Arti Kata Mandali Sebagai Bahasa Gaul, Simak Juga Kosakata Populer Lainnya

Diterbitkan:

Arti Kata Mandali Sebagai Bahasa Gaul, Simak Juga Kosakata Populer Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Penggunaan bahasa di kalangan masyarakat, terus berkembang seiring perkembangan zaman. Terbukti di setiap generasi, bermunculan kosakata baru yang unik, yang kemudian biasa disebut bahasa gaul. Kata mandali adalah salah satunya. Kata ini belakangan cukup sering digunakan di komunikasi sehari-hari. Lantas, apa arti kata mandali?

Kata mandali jadi salah satu kosakata bahasa gaul yang baru muncul beberapa tahun ini. Kata ini mulai lazim digunakan di kalangan anak muda dalam percakapan sehari-hari, baik secara langsung maupun di media sosial. Maka dari itu, penting untuk tahu arti kata mandali agar tidak ketinggalan zaman, serta supaya terhindar dari salah paham.

Nah, untuk tahu apa arti kata mandali, langsung saja simak ulasan berikut ini.

 

1. Arti Kata Mandali

Mandali merupakan kata gaul yang cukup sering digunakan anak muda saat ini. Untuk mengetahui artinya, terlebih dahulu kita juga perlu tahu bahwa istilah mandali terbentuk dari gabungan dua kata yaitu "Aman" dan "Terkendali".

Setelah tahu bentuk awal mulanya, selanjutnya untuk mengetahui arti kata mandali kita bisa mengecek makna kata "aman" dan "terkendali dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Menurut KBBI kata aman sendiri mempunyai arti bebas dari bahaya, gangguan, terlindungi, tidak mengandung risiko, pasti, tentram, dan tidak merasa takut. Sedangkan, terkendali dalam KBBI mempunyai makna bisa dikendalikan.

Maka merujuk dari pemaknaan kedua kata pembentuknya, arti kata mandali sebagai bahasa gaul bisa diartikan sebagai situasi atau kondisi bisa dikendalikan, sehingga aman dan bebas dari gangguan. Untuk lebih mencermati penjelasan arti mandali tersebut, simak contoh penggunaannya berikut ini:

A: "Bagaimana, tugas akhirmu?"

B: "Tenang, semua mandali!"

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kosakata Bahasa Gaul Gabungan 2 Kata Lainnya

Saat ini penggunaan bahasa gaul di kalangan anak muda sudah jadi hal yang sangat biasa. Kosakata bahasa gaul baru bisa muncul dan populer kapan saja. Nah, terbentuknya kosakata bahasa gaul tersebut mempunyai pola tersendiri, salah satunya yaitu penggabungan dua kata seperti pada istilah mandali.

Di samping mandali, masih ada beberapa kata gaul yang juga terbentuk dari gabungan dua kata. Berikut beberapa kata gaul yang berupa gabungan dua kata beserta artinya:

1) Bucin: Bucin adalah kependekan dari istilah budak cinta. Kata gaul ini digunakan untuk merujuk pada pria atau wanita yang tergila-gila akan cinta, di mana orang tersebut mau melakukan apapun demi orang yang dia cinta.

2) Gabut: Gabut merupakan singkatan dari gaji buta. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan situasi di mana seseorang tidak melakukan pekerjaan apa-apa tapi tetap mendapatkan keuntungan.

3) Gaje: Gaje adalah singkatan dari gak jelas atau enggak Jelas. Kata ini digunakan ketika seseorang tidak paham atau tidak bisa menangkap maksud dari orang lain.

4) Gercep: Merupakan singkatan dari gerakan cepat. Singkatan ini adalah anjuran untuk melakukan sesuatu hal lebih cepat dari biasanya.

5) Japri: Singkatan gaul ini sudah sering kita dengar. Japri sendiri dapat diartikan sebagai jalur pribadi atau jaringan pribadi.

6) Komuk: Merupakan singkatan gaul yang merujuk pada kondisi muka.

7) Mager: Mager adalah singkatan gaul dari kalimat malas gerak. Kata ini lebih sering dipakai untuk mengungkapkan rasa malas.

8) Mantul: Kata ini adalah singkatan gaul dari kata mantap betul. Kata ini sering digunakan sebagai apresiasi, seperti ungkapan pujian.

9) Pansos: Pansos adalah singkatan gaul dan merupakan kependekan dari panjat sosial. Sesuai namanya, pansos digunakan untuk merujuk kepada orang-orang yang suka mencari perhatian banyak orang, terutama di media sosial.

 

3. Kosakata Gaul Lain dan Artinya

Tak hanya mandali dan kata-kata gaul gabungan dua kata yang sudah disebutkan di atas, belakangan juga bermunculan kata-kata populer lainnya. Kata-kata gaul lainnya tersebut di antaranya terbentuk dengan pola yang berbeda mulai dari kata yang dipersingkat pengucapannya hingga kata yang dibalik ejaannya.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa contoh kata gaul lainnya yang juga tak kalah penting untuk diketahui.

1. Sabi: Bisa (pengucapannya dibalik).

2. Takis: Sikat (pengucapannya dibalik).

3. Ngab: Bang (pengucapannya dibalik).

4. Kuy: Yuk (pengucapannya dibalik).

5. Cans: Cantik (tapi pengucapannya dipersingkat)

6. Gils: Gila (tapi pengucapannya dipersingkat)

7. Goks: Gokil (tapi pengucapannya dipersingkat)

8. Gans: Ganteng (tapi pengucapannya dipersingkat)

9. Halu: Halusinasi (tapi pengucapannya dipersingkat)

10. Ntaps: Mantap (tapi pengucapannya dipersingkat)

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti kata mandali sebagai bahasa gaul. Semoga menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending