Arti Indonesia dan Asal Mula Namanya yang Disebut Juga Nusantara, Ini Penjelasannya!

Rabu, 13 Oktober 2021 16:11 Penulis: Nurul Wahida
Arti Indonesia dan Asal Mula Namanya yang Disebut Juga Nusantara, Ini Penjelasannya!
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Arti Indonesia adalah negara di wilayah Asia Tenggara terdiri dari banyak pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke. Selain itu ada arti Indonesia dan asal mula namanya sebelum resmi menggunakan nama Indonesia.

Arti nama Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang. Nama Indonesia diketahui pernah muncul dalam sejumlah tulisan karya seorang etnolog berkebangsaan luar di tahun 1847, 1850 serta 1884 . Sampai akhirnya, nama Indonesia benar-benar resmi digunakan sebagai nama negara.

Selain nama tersebut, Indonesia juga memiliki beberapa nama lainnya. Sebut saja seperti negara Maritim, Nusantara, ataupun Negara Kepulauan. Nama lain dari Indonesia tersebut memiliki sebuah arti dan makna tersendiri. Bahkan Indonesia juga disebut sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki kurang lebih 17.000 pulau terbentang dari ujung Sabang hingga Merauke.

Selengkapnya tentang arti Indonesia dan asal mula namanya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang arti Indonesia dan asal mula namanya.

1. Arti Indonesia dan Sejarah Namanya

Merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, ada arti Indonesia yang dijelaskan dalam dua poin. Arti Indonesia berdasarkan KBBI tersebut yakni nama negara kepulauan di Asia Tenggara yang terletak di antara benua Asia dan benua Australia. Kedua, arti Indonesia yakni bangsa, budaya, bahasa yang ada di negara Indonesia.

Arti Indonesia di atas memang menggambarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan segudang keragamannya. Namun bagaimana sebenarnya asal mula nama Indonesia? Berkaitan dengan sejarah nama Indonesia, sebenarnya nama tersebut sudah mulai muncul pada abad pertengahan ke-19.

Dulunya ada beberapa nama yang sempat muncul sebelum menggunakan nama Indonesia. Di antaranya yakni Indunesians serta Malayunesians merujuk pada penduduk Kepulauan Hindia atas usulan George Samuel Windsor Earl seorang etnolog asal Inggris. Nama Indonesia ini diketahui pernah disebutkan dalam artikel berjudul On The Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations tahun 1847 karya George Samuel Windsor Earl.

Di tahun berikutnya yakni 1850, James Richardson Logan diketahui sebagai murid Earl, menuliskan sebuah tulisan namun menggunakan nama Indonesia sinonim dari Kepulauan Hindia. Kemudian di tahun 1884, seorang etnolog Jerman bernama Adolf Bastian menggunakan nama Indonesia dalam tulisannya berjudul Indonesien order die Inseln des Malayischen Archipels. Dari karyanya inilah kemudian nama Indonesia semakin dikenal luas.

Sampai akhirnya nama Indonesia digunakan oleh organisasi gerakan nasional pertama yakni Perhimpunan Indonesia yang dulunya bernama Indonesische Vereeniging. Di tahun 1924 nama Indonesia kemudian dimuat di majalah Indonesia Merdeka.

Pada hari Sumpah Pemuda, nama Indonesia digunakan dalam rumusan Ikrar Sumpah Pemuda. Itulah asal mula nama beserta arti Indonesia yang memiliki sejarah cukup panjang. Kini nama Indonesia telah resmi digunakan sebagai nama negara sejak Hari Kemerdekaan RI di tahun 1945.

2. Arti Indonesia, Nusantara, Negara Maritim, dan Negara Kepulauan

Setelah mengetahui arti Indonesia dan sejarah namanya, Indonesia juga dikenal memiliki beberapa sebutan lainnya. Sebutan untuk negara Indonesia yakni Nusantara, Negara Maritim, serta Negara Kepulauan.

Namun seperti diketahui, ada alasan mengapa Indonesia disebut juga dengan nama-nama tersebut. Ya, sebutan negara Indonesia sebagai Nusantara sebenarnya sesuai dengan wilayah Indonesia yang terdiri dari banyak pulau. Istilah Nusantara diambil dari bahasa Sansekerta yakni Nusa berarti 'Pulau' dan 'Antara' artinya 'luar'.

Sedangkan sebutan negara Maritim karena Indonesia memiliki wilayah laut serta daratan yang sangat luas. Di mana luas wilayah Indonesia yakni 5.180.083 km2 terdiri dari daratan serta lautan. Namun wilayah lautan Indonesia cenderung lebih luas dibandingkan dengan daratannya. Karena itulah sebutan sebagai negara Maritim menjadi salah satu nama lain dari Indonesia.

Sementara untuk sebutan negara Kepulauan terjadi karena Indonesia terdiri dari banyak pulau terbentang dari ujung Sabang hingga Merauke. Indonesia memiliki pulau sebanyak 17.508 terdiri dari pulau berpenghuni ataupun tidak berpenghuni.

3. Arti Semboyan Negara Indonesia

Negara Indonesia sendiri memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika. Semboyan negara Indonesia ini memiliki arti dan makna yang begitu dalam. Di mana arti semboyan negara Indonesia menggambarkan bangsa Indonesia dengan keragamannya. Semboyan Bhineka Tunggal Ika tersebut tertulis pada lambang negara yakni Garuda Pancasila.

Sedangkan untuk arti semboyan Negara Indonesia yakni 'Berbeda-beda tetapi tetap satu'. Seperti diketahui bahwa Indonesia terdiri dari beragam macam suku, budaya, bahasa, ras, dan agama. Karena itu dengan masyarakatnya yang plural inilah semboyan tersebut dapat membuat masyarakat saling menghargai dan menerima keragaman yang ada. Selain itu dengan semboyan tersebut tentunya diharapkan bisa meningkatkan rasa nasionalisme di masyarakat yang plural atau beragam.

Nah itulah arti Indonesia beserta asal usul namanya. Semoga dengan ulasan di atas dapat memperkaya pengetahuan kalian tentang negara Indonesia yang sangat kaya dan beragam.

Sumber: kompaspedia.kompas.id, detik.com

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI