Arti Rasional Secara Umum Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Contoh, Simak Penjelasannya

Selasa, 06 Desember 2022 20:44
Arti Rasional Secara Umum Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Contoh, Simak Penjelasannya
Arti Rasional (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Kata rasional punya ruang lingkup yang cukup luas. Ada rasionalitas kepentingan pribadi dan rasionalitas tujuan saat ini yang mana punya makna berbeda. Sudah tahukah kalian apa arti rasional?

Arti rasional sudah sangat umum digunakan oleh banyak orang. Penggunaan kata rasional ini bisa mendeskripsikan tentang tindakan seseorang, cara berpikir seseorang, ataupun ide-ide tertentu. Di antara banyaknya arti rasional tersebut, pada dasarnya makna dari rasional adalah bisa diterima oleh akal dan dipertanggung jawabkan.

Misalnya saja pola pikir, ide, atau sesuatu yang benar-benar didasarkan pada logika sehat sehingga dapat diterima oleh akal manusia. Sebut saja seperti ketika haus maka akan minum. Selain itu, kebalikan dari arti rasional adalah sesuatu yang irasional.

Arti irasional tersebut menjadi sesuatu yang tidak sesuai akal dan logika. Sementara itu, ada sejumlah cara membentuk pemikiran yang rasional. Misalnya saja mencoba berpikir dengan mencari jawaban apa yang bisa dilakukan, pertanyaan tentang ya atau tidak? Serta apakah rencana tersebut akan berhasil dengan mempertimbangkan sebab akibat, dampak dan lain sebagainya.

Tidak berhenti di situ saja, karena ada beberapa hal lain bisa membentuk pemikiran rasional yang pada dasarnya selalu melakukan sesuatu berdasarkan rencana matang. Lalu apa arti rasional? Untuk tahu penjelasan arti rasional, yuk cek di sini.

 

1. Arti Rasional Secara Umum

Mendengar kata rasional tentunya bukan hal baru lagi. Karena, arti rasional termasuk kata populer yang kerap digunakan untuk menunjukkan suatu kondisi tertentu berkaitan dengan sikap dan pemikiran manusia. Lalu apa arti rasional?

Arti rasional secara umum dapat dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang memiliki beberapa makna. Pertama, arti rasional adalah menurut pikiran dan pertimbangan logis. Kedua, arti rasional dapat dikatakan juga sebagai pikiran yang sehat. Ketiga, arti rasional bermakna cocok dengan akal.

Apabila disimpulkan, maka arti rasional secara umum adalah suatu pemikiran berdasarkan logika serta nalar manusia. Artinya, pemikiran tersebut dapat melahirkan tindakan yang bisa diterima oleh akal manusia. Karena landasannya adalah logika yang sehat sehingga mampu menunjukkan suatu sikap atau pikiran, ide yang cocok dengan nalar dan akal.

Sebut saja seperti sesuatu hal yang didasarkan pada sesuatu yang nyata, benar, salah dan intinya dapat diterima oleh akal. Maka muncul juga apa yang dinamakan dengan irasional. Berbeda dari arti rasional, makna irasional kebalikan dari kata tersebut. Artinya adalah tidak sesuai dengan akal sehat, tidak masuk akal, atau tidak bisa diterima nalar. Itulah penjelasan arti rasional secara umum yang perlu diketahui.

 

2. Arti Rasional Menurut Pendapat Tokoh

Sejumlah tokoh ternama juga memberikan pendapat mereka terkait arti rasional. Lalu siapa saja tokoh terkenal yang juga mendefinisikan tentang arti rasional? Untuk tahu penjelasannya dapat kalian simak sebagai berikut.

1. John Dewey

Arti rasional menurut John Dewey adalah sesuatu yang dikatakan rasional apabila sebuah ide diuraikan dalam larutan rasional melalui pembentukan implikasi mengumpulkan dan memperkuat bukti lalu menyimpulkannya melalui kesaksian ataupun percobaan.

2. Max Weber

Sedangkan menurut Max Weber, arti rasional ada dua. Pertama arti rasionalitas tujuan yakni membuat seseorang baik individu ataupun kelompok yang bertindak dengan mengutamakan tujuan, cara mewujudkannya, hingga akibat-akibatnya. Sifat dari rasionalitas tujuan adalah formal lantaran fokusnya pada tujuan dan tidak mempertimbangkan nilai. Kedua, arti rasionalitas nilai yakni memperhitungkan nilai-nilai atau etika untuk mencapai tujuan tertentu. Pada dasarnya, rasionalitas ini menjadi kesadaran nilai etis, religius, serta nilai estetika.

 

3. Ciri-Ciri Rasional

Ada beberapa ciri dari rasional terutama berkaitan dengan pola pikir manusia. Adapun ciri-ciri rasional dapat kalian simak dalam ulasan di bawah ini. Dengan memahami apa saja ciri-ciri rasional dapat membantumu tahu bagaimana langkah untuk bisa membentuk pola pikir rasional. Cek di sini apa saja ciri-ciri rasional.

- Berpikir dan bertindak berdasarkan pada alasan yang logis.

- Pribadi yang terencana dalam setiap hal yang dilakukan.

- Memikirkan masa depan lebih dari masa lalu.

- Memastikan sesuatu berdasarkan sebab dan akibat.

- Kemudahan memperoleh informasi.

- Penilaian bukan didasarkan pada emosi sesaat hingga bisa membutakan nilai.

Itulah beberapa ciri-ciri dari pemikiran rasional. Sehingga dapat menambah informasi kalian tentang apa arti rasional beserta ciri-cirinya.

 

4. Contoh Sikap Rasional

Selain arti rasional, ciri-cirinya, penting juga memahami contoh rasional. Untuk tahu apa saja contoh-contoh rasional dapat kalian simak dalam ulasan di bawah ini. Cek contoh rasional yang ternyata sangat beragam bahkan sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Sikap Rasional:

- Untuk menjadi pintar maka seseorang harus belajar.

- Untuk mendapatkan uang maka seseorang harus bekerja.

- Tidak membeli pakaian ketika masih punya pakaian yang layak dan bagus.

- Seseorang cenderung memilih makanan enak dibandingkan yang kurang enak.

- Untuk melindungi kaki, seseorang memakai sepatu ataupun sandal.

Itulah penjelasan tentang arti rasional yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami pengertian rasional, ciri-ciri, dan contohnya.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI