23 Makanan Penyebab Asam Urat, Jeroan - Sejumlah Buah dan Sayur yang Wajib Dihindari

Rabu, 13 Oktober 2021 13:11 Penulis: Anik Setiyaningrum
23 Makanan Penyebab Asam Urat, Jeroan - Sejumlah Buah dan Sayur yang Wajib Dihindari
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Makanan penyebab asam urat terkadang kurang mendapat perhatian dari para pengidap penyakit ini. Pasalnya, sebagian jenis makanan ini justru terlihat lezat dan terkenal mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Sayangnya, ada beberapa kandungan yang bisa membuat kondisi penderita makin parah.

Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui daftar makanan penyebab asam urat dan lebih perhatian lagi pada jumlah konsumsi yang disarankan. Jangan sampai niat kalian untuk mendapat gizi dari makan tersebut justru berbalik dan malah memperburuk kondisi kesehatan kalian sebagai penderita asam urat.

Nah, agar kalian lebih waspada dalam memilih bahan konsumsi, silakan simak daftar makanan penyebab asam urat berikut ini. Pengetahuan semacam ini sangat kalian perlukan untuk menjaga kesehatan diri sekaligus orang tersayang di sekitar yang mungkin sedang menderita asam urat.

1. Makanan Penyebab Asam Urat dari Daging dan Seafood

1. Jeroan

Jeroan, seperti hati, usus, limpa, jantung, paru, dan seterusnya termasuk dalam daftar makanan penyebab asam urat. Hal ini disebabkan karena kandungan purin yang tinggi. Oleh karena itu kalian perlu waspada dan menghindarinya.

Apalagi bagi kalian yang sudah menderita asam urat, jeroan bisa membuat peradangan asam urat semakin parah. Jika memakannya, terlebih dalam porsi banyak, berpeluang membuat asam urat yang kalian derita kambuh tiba-tiba.

2. Daging Merah

Daging merah, seperti sapi, kambing, domba, kerbau, dan lain sebagainya merupakan salah satu makanan penyebab asam urat yang harus kalian hindari. Tentukan jumlah konsumsi secara bijak karena makanan ini mengandung purin yang cukup tinggi.

Kandungan tersebut bisa memicu asam urat kalian naik, bahkan sulit dikendalikan. Kalian bisa mengalami peradangan saat asam urat yang kalian derita semakin parah. Daripada dibuat tak nyaman karenanya, lebih baik hindari konsumsi makanan ini.

3. Daging Ayam

Tak hanya daging merah, ternyata daging ayam juga merupakan salah satu makanan penyebab asam urat yang perlu kalian hindari. Bagian daging ayam, seperti dada dan kulit memiliki kandungan purin yang cukup tinggi.

Sebenarnya, kalian tak harus menghindari sepenuhnya. Hanya saja, diperlukan pembatasan dan kebijaksanaan dalam mengonsumsinya.

4. Udang

Udang merupakan jenis makanan penyebab asam urat yang tentu saja, perlu kalian hindari. Seafood yang lezat ini, sayangnya memiliki kandungan purin 9-10 mg tiap 100 gram.

Belum lagi kandungan 200 mg kolesterol pada setiap porsi sejumlah 3,5 ons. Oleh karena itu, kalian perlu berhati-hati. Mengonsumsinya secara berlebih berpeluang menyebabkan komplikasi jantung dan stroke.

5. Seafood

Bukan hanya udang yang sudah disebut di atas, seafood secara umum juga perlu dihindari penderita asam urat. Memang benar, seafood sebenarnya lezat dan bergizi. Namun, demi kebaikan kalian perlu menghindari makanan seperti lobster, kerang, teri, remis, hingga sarden.

Makanan ini punya kandungan purin yang tinggi. Kandungan gizi di dalamnya akan terasa sia-sia jika kemudian kalian mengalami peradangan dan asam urat kambuh secara tak terkendali.

2. Makanan Penyebab Asam Urat dari Buah

6. Nanas

Nanas merupakan buah yang terkenal memiliki aroma dan rasa yang segar. Buah nanas juga dianggap punya gizi tinggi. Akan tetapi buah nanas ini harus dihindari oleh penderita asam urat. Bukan karena kandungan purinnya yang tinggi. Melainkan makanan ini memicu pembentukan alkohol. Nanas yang dikonsumsi akan mengalami fermentasi di dalam saluran pencernaan dan menjadi alkohol.

7. Nangka

Nangka ternyata dapat memicu penyakit asam urat. Nangka termasuk golongan buah yang memiliki kandungan purin tinggi. Penderita penyakit asam urat sebaiknya menghindari buah ini.

8. Durian

Meski terkenal sebagai raja buah karena lezat, nikmat, dan bikin nagih, durian mengandung purin cukup tinggi. Purin inilah yang menjadikan durian termasuk makanan penyebab asam urat yang harus dihindari.

Apalagi, durian juga memiliki kolesterol yang cukup tinggi. Jika penderita asam urat terus memaksa mengonsumsi, komplikasi bisa terjadi. Komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, radang, dan hipertensi.

9. Pisang

Sebenarnya pisang memiliki beragam kandungan yang baik untuk kesehatan. Namun, mengonsumsi buah ini secara berlebihan bisa menyebabkan penyakit asam urat. Kandungan fruktosa di dalamnya menjadikan pisang sebagai salah satu makanan penyebab asam urat yang perlu kalian hindari.

3. Makanan Penyebab Asam Urat dari Sayur

10. Sayur Kol

Sayur kol memang bagus untuk kesehatan, tapi tidak bagi seseorang yang punya kadar asam urat tinggi. Kembang kol atau sayur kol memiliki kandungan purin tinggi dan termasuk dalam daftar makanan penyebab asam urat.

Terdapat 51 gram purin tiap 100 gram sayur kol. Jumlah ini cukup tinggi dan berbahaya bagi penderita asam urat.

11. Buncis

Meski dipercaya mengandung beragam manfaat untuk kesehatan, mengonsumsi buncis secara berlebihan bisa memperburuk kondisi asam urat. Buncis memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi, sehingga termasuk makanan penyebab asam urat yang harus kalian hindari.

12. Asparagus

Asparagus cukup diminati karena kandungan asam folat dan kalium di dalamnya. Sayangnya, penderita asam urat harus menghindarinya. Kandungan purin di dalamnya membuat asparagus menjadi makanan yang perlu dikonsumsi secara terbatas oleh penderita asam urat.

13. Bayam

Bayam menjadi salah satu makanan penyebab asam urat karena kandungan purin di dalamnya. Terdapat 57 gram kandungan purin di dalam 100 gram bayam.

14. Jamur

Jamur sebenarnya menjadi bahan makanan idola, karena bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Sayangnya, jamur termasuk dalam makanan penyebab asam urat yang tentu saja perlu kalian hindari. Terdapat 12-17 gram purin dalam 100 gram jamur. Sebaiknya mulai batasi dan rutin periksakan diri.

15. Kangkung

Kangkunga masuk dalam daftar makanan penyebab asam urat karena dalam 100 gram bayam terdapat 9-100 mg purin. Meski begitu, kangkung masih aman jika dikonsumsi dalam takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

16. Kedelai

Kedelai sebenarnya masuk dalam jenis biji-bijian yang sangat potensial dijadikan berbagai olahan. Seperti tempe, tahu, dan tauco. Sayangnya kedelai termasuk makanan penyebab asam urat karena mengandung purin cukup tinggi. Sebagai bentuk antisipasi, kalian perlu membatasi konsumsi makanan ini.

17. Melinjo

Selain enak, melinjo pun sudah cukup dikenal sebagai makanan penyebab asam urat. Biasanya, penderita asam urat sudah tahu jika harus menghindari makanan ini. Melinjo mengandung 150 mg purin/100 gram, angka ini cukup tinggi, kan?

4. Makanan Penyebab Asam Urat Lainnya

18. Alkohol

Alkohol memang tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi penderita asam urat. Tak hanya jenis minuman, berbagai makanan yang melalui proses fermentasi dan menghasilkan alkohol sebaiknya kalian hindari.

19. Minuman Manis

Makanan tinggi gula sederhana seperti roti tawar putih, produk roti komersial, cake, kue-kue kering, produk minuman kemasan dan minuman bersoda khususnya yang mengandung fruktosa tinggi perlu kalian hindari.

20. Fruktosa

Seprti yang sudah disinggung di atas, produk fruktosa tinggi seperti soda dan beberapa jus, sereal , es krim , permen, dan makanan cepat saji. Mengonsumsi secara berlebih akan meningkatkan risiko penyakit asam urat. Fruktosa masuk dalam daftar makanan penyebab asam urat yang harus diwaspadai.

21. Makanan Berlemak

Perlu kalian ketahui bahwa makanan berlemak dapat memicu kenaikan berat badan. Semakin banyak berat badan, akan semakin sulit menghilangkan penyakit asam urat.

22. Tape Ketan

Tape ketan merupakan makanan yang mengandung alkohol hasil fermentasi beras ketan yang sebelumnya mendapat pencampuran ragi. Alkohol inilah yang menyebabkan beras ketan menjadi terasa manis menyegarkan. Meski begitu jangan terlena karena tape ketan termasuk makanan penyebab penyakit asam urat tinggi. Kandungan purin 100-1000 mg dalam setiap 100 gram tape ketan menjadi hal yang perlu kalian hindari.

23. Makanan Kaleng

Makanan kaleng memang praktis. Sarden, kornet, dan lainnya sebagainya memang lezat, tapi ini masuk dalam daftar makanan penyebab asam urat yang perlu kalian hindari.

Nah, KLovers, itulah sejumlah makanan penyebab asam urat yang perlu kalian hindari. Perhitungkan jumlah konsumsi setiap kali akan membeli atau memasaknya.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI