Arti Flashback, Manfaat, dan Ingatan Tentang Kenangan Buruk

Minggu, 05 Desember 2021 12:55
Arti Flashback, Manfaat, dan Ingatan Tentang Kenangan Buruk
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Manusia punya ingatan sebagai salah satu dasar penting bagi perkembangannya. Berkat ingatan itulah, kalian bisa menghadirkan kembali bayangan masa lalu dengan cara flashback. Lalu, apa sih arti flashback sebenarnya?

Arti flashback bisa kalian anggap sama dengan kilas balik. Hal ini biasa terjadi dalam film atau cerita yang membawa audiens menyimak kejadian di masa lalu. Namun sebenarnya, flashback juga kalian alami dalam kehidupan sehari-hari,lho, KLovers.

Ingatan mampu menghadirkan berbagai kenangan, entah karena disengaja atau tidak. Kenangan itu pun beragam, terdapat ingatan positif yang punya berbagai manfaat, ada pula ingatan negatif yang sering membawa rasa sakit. Nah, bagi kalian yang tertarik dengan bahasan ini, langsung saja simak informasi mengenai arti flashback beserta manfaatnya berikut ini.

1. Arti Flashback

Arti flashback menurut Cambridge Dictionary adalah bagian pendek dari film, cerita, atau drama yang kembali ke masa lalu. Selain itu, terdapat arti flashback dalam kehidupan nyata, yaitu ingatan tentang peristiwa di masa lalu yang jelas dan terjadi secara tiba-tiba.

Istilah ini tak terdapat di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karena memang berasal dari bahasa asing. Meski berasal dari bahasa Inggris, kata ini cukup populer di Indonesia untuk menyebut kegiatan mengingat atau mengenang suatu peristiwa.

Kalian juga bisa mengartikan flashback sebagai kilas balik. Kilas balik sendiri merupakan pandangan kembali atas kejadian sebelumnya. Biasanya, hal ini dilakukan saat menulis buku harian, melakukan renungan, atau sengaja bernostalgia tentang masa lalu.

2. Manfaat Flashback

Kegiatan bernostalgia atau flashback punya dampak yang luar biasa bagi manusia. Hal ini bisa dilakukan dengan sengaja, bisa pula terjadi begitu saja saat ada pemicunya. Perlu kalian ketahui bahwa arti flashback atau mengenang ini bukanlah hal sepele.

Melansir dari The Conversation, mengingat masa lalu merupakan dasar penting bagi perkembangan manusia. Penjelasan lebih lengkap bisa kalian simak dalam poin-poin berikut ini.

- Ingatan Membentuk Identitas

Manusia punya kemampuan mengingat hingga menghasilkan rasa yang berkesinambungan. Ingatan bahwa diri kalian merupakan orang yang sama bisa membentuk persepsi diri seiring waktu yang terus berjalan. Dengan begitu, kalian punya ingatan detail penting pada diri sendiri.

- Ingatan Membantu Memecahkan Masalah

Ingatan kalian berguna untuk menemukan solusi potensial dalam memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Kalian bisa menjadikan masalah di masa lalu sebagai rujukan untuk menemukan pemecahan masalah.

- Ingatan Membantu Bersosialisasi

Kenangan pribadi kalian mengenai interaksi sosial bisa menjadi bekal yang cukup untuk menjalin relasi baru. Ketika bertemu orang baru, kalian punya gambaran mengenai cara membangun dan menjalin hubungan dengan baik.

- Ingatan Membantu dalam Pengaturan Emosi

Pengalaman di masa lalu bisa menjadi rujukan dalam mengatur emosi. Paling tidak, kalian pernah berada di situasi serupa di masa lalu sehingga punya bahan renungan dari pengalaman sebelumnya. Kalian bisa menggunakan kenangan itu untuk mengelola emosi negatif. Misalnya, kalian bisa berusaha mengingat hal positif saat kalian merasa terlalu sedih.

3. Flashback Kenangan Buruk

Tak hanya arti flashback dan manfaatnya, kalian juga perlu mengetahui sejumlah kondisi ketika ingatan menjadi sesuatu yang menyakitkan. Ingatan memang hal penting dalam kehidupan, tapi jika ingatan itu berupa kenangan buruk secara terus-menerus, tentu akan sangat merugikan.

Gangguan psikologis memang sangat mungkin terjadi. Orang yang depresi misalnya, cenderung dipenuhi dengan ingatan pribadi yang negatif. Orang yang mengalami depresi juga lebih sering flashback atau mengingat cerita tentang diri sendiri pada periode kehidupan dengan sangat positif atau sangat negatif.

Jika kalian menyadari sedang berada di kondisi sulit dan terlalu banyak flashback ke kenangan buruk, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini.

- Luangkan Waktu dalam Sehari

Kalian bisa meluangkan waktu dalam sehari untuk menulis di buku harian dan menjabarkan segala kekhawatiran. Menulis bisa menjadi pengalaman emosional yang dapat meningkatkan kesehatan mental. Lakukan hal ini selama 15 menit dalam sehari.

- Berlatih Mengingat Hal Positif

Jika ingatan kalian terus mendatangkan kenangan buruk secara tiba-tiba dan terus-menerus, cobalah untuk berlatih mengingat hal positif. Datangkan ingatan pribadi positif secara sengaja agar mendapat perspektif baru dari masa lalu.

- Latihan Strategi Perhatian

Kalian bisa mencoba untuk berlatih fokus pada keadaan yang saat itu juga terjadi. Alih-alih terpaku dengan kenangan menyakitkan, kalian bisa mulai mencoba memperhatikan napas, fokus pada sesuatu yang sedang dilihat, atau didengar. Kegiatan tersebut bisa membantu kalian untuk memutus siklus negatif.

- Temui Praktisi Kesehatan

Jika kalian tak kunjung berhasil menciptakan pemecahan masalah tentang ingatan negatif itu, segera temui dokter atau praktisi kesehatan. Gangguan yang kalian alami membutuhkan ahli dalam pendampingan.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti flashback beserta informasi mengenai manfaat dan berbagai kondisi ingatan dalam kehidupan.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI