Arti PO dalam Dunia Bisnis Online, Pahami Makna dan Fungsinya

Selasa, 02 November 2021 17:22 Penulis: Nurul Wahida
Arti PO dalam Dunia Bisnis Online, Pahami Makna dan Fungsinya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Dunia bisnis online kini semakin diminati masyarakat. Kemudahan transaksi secara online menjadi salah satu faktor banyaknya pebisnis mulai merambah dunia online. Beragam istilah dalam dunia bisnis online juga mulai terbentuk salah satunya PO. Arti PO dapat berasal dari beberapa singkatan dalam dunia bisnis online.

Istilah yang muncul dalam dunia bisnis online merupakan dampak dari banyaknya para pebisnis mulai menjalankan aktivitas penjualan melalui marketplace. Apalagi kini, ada sejumlah marketplace menyediakan layanan dan fitur lengkap untuk buka bisnis online. Sedangkan kemudahan transaksi bisnis online tak hanya menguntungkan penjual melainkan juga pembeli.

Terlepas dari pembahasan tentang dunia bisnis online, saat ini cukup banyak istilah populer dalam bisnis online. Salah satunya PO yang kerap kalian temui dalam dunia bisnis online. Arti PO mengandung banyak makna. Arti PO sendiri adalah singkatan yang diambil dari bahasa Inggris.

Untuk tahu lebih lanjut tentang arti PO, berikut ini ulasan lengkapnya yang perlu kalian ketahui. Langsung saja simak referensi tentang arti PO telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Arti PO dalam Dunia Bisnis Online

Ada beragam istilah populer dalam dunia bisnis online yang kerap kita temui. Salah satunya PO yang merupakan bahasa dalam dunia bisnis. Buat yang belum tahu arti PO tentu akan dibuat bingung dengan makna sebenarnya. Namun arti PO sendiri diambil dari singkatan bahasa Inggris.

Arti PO sebenarnya adalah singkatan dari Pre-Order. Ada juga yang menyebut arti PO bisa bermakna Purchase Order. Sedangkan istilah lain juga menyebutkan bahwa arti PO yakni Pay Out. Berbagai arti PO tersebut memang berkaitan dengan dunia bisnis online yang kini makin populer. Biasanya kata PO disebutkan dalam syarat penjualan atau pembelian barang. Misalnya saja Open PO untuk baju kebaya. Jika arti PO tersebut adalah Pre-Order, maka maksud dari Open PO yakni memesan dan membayar barang lebih dahulu.

Arti PO tersebut secara singkatnya yakni barang akan diproduksi ketika sudah memenuhi target atau tenggat waktu. Sedangkan arti PO untuk istilah lainnya dalam dunia bisnis online juga memiliki makna dan fungsi yang berbeda pula. Itulah sekilas arti PO dalam dunia bisnis online.

2. Arti PO (Pre-Order)

Setelah tahu arti PO dalam dunia bisnis online yang mengandung banyak makna serta singkatan. Kali ini akan dibahas tentang arti PO yakni singkatan dari Pre-Order. Arti PO jika itu adalah Pre-Order maka mengandung makna yang biasanya ditetapkan oleh penjual.

Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti PO jika Pre-Order berarti pembeli harus memesan atau membayar terlebih dahulu. Di mana barang yang ingin dibeli pembeli terbilang akan diproduksi pada saat ada pemesanan saja. Istilah singkatnya tentang arti PO bermakna juga memesan atau membeli barang yang belum diproduksi atau tidak ada stok.

Biasanya penjual menerapkan Open Pre-Order ketika sudah mencapai target pemesanan yang diinginkan. Begitu juga bisa berkaitan dengan waktu untuk produksi barang sampai ready (siap). Itulah arti PO yang merupakan singkatan Pre-Order.

3. Arti PO (Purchase Order)

Selain arti PO singkatan dari Pre-Order, ada juga arti PO yakni Purchase Order. Sesuai dengan arti PO dari singkatan tersebut maka maknanya yakni bukti pemesanan barang atau dokumen tentang keterangan barang yang dipesan atau dibeli pembeli.

Arti PO jika itu singkatan dari Purchase Order juga bisa dibilang seperti dokumen resmi atau catatan resmi pembelian barang yang telah dibeli pembeli. Beberapa catatan penting dalam Puchase Order tersebut yakni seperti penjelasan detail barang yang dibeli (harga, jenis, jumlah barang, alamat pengirim, diskon, dan seterusnya). Arti PO singkatan dari Purchase Order tersebut dibuat oleh penjual yang biasanya tertera dalam produk pembelian barang secara online.

4. Arti PO (Pay-Out)

Setelah tahu arti PO singkatan dari Pre-Order dan Purchase Order, maka arti PO berikutnya yakni Pay-Out. Sesuai dengan singkatan PO (Pay-Out) maka arti PO tersebut berkaitan dengan pembayaran dari marketplace. Sebenarnya istilah Pay-Out (PO) tersebut cukup terasa asing dalam dunia bisnis.

Arti PO singkatan dari Pay-Out dalam dunia bisnis online dapat juga bermakna pencairan uang dari marketplace. Pasalnya jika penjual menawarkan barang melalui marketplace, maka uang dari produk yang dijual tidak secara langsung akan diterima penjual. Melainkan uang tersebut akan dikumpulkan terlebih dahulu di marketplace yang kalian pilih untuk menjual barang. Nah jika sudah terkumpul, nantinya penjual bisa mencairkan uang tersebut dari hasil penjualan barang melalui marketplace.

5. Istilah Populer dalam Dunia Bisnis Online

Arti PO dalam dunia bisnis online memang bermacam-macam, sedangkan ada juga bahasa populer di dunia bisnis online. Nah, berikut ini istilah populer dalam dunia bisnis online yang perlu kalian ketahui serta pahami.

1. COD: Cash On Delivery

2. Testi: Testimoni

3. Ready Stock: Produk Tersedia atau Tidak

4. DM: Direct Message

5. PM: Private Message

6. PCB: Pantau Cocok Bayar

7. DP: Down Payment

8. WTS: Want to Sell

9. Net: Tidak Bisa Ditawar

10. Preloved: Produk Tidak Baru

11. Nego: Negoisasi

12. Ongkir: Ongkos Kirim

13. Sold Out: Terjual

Itulah beberapa arti PO dalam dunia bisnis online yang kerap kalian temui. Sehingga dengan memahami arti PO baik itu Pre-Order, Purchase Order, ataupun Pay-Out tentu bikin kalian paham akan fungsi dan makna sebenarnya dari bahasa populer dalam dunia bisnis online.

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI