Arti Kata Surat Secara Umum, Beserta dengan Sejarah Surat dan Jenis-jenisnya

Diterbitkan:

Arti Kata Surat Secara Umum, Beserta dengan Sejarah Surat dan Jenis-jenisnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Surat menjadi sebuah benda yang sering dibuat dengan berbagai tujuan. Namun, apa KLovers tahu apa arti kata surat? Ya, arti kata surat adalah kertas dan sebagainya yang berisi tulisan dengan isi dan maksud tertentu. Sehingga, surat menjadi sebuah media dalam menuangkan maksud hingga gagasan seseorang.

Tentu saja, karena hal ini surat memiliki berbagai jenis. Jenis-jenis surat ini diantarkan dalam maksud yang berbeda-beda pula. Bagi kalian yang ingin memahami lebih dalam tentang surat, maka bisa banget membaca artikel berikut ini.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini arti kata surat yang bisa KLovers ketahui dan pahami, beserta dengan jenis-jenisnya. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Kata Surat Secara Umum

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata surat adalah kertas dan sebagainya yang berisi tulisan dengan isi dan maksud tertentu. Itulah sebabnya, surat menjadi salah satu cara atau media untuk menyampaikan pesan. Sebab, dalam surat seseorang bisa menuangkan berbagai maksud atau gagasan ditujukan untuk seseorang.

Dan menurut Wikipedia, arti kata surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan tujuan memberitahukan maksud pesan dari si pengirim. Informasi yang diberikan di dalam surat berupa pengantar, pemberitahuan, tugas, permintaan, perjanjian, pesanan, perintah, laporan dan putusan.

Selain itu, surat juga dapat berisi peringatan, teguran, dan penghargaan. Sehingga, tidak heran bila surat memiliki banyak sekali jenisnya. Dan berbeda jenis, maka berbeda juga tujuannya. Hal ini penting untuk diketahui agar kalian tidak salah maksud dalam menyampaikan sebuah pesan melalui surat.

Pada awalnya, surat berisikan dokumen-dokumen pemerintah yang biasa dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain dengan kuda ataupun kereta kuda. Sistem pengiriman pos di dunia dimulai di Mesir sekitar tahun 2000 SM. Di sisi lain dunia, di Tiongkok, sebuah pelayanan pos sudah dimulai sejak zaman Dinasti Chou pada 1122-1121 SM. Seperti di Persia, surat yang dikirimkan biasanya berisikan mengenai dokumen pemerintah.

Namun, saat ini surat tidak hanya dikirimkan melalui kuda atau kereta kuda saja, namun bisa menggunakan berbagai alat transportasi canggih seperti, kereta, kapal, pesawat, mobil, hingga motor. Bahkan, dengan menggunakan Email. Selain itu, surat juga tidak melulu berisikan dokumen pemerintah, namun juga bisa surat tugas, surat lamaran, dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan saat ini.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Arti Kata Surat Resmi

Arti kata surat resmi digunakan untuk keperluan formal atau resmi. Penulisnya dapat berasal dari pihak-pihak tertentu, baik itu perorangan, lembaga, organisasi, atau instansi tertentu. Adapun tujuan dari surat resmi, yaitu untuk berkomunikasi secara formal.

Surat resmi memiliki fungsi utama, yaitu sebagai sarana informasi atau pemberitahuan mengenai hal-hal khusus yang disampaikan oleh satu pihak kepada pihak lainnya. Selain itu, surat resmi juga dapat sebagai bukti tertulis dalam bentuk dokumen di mana isinya harus bisa dipertanggungjawabkan.

Kemudian, surat resmi juga sebagai pedoman kerja dalam melakukan suatu kegiatan yang berisi tentang langkah-langkah kerja untuk keperluan tertentu. Kemudian, jenis surat ini juga sebagai alat untuk pengingat bagi penerima surat, baik itu perorangan, organisasi, atau lembaga. Dan berfungsi sebagai bukti historis dan bukti kronologis jika sewaktu-waktu diperlukan.

 

3. Arti Kata Surat Pribadi

Kemudian, arti kata surat pribadi sendiri merupakan surat yang berisi masalah pribadi yang ditujukan kepada keluarga, teman atau kenalan. Oleh sebabnya, surat pribadi juga sering disebut sebagai surat perseorangan. Surat pribadi sendiri bisa mencakup masalah kekeluargaan, atau masalah perorangan dalam sebuah instansi.

Surat jenis ini sebagai bentuk untuk mengekspresikan diri. Selain itu, surat pribadi juga sebagai sarana penyampaian gagasan atau ide bagi penulis. Surat jenis ini juga mewakili penulis surat untuk berkomunikasi dengan pihak lain. Hingga surat ini juga dapat mengembangkan kemampuan tata bahasa seseorang.

 

4. Arti Kata Surat Dinas

Lalu ada arti kata surat dinas. Ya, surat dinas merupakan jenis surat yang berisi masalah kedinasan atau administrasi pemerintah. Surat ini hanya dibuat oleh instansi pemerintah dan dikirimkan pada semua pihak yang memiliki hubungan dengan instansi tersebut.

Surat ini sebagai pedoman pekerjaan, seperti surat instruksi, surat pemberian izin ataupun surat pengambilan keputusan. Jenis surat dinas merupakan sebagai pengingat karena dapat dijadikan arsip bagi instansi. Surat ini juga sebagai alat bukti, terutama surat perjanjian.

Dan yang terakhir surat ini juga sebagai bukti perkembangan suatu instansi atau lembaga. Sehingga, surat dinas ini juga hampir memiliki jenis yang sama seperti surat resmi.

 

5. Arti Kata Surat Lamaran Kerja

Surat ini dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran pekerjaan ini biasanya bersifat formal ataupun resmi. Surat ini sebagai tanda tertulis atau resmi pengajuan permohonan pekerjaan dan sebagai alat komunikasi. Selain itu, surat lamaran kerja juga sebagai bahan pertimbangan untuk kebutuhan perusahaan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai arti kata surat. Bukan hanya penjelasan arti kata surat secara umum saja, namun juga ada penjelasan mengenai jenis-jenis surat.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending