Marketing Adalah Kunci dalam Memasarkan Produk Secara Luas, Ketahui Tugas dan Aspeknya Agar Berhasil

Senin, 06 September 2021 17:11 Penulis: Puput Saputro
Marketing Adalah Kunci dalam Memasarkan Produk Secara Luas, Ketahui Tugas dan Aspeknya Agar Berhasil
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Dalam menjalankan usaha atau bisnis tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada berbagai hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan seksama, seperti produksi, manajemen, marketing, dan lain sebagainya. Dari berbagai hal tersebut, marketing adalah salah satu bagian yang sangat penting untuk bisa menjalankan dan mengembangkan bisnis kalian.

Secara umum, marketing adalah pemasaran. Marketing meliputi berbagai kegiatan yang dilakukan dengan tujuan memasarkan barang produksi yang dijual seluas-luasnya, sehingga bisa menjangkau banyak konsumen. Oleh sebab itu, kegiatan marketing tidak bisa dilakukan sembarangan. Sebaliknya, kegiatan marketing harus dilakukan dengan penuh pertimbangan dan strategi.

Agar lebih paham apa itu marketing dan tipsnya supaya efektif, simak ulasannya berikut ini yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengenal Apa Itu Marketing

Marketing menjadi salah satu kunci agar produk yang dijual bisa menjangkau konsumen secara luas. Marketing juga sering dianggap sebagai ujung tombak sebuah bisnis. Teknik marketing yang tepat akan membawa pengaruh yang besar bagi perkembangan sebuah bisnis. Suatu bisnis juga akan sulit untuk sukses tanpa adanya strategi marketing yang baik.

Pasalnya, definisi marketing adalah usaha untuk mengenalkan produk kepada pelanggan atau masyarakat. Inti dari kegiatan marketing adalah menciptakan brand atau citra yang baik dari suatu produk sehingga semakin meyakinkan calon konsumen untuk membeli produk tersebut. Strategi marketing yang tepat juga diyakini dapat membuat suatu produk atau jasa yang ditawarkan jadi bernilai tinggi.

 

2. Tugas-Tugas dalam Marketing

Sebagai ujung tombak untuk mengembangkan bisnis, tentunya kegiatan marketing tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Terdapat beberapa tugas yang harus dikerjakan agar strategi marketing yang dijalankan bisa berhasil. Adapun tugas-tugas dalam marketing adalah sebagai berikut.

1) Melakukan Riset Pasar

Melakukan riset pasar berguna untuk menetapkan harga yang tepat. Dalam hal ini, riset yang dilakukan tim marketing harus mencari tahu harga produk sejenis, sehingga harga yang ditawarkan dapat bersaing. Selain itu, hal ini juga dapat menjadi pertimbangan untuk menciptakan keunggulan produk berdasarkan harga bahan baku dan biaya produksinya, serta faktor-faktor lainnya.

2) Mengidentifikasi Kebutuhan Konsumen

Menyambung tugas riset pasar marketing juga harus mampu menebak apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen. Dengan begitu, perusahaan dapat menawarkan produk yang sesuai dan pasti laku dibeli konsumen.

3) Membuat Perencanaan Produk

Tim marketing memberikan lantas dapat memberikan usulan perencanaan produk kepada tim produksi. Tentunya, usulan tersebut berdasarkan riset yang telah dilakukan. Sehingga produk yang dihasilkan ke depannya memiliki berpeluang untuk dipasarkan secara luas dengan tingkat penjualan yang tinggi.

4) Merancang Strategi Pemasaran

Merancang strategi pemasaran yang tepat menjadi satu kegiatan penting dalam menjalankan usaha. Strategi pemasaran meliputi bentuk dan media promosi beserta target yang ingin dicapai sehingga bisa dievaluasi keberhasilannya.

 

3. Faktor-Faktor dalam Marketing

Selain tugas-tugas, dalam kegiatan marketing juga terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan. Terpenuhinya aspek-aspek tersebut juga berperan besar dalam keberhasilan kegiatan marketing. Adapun aspek aspek dalam marketing adalah sebagai berikut.

1) Produk

Dalam konteks marketing, produk merupakan hal yang paling penting atau bisa dibilang sebagai faktor utama. Pengertian produk sendiri adalah penawaran yang bisa berupa barang, jasa, atau gagasan yang dihasilkan oleh produsen. Untuk mencapai tujuan marketing, produk harus bisa menjawab kebutuhan dan keinginan konsumen.

2) Harga

Setelah menentukan produk atau jasa, hal berikut yang perlu diperhatikan adalah harga. Permasalahan menentukan harga juga jadi hal yang tak bisa dilakukan sembarangan. Untuk menentukan harga, produsen terlebih dahulu harus melakukan riset pasar. Riset bisa dilakukan dengan memeriksa harga kompetitor serta meninjau pada harga berapa calon konsumen bersedia membayar untuk produk yang ditawarkan.

3) Kebutuhan dan Keinginan Konsumen

Kebutuhan dan keinginan konsumen jadi hal penting dalam kegiatan promosi. Sebab, dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, kita bisa menentukan langkah yang harus dilakukan. Khususnya, dalam menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tersebut.

4) Kepuasan Konsumen

Jika kebutuhan dan keinginan konsumen terpenuhi, artinya tujuan kepuasan konsumen dapat tercapai. Untuk mengetahui hal itu, sebelumnya perlu dilakukan penilaian. Penilaian konsumen terhadap sebuah produk tersebut juga dapat menjadi pertimbangan penting bagi produsen (tim marketing) untuk meningkatkan kualitas produk.

5) Pertukaran dan Transaksi

Dalam kegiatan marketing, harus terdapat kesepakatan antara produsen dan konsumen dalam melakukan pertukaran, baik antara produk dengan uang maupun produk ataupun dengan produk lainnya.

7) Hubungan dan Jaringan Pemasaran

Dalam konsep marketing, hubungan dan jaringan meliputi transaksi dalam memenuhi kebutuhan konsumen untuk mempertahankan bisnis dalam jangka waktu panjang. Jaringan pemasaran antara lain dapat berwujud produsen dengan konsumen, karyawan, pemasok, dan lainnya.

9) Pasar

Pasar adalah istilah untuk menyebut para pembeli atau konsumen yang melakukan kegiatan transaksi. Ukuran pasar tergantung pada jumlah konsumen dan sumber daya yang ditukarkan dengan kebutuhan konsumen.

10) Distribusi Produk

Distribusi berperan besar dalam menentukan seberapa luas jangkauan produk dan jasa. Distribusi bisa dijalankan sesuai sasaran produk dan jasa serta bagaimana cara terbaiknya supaya masyarakat bisa mendapatkan produk yang ditawarkan.

11) Promosi

Promosi untuk keperluan marketing dapat mencakup iklan, acara, atau diskon yang dibuat untuk meningkatkan pemahaman terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Selain itu, promosi juga membuat produk atau jasa jadi lebih menarik.

 

4. Tips-Tips dan Strategi dalam Marketing

Bagaimanapun juga marketing menjadi hal yang tak mudah untuk dilakukan. Selain harus melakukan beberapa tugas dan memenuhi aspek-aspek, kalian juga bisa menerapkan beberapa tips dalam marketing. Adapun tips-tips marketing adalah sebagai berikut.

1) Persiapan

Sebelum melakukan presentasi atau memasarkan produk khususnya secara langsung, pastikan untuk menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Melakukan persiapan yang baik akan mengurangi risiko kegagalan dalam marketing. Persiapan bisa dilakukan dengan mempelajari produk yang akan dipasarkan dan kaitannya dengan calon konsumen sebagai pangsa pasar.

2) Penguasaan Produk

Pelajari dan kuasai hingga mendalam tentang produk yang akan ditawarkan. Terlebih, jika penawaran tersebut dilakukan pada klien atau perusahaan lain secara langsung. Semakin menguasai produk tersebut, akan semakin mudah untuk meyakinkan klien atau calon konsumen. Kuasai produk mulai dari keunggulan, keuntungan hingga kekurangan dari produk tersebut.

3) Memperbanyak Koneksi

Koneksi jadi hal yang sangat berharga di dunia marketing. Memperbanyak koneksi akan mempermudah jalan kalian dalam memasarkan produk. Semakin banyak koneksi yang dimiliki maka semakin besar dan banyak pula calon klien atau konsumen yang dituju.

4) Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Seorang yang terjun ke dunia marketing wajib mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik. Pasalnya, dalam dunia marketing kalian akan bertemu dengan banyak orang dan menjalin hubungan profesional yang baik dengan mereka. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik jadi senjata utama untuk meyakinkan klien atau calon konsumen.

Itulah di antaranya ringkasan mengenai marketing adalah ujung tombak dalam mengembangkan usaha. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan!

 

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI