Arti Khilaf Secara Umum dan Bedanya dengan Menyesal, Simak Juga Tips Mengatasinya

Senin, 09 Mei 2022 15:33
Arti Khilaf Secara Umum dan Bedanya dengan Menyesal, Simak Juga Tips Mengatasinya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Manusia memang tidak lepas dari perbuatan salah. Karena itulah kalian sering mendengar apa yang disebut dengan kata khilaf. Sudah tahukah apa arti khilaf?

Ungkapan kata khilaf seringkali diutarakan setelah seseorang melakukan perbuatan atau tindakan salah. Ini adalah salah satu makna dari arti khilaf yakni keliru atau salah. Ada beberapa hal yang termasuk contoh dari khilaf misalnya saja khilaf dalam ketidakadilan, khilaf dalam perbuatan melanggar, khilaf dalam kecurangan dan lainnya.

Karena itulah untuk tahu seperti apa penjelasan arti khilaf, ulasan di bawah ini perlu kalian simak. Yuk pahami seperti apa arti khilaf secara umum beserta penggunaannya.

Jangan lewatkan juga bagaimana tips mengatasi dan menghindari perbuatan khilaf yang dapat menimbulkan rasa penyesalan. Ini ulasan arti khilaf telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Khilaf Secara Umum

Pernah mendengar ungkapan kata khilaf? Kata khilaf memang jadi ungkapan paling sering digunakan saat seseorang melakukan suatu kesalahan. Arti khilaf ternyata memiliki maknanya tersendiri. Namun apa sebenarnya arti khilaf?

Arti khilaf berasal dari bahasa Arab yakni dari kata khaalaf-a. Arti khilaf dari asal katanya tersebut memiliki beberapa makna yakni menggantikan, berbeda, berlainan dengan, tidak menyetujui, menyangkal, berlawanan, mendurhaka, melanggar, mengingkari janji dan lainnya.

Sementara jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti khilaf adalah keliru atau salah. Arti khilaf di KBBI yang dimaksudkan dengan salah atau sesuatu yang tidak disengaja. Karena itulah apabila diambil kesimpulan maka arti khilaf adalah ungkapan yang digunakan seseorang ketika melakukan suatu tindakan yang salah, tidak dibenarkan, melanggar aturan. Sehingga makna arti khilaf berhubungan erat dengan tindakan atau perbuatan seseorang.

Sejumlah sumber menyebutkan arti khilaf adalah perbuatan seseorang yang salah dilakukan tanpa berpikir panjang atau memikirkan dampak ke depannya. Sehingga ketika menyadari perbuatan tersebut tidak dibenarkan, seringkali mereka mengungkapkan permohonan maaf serta rasa penyesalan. Itulah arti khilaf secara umum yang perlu kalian ketahui.

 

2. Arti Khilaf dan Penggunaannya

Arti khilaf dapat disebut juga sebagai perbuatan yang keliru, salah, bertentangan dengan aturan, hukum atau norma. Di mana perbuatan khilaf tersebut dilakukan tanpa berpikir panjang lebih dahulu dan menimbulkan kesenangan sesaat. Setelah tahu arti khilaf, pahami juga seperti apa penggunaan kata khilaf. Karena ada beberapa penggunaan kata khilaf yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Ini penggunaan kata khilaf yang perlu kalian ketahui.

- Penggunaan kata khilaf untuk mengutarakan rasa penyesalan karena kesalahan, kekeliruan, atau melanggar sesuatu.

- Penggunaan kata khilaf untuk mengutarakan kesalahan yang sudah dilakukan.

- Penggunaan kata khilaf untuk mengutarakan sesuatu tentang ketidakadilan.

- Penggunaan kata khilaf untuk mengutarakan tindakan kecurangan yang sudah dilakukan.

Itulah beberapa arti khilaf dan penggunaannya yang perlu kalian ketahui. Di mana penggunaan kata khilaf tersebut menjadi ungkapan yang umum dijumpai.

 

3. Perbedaan Arti Khilaf dan Penyesalan

Berbicara mengenai khilaf tidak lepas dari apa yang disebut dengan perasaan menyesal atau penyesalan. Namun apakah arti khilaf dan penyesalan serupa atau berbeda?

Jika dilihat dari arti khilaf dan penyesalan keduanya berasal dari kata yang berbeda. Di mana kalau arti khilaf di KBBI adalah keliru atau kesalahan (tidak disengaja), maka arti penyesalan adalah perasaan menyesal, perbuatan menyesali, dan sanggahan.

Nah, melansir dari situs fitk.uinjkt.ac.id, disebutkan bahwa makna khilaf dan penyesalan memiliki keterkaitan satu sama lain. Penyesalan umumnya muncul akibat dari suatu perbuatan atau tindakan yang dilakukan salah, keliru, atau tidak dibenarkan. Sedangkan kalau khilaf berhubungan dengan perbuatan atau tindakan nyata secara fisik.

Sehingga jika disimpulkan maka perbedaan antara arti khilaf dan penyesalan kalau khilaf adalah perbuatan nyatanya sedangkan penyesalan perasaan yang muncul akibat perbuatan yang salah secara nyata dan fisik buah dari khilaf.

 

4. Tips Mengatasi Perbuatan Khilaf

Setelah tahu arti khilaf, ada beberapa tips mengatasi perbuatan khilaf. Salah satunya dengan introspeksi diri untuk mengatasi rasa penyesalan yang muncul akibat perbuatan khilaf.. Nah, di bawah ini tips mengatasi dan menghindari perbuatan khilaf.

1. Menyadari kesalahan atau kekeliruan yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga dapat membantumu mengetahui tindakan yang salah dan benar untuk segera introspeksi diri.

2. Memiliki motivasi untuk berubah jadi lebih baik dari sebelumnya. Belajar dari kesalahan bisa jadi cara untuk mengatasi dan menghindari rasa menyesal akibat perbuatan khilaf.

3. Berusaha untuk tetap berada pada jalan yang benar agar terhindar dari perbuatan salah, keliru, tidak dibenarkan dan lainnya yang merugikan.

4. Memaafkan diri sendiri dan hindari penghakiman terhadap diri sendiri.

5. Berusaha tidak mengulangi perbuatan yang sama untuk kedua kalinya.

6. Mendekatkan diri kepada Tuhan. Bagi seorang muslim dapat juga melakukan taubat sesuai ajaran islam.

 

5. Contoh Kata-Kata Tentang Khilaf dan Penyesalan

Terdapat beberapa contoh kata-kata motivasi tentang khilaf dan penyesalan. Di mana dengan kata-kata khilaf dan penyesalan berikut ini bisa jadi motivasi buat memperbaiki diri. Yuk simak contoh kata-kata motivasi tentang khilaf dan penyesalan KLovers.

1. "Setiap rangkaian cerita itu pasti ada penyesalan, di situlah kita bisa ambil maknanya arti sebuah kehidupan."

2. "Manusia sering salah dan khilaf. Tapi, dari kesalahan itu kita belajar memperbaiki diri." -Arumi E.

3. "Penyesalan itu datangnya selalu di akhir agar kita memiliki waktu yang lebih untuk belajar."

4. "Terlalu menyesali hanya akan membuat kita lupa untuk bersiap memperbaiki."

5. "Dalam dekapan ukhuwah, kelembutan nurani menuntun kita untuk menjadi anak Adam sejati; memiliki kesalahan, mengakuinya, memperbaikinya, dan memaafkan sesama yang juga tak luput dari khilaf dan lupa." - Salim A Fillah

6. "Ada rasa menyesal boleh saja, tapi semua itu tidak boleh menghambat lajumu untuk masa depan. Jadikan rasa sesal tersebut sebagai rambu-rambu kehidupan."

7. "Menuruti emosi dan hawa nafsu hanya akan merugikan, dan penyesalan adalah hadiah yang pasti akan diterima."

8. "Hari ini aku belajar dan bekerja untuk menjadi orang hebat, dan bukan kembali ke masa lalu dalam penyesalan."

9. "Jangan sesali apa pun yang terjadi, semuanya pasti ada alasan, jangan kamu biarkan hidup ini penuh dengan penyesalan."

10. "Sesungguhnya di balik kata 'maaf' ada janjiku untuk menjadi lebih baik dan tak mengulangi kesalahan yang sama."

11. "Apabila sebuah penyesalan merupakan sebuah pengalaman, maka hikmah adalah sebuah hal besar yang terkandung di dalamnya."

Itulah penjelasan mengenai arti khilaf yang perlu kalian ketahui. Semoga dapat membantumu memahami makna dari arti khilaf.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI