Arti Outfit dan Istilah Fashion Lainnya, Ketahui Juga Kosakata Gaul yang Sering Muncul di Medsos

Selasa, 06 Desember 2022 20:22
Arti Outfit dan Istilah Fashion Lainnya, Ketahui Juga Kosakata Gaul yang Sering Muncul di Medsos
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Media sosial menjadi fenomena sekaligus trend besar di kalangan anak muda. Banyak pengaruh yang dibawa media sosial di kehidupan anak muda masa kini, salah satunya adalah pemakaian bahasa gaul yang unik dan kreatif. Terbukti, ada banyak kata gaul populer di media sosial. Outfit adalah salah satunya. Lantas, apa arti outfit yang sebenarnya?

Meski sudah cukup populer di medsos, nyatanya masih banyak orang yang tidak tahu arti outfit. Padahal kata outfit sangat sering muncul di postingan media sosial seperti instagram atau twitter. Seringnya, kata ini dipakai bersamaan potret diri seseorang yang sedang menunjukkan gaya penampilannya. Jadi, apa itu outfit?

Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, langsung saja simak ulasan penjelasan tentang arti outfit berikut ini.

 

1. Arti Outfit

Kata outfit yang belakangan sering dipakai di media sosial, ternyata merupakan kosakata bahasa Inggris. Sehingga, cara paling mendasar untuk mengetahui arti outfit adalah dengan mengecek terjemahannya di kamus.

Dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.org, arti outfit diartikan sebagai "a set of clothes worn for a particular occasion or activity". Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih arti outfit menjadi 'satu set pakaian yang dikenakan untuk acara atau kegiatan tertentu'.

Maka dari tak heran jika di media sosial, kata outfit sering kali muncul dalam bahasan tentang fashion atau penampilan. Namun perlu dipahami, berdasarkan penjelasan arti outfit di kamus tersebut, bahwa kata outfit tak saja merujuk pada satu jenis pakaian saja. Outfit merupakan keseluruhan penampilan seseorang dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Selain itu dalam keseharian, pengertian outfit juga dimaknai dengan gaya berpakaian seseorang dalam situasi tertentu. Sehingga, sering kali muncul berbagai istilah outfit berdasarkan situasinya. Misalkan saja "outfit kuliah" untuk menyebut gaya penampilan saat kuliah, "outfit kondangan" untuk menyebut gaya penampilan saat pergi ke acara kondangan, dan lain sebagainya.

Di samping itu, di media sosial juga muncul OOTD atau singkatan "outfit of the day" yaitu istilah yang dipakai untuk menyebut gaya penampilan hari ini.

 

2. Outfit

Dalam dunia fashion, sebenarnya ada banyak istilah khusus yang dipergunakan selain arti outif. Meski tak sepopuler outfit, istilah-istilah tersebut tetap dipakai oleh kalangan tertentu khususnya yang memang menaruh minat pada dunia fashion. Jadi jika kalian tertarik untuk mendalami fashion, maka tak ada salahnya untuk tahu arti dari setiap istilah tersebut.

1. Casual: gaya berpakaian santai dan nyaman, biasa dikenakan untuk aktivitas sehari-hari.

2. Chic: berasal dari kata chique (bahasa Prancis) artinya gaya berpakaian yang terkesan modern tanpa harus mengikuti apa yang sedang menjadi tren.

3. Classy: gaya berpenampilan elegan dan berkelas. Tak mesti harus menggunakan barang brand terkenal. Walaupun kenyataannya memang kerap dikaitkan dengan barang branded.

4. Edgy: gaya berpenampilan yang mempunyai kesan unik, berani, dan "galak". Biasanya menggunakan perpaduan warna hitam dan merah.

5. Layering: gaya berpenampilan dengan menerapkan beberapa lapisan pakaian, misalnya mengenakan kaos kemudian hoodie, lalu ditutup lagi dengan outer atau jaket.

6. Monochrome: gaya berpenampilan dengan perpaduan warna yang masih satu tone, misalnya hitam, abu-abu, dan putih.?

7. Outer: merupakan sebutan untuk pakaian luaran untuk membuat penampilan lebih fashionable. Misalnya rompi, jaket, blazer, dan sebagainya.

8. Oversized: gaya berpenampilan dengan mengenakan pakaian yang ukurannya lebih besar dari seharusnya. Sehingga terkesan longgar dan tidak pas di badan.

9. Retro: singkatan dari retrospektif yaitu gaya penampilan yang diwujudkan dengan memodifikasi gaya yang sekarang dengan dipadukan atau terinspirasi gaya-gaya zaman dulu.

10. Streetwear: gaya penampilan yang nyaman dipergunakan jalanan tapi juga tetap cocok untuk dipakai saat jalan-jalan atau bersantai.

11. Vintage: gaya berpenampilan yang terinspirasi mode pakaian di tahun 20-an sampai 60-an.

 

3. Kosakata Gaul di Medsos Lainnya

Belakangan memang muncul banyak istilah gaul di media sosial. Tak saja yang berhubungan dengan fashion atau penampilan, ada pula kosakata gaul yang lebih umum digunakan di berbagai situasi. Sama seperti arti outfit, beberapa kata gaul tersebut juga berasal dari kosakata bahasa Inggris yang akhirnya berhasil populer.

Berikut beberapa kosakata gaul dan populer di media sosial, selain kata outfit.

1. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I'm Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti 'koreksi jika saya salah'.

2. Disclaimer: istilah yang digunakan sebagai peringatan.

3. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

4. OOT: Out of Topic, sesuatu yang di luar topik utama yang ada di cuitan atau base.

5. OOTD: Adalah singkatan dari Outfit of The Day. Kata ini biasa digunakan dalam caption media sosial untuk unggahan foto satu badan penuh menjelaskan apa paduan pakaian yang digunakan hari ini.

6. Spill: kependekan dari spill the tea untuk mengungkap sesuatu yang belum diketahui banyak orang.

7. PAP: PAP adalah singkatan gaul yang kepanjangannya adalah Post a Picture.

8. TGIF: singkatan dari Thanks God it's Friday, artinya semangat menuju akhir pekan.

Itulah di antaranya penjelasan tentang arti outfit dan beberapa istilah lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI