Atau ungkapan untuk semangat.

16. Leader: Artinya pemimpin.

17. Daebak: Artinya luar biasa atau mengagumkan.

18. The BIG 3: Artinya agensi besar di Korea yakni SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment.

19. Sasaeng: Artinya penggemar fanatic yang terlalu terobsesi.

20. Center: Artinya idol yang jadi pusat atau posisi tengah ketika tampil.

21. Visual: Artinya memiliki wajah yang rupawan.

22. Sunbae: Artinya senior.

23. Andwae: Artinya Jangan.

24. Hoobae: Artinya junior.

Nah itulah arti bias dan istilah dalam dunia K-Pop yang juga populer. Sehingga dengan mengetahui apa arti bias memudahkan kalian paham makna dan penggunaannya.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI