Arti Daring dan Luring, Pahami Juga Makna Kata Populer Lainnya

Senin, 25 Oktober 2021 20:22
Arti Daring dan Luring, Pahami Juga Makna Kata Populer Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Daring jadi istilah yang cukup populer belakangan ini. Istilah daring belakangan ini kian populer selama pandemi virus corona covid-19. Kata daring muncul, seperti dalam penyebutan istilah sekolah daring. Ya secara umum, arti daring dipahami sebagai bentuk kependekan dari "dalam jaringan", atau dalam bahasa Inggris sepadan dengan istilah "online".

Meski saat ini tengah jadi kata populer, faktanya masih banyak orang yang tidak mengetahui arti daring. Padahal, istilah daring sebenarnya sudah ada sejak lama, bahkan jauh sebelum pandemi terjadi. Selain daring, ada pula istilah luring yang merupakan kebalikan dari daring.

Di samping, arti daring dan luring, masih ada kata-kata populer lain yang penting untuk diketahui artinya, agar tak ketinggalan zaman dan terhindar dari salah paham. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan tentang arti daring dan kata-kata populer lainnya.

1. Arti Daring

Daring memang sudah jadi istilah yang ada sejak lama. Namun sebelum adanya pandemi, penggunaan kata daring memang masih jarang. Orang-orang lebih sering menggunakan istilah online alih-alih daring. Padahal, arti daring dan online adalah sama. Keduanya bisa dipakai untuk menyebut aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan komputer dan telekomunikasi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti daring adalah akronim atau kependekan dari "dalam jaringan". Lebih lanjut, di KBBI juga disebutkan bahwa yang dimaksud jaringan dalam hal ini adalah jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Sehingga, daring dan online mempunyai arti dan makna yang sama, yaitu aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan komputer dan telekomunikasi.

 

2. Perbedaan Daring dan Luring

Tak jauh beda dengan istilah daring, istilah luring juga sudah ada sejak lama tapi terbilang jarang digunakan. Luring merupakan kebalikan dari daring. Luring terbentuk dari kata "luar" dan "jaringan". Dalam KBBI, arti luring berkebalikan dengan arti daring. Menurut KBBI, luring adalah luar jaringan dan terputus dari jaringan komputer dan internet.

Di situasi saat ini, istilah daring lantas lekat dengan kegiatan pertemuan jarak jauh seperti sekolah atau meeting, dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Pembelajaran daring dilakukan dengan mengadakan kelas secara virtual. Melalui bantuan aplikasi google meet dan zoom. Sementara, luring identik dengan kegiatan tatap muka yang dilakukan secara langsung.

 

3. Memahami Komunikasi Daring

Arti daring adalah dalam jaringan. Istilah ini dipakai untuk menjelaskan aktivitas yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Sebelum berlakunya pembelajaran daring, istilah daring lebih sering digunakan dalam ranah komunikasi.

Di lansir dari liputan6.com, komunikasi umumnya terjadi dalam dua ranah, yaitu ranah komputer dan telekomunikasi. Maka, proses pertukaran komunikasi ini yang kemudian dilakukan secara daring. Itulah sebabnya kemudian muncullah istilah komunikasi daring.

 

4. Arti Kata-Kata Populer Lainnya

Sebagaimana yang disinggung sebelumnya, selain arti daring dan luring, ada beberapa kata atau istilah populer yang juga perlu kita ketahui artinya. Tujuannya, selain agar tak ketinggalan zaman, tentu agar tak menghambat proses komunikasi. Berikut beberapa kata populer yang perlu di ketahui saat ini.

1) Baper: Kata ini merupakan singkatan dari 'bawa perasaan'.

2) Bucin: Kata ini adalah singkatan dari 'Budak Cinta'. Kondisi saat seseorang tergila-gila karena cinta.

3) Caper: Kata-kata ini singkatan 'Mencari Perhatian'.

4) Curcol: Kata ini memiliki singkatan dari 'Curhat Colongan'.

5) Damat: Kata-kata ini adalah singkatan dari 'bodo amat'.

6) FYI: For Your Information, biasa diucapkan ketika akan memberi sebuah informasi baru.

7) Gaje: Kata ini singkatan dari 'Gak Jelas'.

8) GWS: Kata ini memiliki singkatan dalam bahasa Inggris yakni 'Get Well Soon' atau yang artinya semoga lekas sembuh.

9) Halu: Kata ini singkatan dari halusinasi.

10) Japri: Kata ini memiliki arti, 'Jalur Pribadi' atau 'Jaringan Pribadi'.

11) Kuper: Kata ini singkatan dari 'Kurang Pergaulan'.

12) Komuk: Kata ini adalah istilah gaul dari 'Kondisi Muka'.

13) Lol: Kata ini akronim bahasa Inggris dari 'Laugh Out Loud' atau berarti tertawa terbahak-bahak.

14) Mager: Kata gaul ini singkatan dari 'Malas Gerak'.

15) Mantul: Kata ini singkatan dari 'Mantap Betul'.

16) Modus: Kata ini memiliki makna 'Modal Dusta', dan biasanya sebagai ungkapan orang yang punya niat terselubung.

17) OMG: Kata ini akronim bahasa Inggris yakni Oh My God atau yang berarti Ya Tuhan.

18) OTW: Kata ini akronim bahasa Inggris yaitu On The Way atau artinya dalam perjalanan.

19) Pansos: Kata ini istilah gaul, singkatan dari 'Panjat Sosial'.

20) PHP: Kata ini singkatan dari frasa 'pemberi harapan palsu'.

21) Savage: Kata ini dipakai ketika ada momen yang membuat tercengang, terutama momen 'pembalasan dendam'.

22) Typo: Kata ini memiliki arti saat kalian salah dalam mengetik.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti daring, luring, dan beberapa kata populer lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI