Arti Konsisten: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Pentingnya Miliki Sikap Tersebut

Rabu, 16 Maret 2022 14:33 Penulis: Dhia Amira
Arti Konsisten: Pengertian, Ciri-Ciri Hingga Pentingnya Miliki Sikap Tersebut
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Konsisten memang menjadi salah satu kata ataupun sebuah perbuatan yang wajib dimiliki oleh seseorang. Ya, sikap konsisten ini bisa membawa sebuah keuntungan loh bagi banyak orang. Namun, apa sih arti konsisten itu? Ya, sebelum membahasnya secara lebih jauh, KLovers perlu tahu nih arti konsisten secara umum.

Selain mengetahui arti konsisten, KLovers juga bisa mengetahui pentingnya konsisten, ciri-ciri konsisten orang yang konsisten, dan apa saja keuntungan memiliki sikap tersebut. Sehingga, KLovers bisa lebih memahami lagi, bagaimana sih cara yang tepat agar memiliki sikap yang konsisten.

Nah, berikut ini dilansir dari berbagai sumber, inilah arti konsisten secara umum, beserta dengan pentingnya konsisten, ciri-ciri orang konsisten, hingga keuntungan memiliki sikap konsisten. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Konsisten

Dalam penjelasan yang pertama ada arti konsisten. Ya, konsisten adalah istilah dalam bahasa Latin consistentem yang berarti berdiri diam. Menurut KBBI, konsisten adalah tetap, tidak berubah-ubah, taat asas, atau ajek. Selain itu, arti konsisten juga berarti selaras atau sesuai.

Menurut Cambridge Dictonary mendefinisikan bahwa, konsisten sebagai sifat yang selalu berperilaku atau terjadi dengan cara yang serupa. Kemudian menurut Kamus Merriam Webster, konsisten ditandai oleh harmoni, keteraturan, atau kontinuitas yang mantap.

Sementara Lexico mendefinisikan bahwa, konsisten sebagai tindakan atau sesuatu yang dilakukan dengan cara yang sama dari waktu ke waktu, terutama agar adil atau akurat. Konsisten digambarkan sebagai sesuatu yang dilakukan dengan cara yang sama untuk waktu yang lama. Ketika sesuatu terjadi lagi dan lagi, itu terjadi secara konsisten.

 

2. Pentingnya Konsisten

Selain mengetahui arti konsisten, kalian juga perlu mengetahui pentingnya konsisten. Ya, dengan melakukan konsisten kita dapat menjalankan kegiatan dengan lancar dan tanpa hambatan. Berikut ini pentingnya konsisten yang bisa KLovers ketahui dan juga pahami:

1. Menciptakan akuntabilitas

2. Mengembangkan disiplin dan pengendalian diri

3. Membangun tingkat kepercayaan yang lebih tinggi

4. Peningkatan atau pengembangan

5. Menciptakan akuntabilitas

6. Lebih menonjol atau diperhatikan

 

3. Ciri-Ciri Orang Konsisten

Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana sih ciri-ciri dari orang yang konsisten? Ya, kalian perlu mengetahui apakah orang tersebut memiliki ciri-ciri sebagai orang konsisten. Dengan begitu, kalian juga bisa mempelajari bagaimana seseorang tersebut dalam melakukan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Kalau begitu, berikut ini ciri-ciri orang konsisten yang bisa KLovers ketahui tersebut:

1. Tidak Mudah Mengubah Keputusan

Ciri yang pertama yaitu, seseorang yang konsisten tidak akan mudah mengubah keputusan yang telah dibuatnya. Apalagi bila orang lain berusaha mengubah keputusan tersebut.

2. Bekerja dengan Hati-Hati

Ciri yang kedua yaitu, orang yang konsisten umumnya berhati-hati dan berkomitmen dalam melakukan keputusannya. Meskipun sering dianggap lambat berkembang, mereka tetap melakukan keputusannya secara terus-menerus dan tidak berubah.

3. Pantang Menyerah

Sikap konsistensi seseorang terlihat ketika ia menghadapi masalah. Mereka akan tetap melakukan keputusannya meskipun banyak tantangan dalam pelaksanaannya.

4. Memiliki pendirian teguh

Orang lain akan sulit untuk mengubah pendirian seseorang yang dikenal konsisten dengan keputusannya. Hal tersebut karena pengambilan keputusan yang dilakukannya telah melalui berbagai pertimbangan.

5. Tidak Mengingkari Ucapan

Ciri umum lainnya pada orang yang konsisten yaitu, sikap integritas merupakan sesuatu yang sangat berharga sehingga apa yang mereka ucapkan akan sesuai dengan apa yang lakukan.

6. Dapat Diandalkan

Dan ciri yang terakhir yaitu, mereka yang konsisten punya integritas dan dapat dipercaya sehingga dapat diandalkan oleh orang-orang di sekitarnya.

 

4. Keuntungan Konsisten

Dan penjelasan arti konsisten yang terakhir yaitu ada keuntungan dengan memiliki sikap konsisten. Ya, memiliki sikap konsisten memang cukup sulit, namun ada keuntungan yang bisa KLovers rasakan dalam sikap konsisten tersebut. Dan berikut ini keuntungan dari sikap konsisten tersebut:

1. Dengan sikap konsisten, orang tahu apa yang diharapkan dari diri kalian.

2. Kalian yang memiliki sikap konsisten memberikan hasil berkualitas tinggi.

3. Kalian yang memiliki sikap konsisten juga efisien dan memiliki hasil yang lebih baik.

4. Kalian yang memiliki sikap konsisten dapat mengukur kesuksesan dan kemajuan dengan lebih mudah.

5. Kalian yang memiliki sikap konsisten juga mengidentifikasi area peningkatan lebih cepat.

6. Dan kalian yang memiliki sikap konsisten lebih berhasil dalam mencapai tujuan.

Itulah arti konsisten yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya mengetahui arti konsisten saja, namun juga mengetahui pentingnya konsisten, ciri-ciri orang konsisten, hingga keuntungan memiliki sikap konsisten.

 

(kpl/gen/dhm)



MORE STORIES




REKOMENDASI