Arti Gimmick yang Biasa Muncul di Media, Ketahui Contoh Penrapan di Sehari-hari

Diperbarui: Diterbitkan:

Arti Gimmick yang Biasa Muncul di Media, Ketahui Contoh Penrapan di Sehari-hari
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Pernahkah kalian mendengar kata gimmick? Gimmick memang bukanlah kata yang umum dipakai di keseharian. Maka dari itu, tak heran jika masih banyak orang yang merasa asing dengan arti gimmick. Selama ini, istilah atau gimmick lekat dengan dunia hiburan. Kata gimmick sering kali muncul di media-media untuk menyebut selebriti atau tokoh yang melakukan suatu hal untuk menarik perhatian publik.

Namun ternyata, istilah gimmick tak saja bisa dipakai dalam ranah dunia hiburan atau entertaiment. Dalam dunia profesional, istilah gimmick justru biasa digunakan di bidang marketing. Gimmick bisa jadi satu metode yang dapat digunakan untuk memasarkan suatu produk. Lantas jika demikian, apa arti gimmick yang sebenarnya?

Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan tentang arti gimmick berikut yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Gimmick Menurut Kamus

Istilah gimmick sebenarnya merupakan kosakata dalam bahasa Inggris. Itu artinya, untuk mencari tahu apa arti gimmick, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengeceknya di dalam kamus.
Dilansir dari cambridgedictionary.com dilansir dari gimmick diartikan sebagai 'suatu hal yang tidak serius atau bernilai nyata yang digunakan untuk menarik perhatian atau minat orang untuk sementara , terutama untuk membuat mereka membeli sesuatu'.

Untuk saat ini, kata gimmick ternyata juga sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Sebagai kata serapan, penulisan kata gimmick telah disesuaikan menjadi "gimik". Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) terdapat dua arti gimik.

Pertama, gimik dimaknai sebagai gerak-gerik tipu daya aktor untuk mengelabui lawan peran. Terkait hal ini, gimik tergolong kata yang dekat dengan dunia seni. Sementara, arti gimik yang kedua dalam KBBI adalah sesuatu (alat atau trik) yang digunakan untuk menarik perhatian. Sehingga, arti gimik kedua lebih berhubungan dengan dunia marketing.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Pengertian Gimmick di Media

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, kata gimmick saat ini lebih sering kita jumpai di media, khususnya televisi. Berkaitan dengan hal ini, arti gimik menjadi suatu hal yang dilakukan pihak televisi (dalam hal ini bisa acara televisi atau seorang selebriti) untuk penarik perhatian penonton. Sehingga, pada akhirnya juga akan meningkatkan rating.

Gimmick di televisi umum dilakukan dengan berbagai hal. Misalnya, membuat dandanan yang unik mencuri perhatian, membuat adegan khusus, dandanan yang khas, musik, yel-yel, nyanyian, atau aktivitas lainnya yang menyita perhatian. Bahkan, kini tak jarang gimmick di televisi dilakukan dengan menghadirkan penonton bayaran yang ada untuk memeriahkan acara.

Oleh selebriti atau pelaku seni, gimmick juga dilakukan untuk menarik perhatian publik. Sehingga, bisa meningkatkan pamor si selebriti. Selain itu, gimmick juga bisa dilakukan dengan tujuan agar suatu karya bisa dikenal lebih luas dna laku di pasaran. Gimmick yang dilakukan pelaku seni atau selebriti juga sangat beragam. Mulai dari membuat kontroversi, kejadian settingan, dan sebagainya.

Meski dapat menguntungkan pihak televisi dan pelaku seni, gimmick tak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab gimmick yang berlebihan justru berisiko menghilangnya simpati penonton. Di samping itu, gimmick televisi juga tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Gimmick harus memperhatikan batasan norma kesusilaan, hukum, dan ketentuan lainnya, agar tetap bisa diterima masyarakat atau penonton.

 

3. Pengertian Gimmick di Bidang Marketing

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, gimmick juga kerap digunakan di bidang marketing. Dalam hal ini, gimmick biasa digunakan sebagai metode marketing dengan tujuan menarik perhatian calon konsumen. Gimmick yang dilakukan dalam marketing biasanya dilakukan dengan tujuan merayu konsumen agar berminat dan tertarik untuk memberli produk yang dipasarkan.

Sama halnya di media televisi, arti gimmick untuk kebutuhan marketing juga umum dilakukan dengan melakukan rekayasa berbagai hal seperti cerita dan sebagainya. Tak jarang gimmick untuk kebutuhan marketing juga melibatkan selebriti atau tokoh terkenal lain. Hal ini bertujuan agar gimmick yang dimainkan tepat sasaran dan bisa betul-betul menarik perhatian.

Gimmick untuk marketing juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perusahaan yang menerapkan metode gimmick juga harus memperhatikan batasan norma kesusilaan, hukum, dan ketentuan lainnya, agar tetap bisa diterima masyarakat sebagai calon konsumen.

Selain itu, gimmick marketing juga tak boleh sekadar menjual kehebohan. Karena merupakan sebuah strategi marketing, gimmick harus dilakukan dengan pertimbangan dan dieksekusi secara kreatif.

 

4. Penerapan Gimmick untuk Hal Lainnya

Di kehidupan saat ini, gimmick tak saja diterapkan di bidang media televisi dan marketing. Arti gimmick yang kurang lebih adalah usaha untuk menarik perhatian khalayak juga bisa diterapkan untuk keperluan lainnya.

Sebagai contoh, pada masa pemilu, tak sedikit dari calon paslon atau legislatif yang melakukan berbagai gimmick untuk merebut simpati pemilih. Mulai dari melakukan branding dengan cerita sedih di masa lalu, melakukan bakti sosial, dan sebagainya. Setiap hal yang dilakukan untuk menarik simpati publik tersebut juga bisa di kategorikan sebagai gimmick.

Selain itu, gimmick yang artinya merebut perhatian publik juga bisa diterapkan pada aktivitas lain misalnya mengajar atau sosialisasi. Pilihan gimmick yang bisa dilakukan juga beragam bisa disesuaikan dengan materi yang dibawakan.

Itulah di antaranya penjelasan arti gimmick menurut kamus dan bidang tertentu. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending