Arti Komitmen dalam Hubungan Asmara, Kenali Tanda-Tandanya Pada Pasanganmu

Selasa, 26 Oktober 2021 18:11 Penulis: Nurul Wahida
Arti Komitmen dalam Hubungan Asmara, Kenali Tanda-Tandanya Pada Pasanganmu
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Sebuah komitmen sangat penting dalam hubungan asmara. Apalagi dengan komitmen bisa jadi kunci sukses hubungan yang kalian jalani dengan seseorang. Lalu apa sebenarnya arti komitmen dalam hubungan asmara?

Arti komitmen dapat memiliki beberapa makna. Ada arti komitmen dalam hubungan keluarga, pertemanan, ataupun dengan pasangan. Sedangkan ada juga arti komitmen menurut KBBI yang terkait dengan keyakinan dan tindakan yang kita lakukan.

Adanya komitmen dalam hubungan dapat menentukan masa depan jalinan asmara dengan pasangan. Apalagi arti komitmen ini juga dapat menunjukkan keseriusan, janji dan kesetiaan seseorang dalam menjalani suatu hubungan.

Karena itulah di bawah ini akan diulas mengenai arti komitmen dalam hubungan asmara yang perlu kalian ketahui. Selain itu, ada juga tips menjaga komitmen dengan pasangan yang dapat dijadikan inspirasi buatmu. Langsung saja simak referensinya tentang arti komitmen dalam hubungan asmara telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti Komitmen Menurut KBBI

Beragam kata dapat mudah diketahui maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Salah satunya arti komitmen dalam KBBI juga mengandung makna yang mudah kalian pahami. Biasanya kata komitmen sendiri terkait dengan hubungan asmara mulai dari pacaran ataupun pernikahan. Sebelum tahu arti komitmen dalam hubungan asmara, tidak ada salahnya memahami arti komitmen menurut KBBI.

Melansir dari KBBI online, arti komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu. Arti komitmen juga disebut dengan kontrak serta tanggung jawab. Sejumlah tokoh juga menyebutkan arti komitmen berdasarkan pendapat mereka sendiri. Melansir dari merdeka.com, arti komitmen menurut Steers dan Porter adalah keadaan ketika seseorang menjadi terikat oleh tindakannya sehingga memicu keyakinan dalam diri yang menunjang aktivitas dan keterlibatannya.

Sedangkan Sri Kuntjoro menyebutkan arti komitmen yakni rasa keterlibatan, loyalitas, dan identifikasi yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasi. Dari arti komitmen tersebut tentunya kalian sudah memiliki gambaran makna komitmen sebenarnya yang dapat terkait dengan berbagai jenis hubungan tak hanya sekedar asmara.

2. Arti Komitmen dalam Hubungan Asmara

Komitmen menjadi salah satu kunci keberhasilan dalam hubungan. Tanpa komitmen sebuah hubungan bisa jadi memiliki arah yang kurang jelas serta tanpa tujuan pasti. Karena itulah sebelum memutuskan untuk menjalin satu hubungan dengan seseorang, pastikan terlebih dahulu kalian memiliki komitmen dengannya. Lalu apa sebenarnya arti komitmen dalam hubungan asmara?

Arti komitmen dalam hubungan asmara dapat bermakna menjalani hubungan ke arah yang jelas dan serius. Artinya komitmen memungkinkan kalian menjalin hubungan dengan pasangan dalam jangka waktu lama dan panjang. Adanya komitmen dalam hubungan asmara juga bisa membuat kalian memikirkan arah jelas di masa depan.

Jika masih dalam tahap pacaran, maka komitmen berarti kalian dan pasangan sudah memikirkan untuk tahap serius berupa pernikahan. Karena itulah, pentingnya komitmen dalam hubungan membantu kalian menentukan keberhasilan dan keharmonisan dalam hubungan jangka panjang. Itulah arti komitmen dalam hubungan asmara.

3. Tanda-Tanda Komitmen dalam Cinta

Setelah tahu arti komitmen menurut KBBI serta dalam hubungan asmara, ada beberapa tanda atau ciri-ciri ketika hubunganmu sudah memiliki komitmen. Tanda-tanda komitmen dalam cinta ini perlu kalian ketahui. Apalagi jika kalian masih dalam tahap pacaran, tentu perlu memahami apakah pasanganmu sudah benar-benar memiliki komitmen menjalin cinta denganmu. Langsung saja simak ulasannya tentang tanda-tanda komitmen dalam cinta.

- Menjalin hubungan serius dan mulai merencanakan masa depan dengan pasangan.

- Menemani pasangan di masa-masa sulit ataupun senang.

- Menunjukkan hubungan dengan pasangan di depan umum.

- Saling terbuka dan berbagi rahasia bersama.

- Menyempatkan waktu untuk menghabiskan waktu bersama.

- Saling mengontrol ego ketika menghadapi suatu konflik.

- Rela berkorban demi pasangan.

- Membuat pasangan bahagia.

- Bisa menyatukan perbedaan yang ada.

- Saling setia dan percaya.

4. Tips Menjaga Komitmen dalam Hubungan Asmara

Setelah tahu arti komitmen dalam hubungan asmara beserta tanda-tanda komitmen, ada tips menjaga komitmen dalam hubungan. Tips menjaga komitmen dalam hubungan tersebut bisa jadi inspirasi kalian. Langsung saja simak tips menjaga komitmen dalam hubungan asmara.

- Pertahankan rasa percaya dan setia dengan pasangan.

- Jalin komunikasi dengan baik.

- Berpikir ke depan dan singkirkan masa lalu yang dapat memicu rusaknya hubungan dengan pasangan.

- Tetapkan target dan tujuan dalam hubungan dengan pasangan.

- Kompromi ketika menghadapi suatu konflik dengan pasangan.

5. Cara Membangun Hubungan Sukses dengan Pasangan

Masih berkaitan dengan kunci sukses hubungan asmara, ada juga cara membangun hubungan sukses dengan pasangan yang perlu kalian ketahui. Tips membangun hubungan sukses ini bisa jadi inspirasi dan renungan agar bisa mendapatkan hubungan yang berkualitas. Berikut ulasannya tentang cara membangun hubungan sukses dengan pasangan.

- Buktikan cinta dalam suatu tindakan atau aksi tak sekedar ucapan semata.

- Ketahui batasan dalam menjalani hubungan dengan pasangan agar tetap awet dan harmonis.

- Tak perlu ragu untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf jika telah melakukan kesalahan pada pasangan.

- Memahami bahasa cinta pasangan kalian untuk menjaga hubungan tetap langgeng dan awet.

- Luangkan waktu bersama buat kenangan indah yang berkesan.

Nah itulah arti komitmen dalam hubungan asmara beserta tips menjaga hubungan tetap langgeng dan harmonis. Semoga ulasan di atas dapat membantumu memahami apa itu arti komitmen sebenarnya.

Sumber: merdeka.com, liputan6.com, alodokter.com

 

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI