Arti Kompetensi Secara Umum dan Menurut Para Ahli, Beserta dengan Jenis dan Manfaatnya

Selasa, 22 Maret 2022 17:11 Penulis: Dhia Amira
Arti Kompetensi Secara Umum dan Menurut Para Ahli, Beserta dengan Jenis dan Manfaatnya
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Kompetensi merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seseorang saat ia terjun ke dunia kerja. Arti kompetensi sendiri adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu, baik kemampuan intelektual, fisik, soft skill ataupun hard skill. Kemampuan inilah yang penting dimiliki dalam menilai dan memilih seseorang untuk bekerja.

Dari arti kompetensi di atas, KLovers bisa mengetahui bahwa kompetensi merupakan sebuah kemampuan lebih yang dimiliki oleh seseorang. Selain mengetahui arti kompetensi, KLovers juga bisa mengetahui jenis dan manfaat dari sebuah kompetensi itu. Sehingga, KLovers yang sedang mencari arti kompetensi bisa membaca artikel berikut ini.

Nah, untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan arti kompetensi secara umum dan dari para ahli beserta dengan jenis serta manfaatnya.

 

 

1. Pengertian Kompetensi

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti kompetensi secara umum adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh seseorang dalam bidang tertentu, baik kemampuan intelektual, fisik, soft skill ataupun hard skill. Sedangkan apabila ditinjau dari segi etimologi arti kompetensi merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris "competency" yang memiliki arti kecakapan atau kemampuan (Echols dan Shadily, 1983:132).

Saat ini kompetensi dikelompokkan berdasarkan profesi dan keilmuan bidang tertentu, sehingga yang mengelola dan melakukan uji kompetensi bisa berupa pemerintah, lembaga atau bahkan organisasi-organisasi terkait. Ada banyak sekali perusahaan yang menuntut calon pegawai memiliki sertifikat kompetensi. Hal ini bukan tanpa alasan ya KLovers, dan memang perlu.

Memiliki sertifikat kompetensi berarti seseorang tersebut memiliki sebuah keahlian yang sudah teruji. Dan seseorang yang mampu memiliki sertifikat kompetensi, berarti mumpuni dalam sebuah bidang yang ia geluti. Hal ini tentu dapat menjadi sebuah keuntungan bagi sebuah perusahaan dalam mempertahankan seorang pekerja yang berkompetensi.

 

 

2. Pengertian Kompetensi Menurut Ahli

Tidak hanya mengetahui arti kompetensi secara umum saja, ada pula arti kompetensi menurut para ahli. Ya, arti kompetensi menurut ahli ini bisa memperluas kembali pengetahuan kalian tentang kompetensi. Dan berikut ini arti kompetensi menurut para ahli tersebut:

1. Wibowo

Arti kompetensi yang pertama yaitu ada arti kompetensi menurut Wibowo. Wibowo mendefinisikan kompetensi sebagai kemampuan untuk melaksanakan atau melakukan sebuah pekerjaan yang dilandaskan akan keterampilan berdasarkan tuntutan pekerjaannya.

2. Stephen Robbin

Arti kompetensi yang selanjutnya ada Stephen Robbin. Menurut Stephen Robbin, arti kompetensi sebagai suatu kemampuan atau keterampilan. Dapat disebut juga kapasitas seseorang dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diberikan. Dimana kemampuan diukur dengan 2 faktor, yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan fisik.

3. Poerwadarminta

Kemudian, arti kompetensi yang lainnya yaitu Poerwadarminta. Menurut Poerwadarminta adalah sesuatu kewenangan dalam menentukan sesuatu hal.

4. Suparno

Arti kompetensi menurut Suparno adalah sebuah kecakapan yang memadai dalam melakukan setiap tugas. Bisa juga disebutkan bahwa seseorang yang memiliki kemampuan dan kecakapan sesuai yang disyaratkan oleh pihak tertentu.

5. Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel

Menurut Van Looy, Van Dierdonck, dan Gemmel arti kompetensi merupakan karakteristik manusia yang memiliki keterkaitan erat dengan performa dan kualitas seseorang. Hal tersebut menyangkut keterampilan dalam bertindak serta dalam berperilaku.

6. Mitrani

Mitrani menjelaskan bahwa, arti kompetensi adalah suatu kepribadian yang mendalam serta melekat dan sudah ada dalam diri seseorang, sudah dapat diprediksi pada suatu keadaan serta tugas pekerjaan.

7. Sedarmayanti

Arti kompetensi menurut Sedarmayanti adalah sebagai sebuah karakteristik yang memiliki pengaruh secara langsung terhadap kualitas kinerja seseorang.

8. Mangkunegara

Dan arti kompetensi menurut Mangkunegara adalah sebuah faktor mendasar yang dimiliki oleh seseorang, dianggap memiliki kemampuan lebih dibandingkan dengan orang kebanyakan.

 

 

3. Jenis Kompetensi

Jenis kompetensi sendiri ada banyak loh KLovers, dan ada jenis kompetensi menurut 3 para ahli. Dan berikut ini jenis-jenis kompetensi yang bisa KLovers ketahui:

1. Jenis kompetensi yang pertama yaitu, ada jenis kompetensi menurut Charles E. Jhonson. Diketahui bahwa, kompetensi dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu;

- Personal Competency: yaitu kemampuan individu dalam hal-hal yang berhubungan dengan perkembangan kepribadian seseorang.

- Profesional Competency: yaitu kemampuan individu dalam hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan dan penyelesaian tugas-tugas tertentu dalam pekerjaan.

- Social Competency: kemampuan individu dalam hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan dan kepentingan sosial.

1. Kemudian jenis kompetensi yang kedua menurut Kunandar. Dalam bukunya (2007), Kunandar menyebutkan bahwa kompetensi dapat dibagi menjadi 5 jenis, yaitu:

- Kompetensi Intelektual: yaitu perangkat pengetahuan yang dimiliki individu yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaannya.

- Kompetensi Fisik: yaitu kemampuan fisik individu yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas-tugas dalam pekerjaannya.

- Kompetensi Pribadi: yaitu perangkat perilaku yang berhubungan dengan kemampuan individu dalam memahami diri, mewujudkan diri, identitas diri, dan transformasi diri.

- Kompetensi Sosial: yaitu perangkat perilaku tertentu yang menjadi dasar pemahaman diri sebagai bagian dari lingkungan sosial.

- Kompetensi Spiritual: yaitu kemampuan individu dalam memahami, menghayati, serta mengamalkan kaidah-kaidah keagamaan.

3. Dan jenis kompetensi yang terakhir yaitu dari Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer. Disebutkan dalam buku Surya Dharma (2003), menurut Dean Lyle Spencer dan Matthew Lyle Spencer kompetensi dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

- Kompetensi Dasar (Threshold Competency): yaitu karakteristik utama yang harus dimiliki oleh seseorang agar dapat melakukan tugas-tugas dalam pekerjaannya. Misalnya kemampuan membaca, menulis, dan lain-lain.

- Kompetensi Pembeda (Differentiating Competency): yaitu berbagai faktor yang membedakan individu yang kinerjanya tinggi dengan individu yang kinerjanya rendah.

 

 

4. Manfaat Kompetensi

Dan yang terakhir yaitu, manfaat dari kompetensi. Ya, kompetensi sendiri memiliki banyak sekali manfaat. Dan berikut ini manfaat dari kompetensi yang bisa KLovers ketahui:

1. Prediktor atau penentu kesuksesan Sebuah kompetensi dapat menjadi acuan kesuksesan dalam berkarir terutama dalam bidang industri dan profesional. Hampir seluruh perusahaan dan lembaga telah menggunakan kompetensi sebagai alat ukur.

2. Memperjelas standar kerja dan harapan yang ingin dicapai oleh perusahaan.

3. Kompetensi individu dapat digunakan sebagai alat seleksi tenaga kerja yang potensial.

4. Kompetensi dapat memudahkan perusahaan dalam menyelaraskan perilaku kerja dengan nilai-nilai organisasi.

5. Sebagai salah satu acuan untuk merekrut karyawan atau pegawai yang sesuai dan handal dalam bidang terkait.

6. Sebagai dasar penilaian dalam melihat kinerja seorang pegawai atau karyawan.

7. Kecakapan tenaga kerja akan memaksimalkan produktivitas perusahaan.

8. Kecakapan atau kompetensi tenaga kerja dapat dijadikan dasar dalam mengembangkan sistem remunerasi.

9. Kompetensi dapat membantu perusahaan untuk dapat beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi.

Itulah arti kompetensi yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami. Bukan hanya arti kompetensi saja, namun juga jenis dari kompetensi dan juga manfaat kompetensi.

 

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI