Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android, Ketahui Syarat Terbaru Tahun 2022

Diterbitkan:

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android, Ketahui Syarat Terbaru Tahun 2022
Ilustrasi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan kini sangat praktis dilakukan hanya melalui telpon genggam. Langkah ini tentu memudahkan kalian yang termasuk peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk mengecek saldo tanpa harus ke kantor cabang.

Setiap pekerja di Indonesia dari berbagai sektor diberikan perlindungan melalui badan BPJS Ketenagakerjaan. Karena itulah setiap perusahaan memiliki kewajiban mendaftarkan karyawan atau pekerjanya dalam program BPJS Ketenagakerjaan.

Nantinya jumlah iuran yang dibayarkan akan dipotong dari gaji pekerja di setiap bulannya. Sebab itu ketika pekerja sudah masuk ke masa pensiun, maka dapat dilakukan klaim pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Untuk memastikan besaran saldo yang dimiliki, peserta juga dapat mengeceknya secara berkala.

Sebab itu di bawah ini ulasan mengenai cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android. Langkah ini tentunya lebih praktis dan cepat dapat dilakukan di mana saja dan kapanpun. Langsung saja simak ulasan mengenai cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan lewat HP Android yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android

Perlindungan kepada para pekerja yang termasuk ke dalam peserta BPJS Ketenagakerjaan meliputi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT), serta Jaminan Pensiun (JP). Sementara itu, pekerja yang termasuk peserta BPJS Ketenagakerjaan juga dapat mengecek sendiri jumlah saldo BPJS ketenagakerjaan melalui HP Android secara mudah.

Jika belum tahu langkah cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android, berikut ini kapanlagi.com rangkum ulasan mengenai panduannya. Tanpa perlu mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan, maka siapapun yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa melakukan pengecekan saldo mereka secara online. Berikut ulasannya KLovers.

- Pertama pasang lebih dahulu aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) yang dapat kalian download melalui Playstore.

- Kemudian kalian dapat membuat akun di aplikasi JMO dengan mengisi data lengkap yang muncul di menu seperti jenis kepesertaan, NIK, Nomor kartu bpjamsostek, nama lengkap serta tanggal lahir.

- Apabila kalian sudah memiliki akun, maka dapat langsung login saja.

- Setelah berhasil masuk ke akun, klik Jaminan Hari Tua.

- Lalu klik Cek Saldo.

- Maka otomatis nantinya aplikasi tersebut akan menampilkan jumlah saldo BPJS Ketenagakerjaan yang kalian miliki.

- Selesai.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android Via SMS

Selain melalui aplikasi JMO, cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android juga dapat dilakukan via SMS. Tentunya cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android via SMS ini sangat mudah dilakukan. Sehingga membantu kalian jika ingin tahu jumlah saldo yang dimiliki dalam kepersertaan BPJS Ketenagakerjaan. Nah, langkah cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android via SMS dapat kalian simak sebagai berikut.

- Buka menu pesan di HP kalian.

- Daftar dulu dengan mengirim SMS baru dengan format DAFTAR(spasi)SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERT#EMAIL.

- Setelah itu kalian bisa kirim SMS ke nomor 2757.

- Selanjutnya kalian dapat membuat SMS baru lagi untuk mengetahui informasi Saldo yang terdalam dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

- Caranya dengan mengirim SMS berformat SALDO(spasi)No Peserta kirim ke 2757.

- Tunggu hingga mendapatkan balasan mengenai jumlah Saldo yang kalian miliki.

- Selesai.

3. Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat HP Android Via Online

Tidak hanya dua cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android di atas, namun kalian bisa juga melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui informasi saldo. Tidak kalah mudah dengan panduan sebelumnya, maka cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android secara online berikut ini bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resminya. Adapun panduan cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android dapat kalian simak sebagai berikut.

- Buka browser di HP kalian.

- Kemudian kunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

- Selanjutnya kalian dapat login dengan menggunakan akun yang sudah dibuat. Jika belum punya akun, maka dapat membuatnya lebih dahulu.

- Kemudian kalian bisa masuk ke akun yang dimiliki.

- Klik Lihat Saldo JHT.

- Maka akan muncul informasi mengenai jumlah saldo yang kalian miliki di akun BPJS Ketenagakerjaan.

- Selesai.

4. Syarat dan Aturan Terbaru 2022 Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan

Setelah tahu langkah cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android, memahami apa saja syarat dan aturan untuk mencairkan dana di BPJS Ketenagakerjaan juga sangat penting. Pengajuan pencarian atau klaim dana di BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan ketentuan yakni mencapai usia 56 tahun atau pensiun, mengalami cacat total tetap, meninggal dunia, berhenti bekerja, sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan minimal 10 tahun bisa klaim sebagian, meninggalkan NKRI untuk selamanya.

Namun di tahun 2022 ada pengubahan aturan terbaru pancairan Jaminan Hari Tua (JHT) bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Adapun aturan untuk mencairkan dana di BPJS Ketenagakerjaan dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Syarat dan Aturan Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Bagi Peserta Pensiun, Berhenti Kerja, Meninggalkan NKRI Selama-Lamanya:

- Pencairan dana bisa dilakukan jika peserta sudah mencapai usia 56 tahun.

- Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

- Identitas diri seperti KTP ataupun lainnya.

2. Syarat dan Aturan Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Bagi Peserta Mengalami Cacat Total Tetap:

- Klaim dapat dilakukan setelah 1 bulan peserta berdasarkan surat keterangan dokter mengalami cacat total tetap.

- Melampirkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

- Surat keterangan dokter.

- Identitas diri seperti KTP.

3. Syarat dan Aturan Pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan Bagi Peserta Meninggal Dunia:

- Klaim pencairan JHT bisa dilakukan oleh ahli waris.

- Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan.

- Identitas diri seperti KTP.

- Surat keterangan kematian.

- Surat keterangan ahli waris atau penetapan ahli waris dari pengadilan.

- Kartu Keluarga (KK).

Itulah penjelasan mengenai cara mengecek saldo BPJS ketenagakerjaan lewat HP Android. Sehingga dapat memudahkan kalian apabila ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan tanpa harus ke kantor cabang.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending