Arti Poke, AFK, Farming, dan Istilah Lain yang Perlu Pemain Ketahui dalam Mobile Legends

Rabu, 19 Januari 2022 11:44
Arti Poke, AFK, Farming, dan Istilah Lain yang Perlu Pemain Ketahui dalam Mobile Legends
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - ML atau Mobile Legends merupakan game yang cukup banyak dimainkan. Game ini dimainkan dengan tim yang sama-sama berjuang untuk menghancurkan ketahanan musuh. Melalui komunikasi yang dilakukan dalam tim, muncul istilah khas Mobile Legend, salah satunya adalah poke.

Arti poke mungkin sudah tak jadi masalah bagi kalian yang memang sering memainkannya. Namun, arti poke belum tentu diketahui semua pemain. Oleh karena itu, tak ada salahnya bagi kalian yang newbie untuk menyimak informasi berikut ini.

Selain arti poke, kalian pun perlu mengetahui istilah lain yang juga cukup sering digunakan. Istilah tersebut antara lain, AFK, Farming, dan lain sebagainya.

1. Arti Poke (Poin Kecil)

Arti poke atau poin kecil dalam konteks ini merujuk pada jumlah poin yang dimiliki para player di rank Mythic. Karena jumlahnya poin yang sedikit, para pemain tersebut disebut sebagai poke atau poin kecil.

Istilah ini biasanya dipakai untuk merendahkan pemain yang baru mencapai Mythic V. Pemain tersebut dianggap kurang jago oleh para pemain lain yang berada di Mythic lebih tinggi. Asal istilah ini pun tak diketahui secara pasti. Namun biasanya, muncul istilah semacam ini diawali oleh pro player atau Youtuber yang kemudian diikuti oleh pemain lain.

Oleh karena itu, penting bagi kalian untuk mengetahui arti poke dalam bermain. Jangan sampai kalian terus disebut poke berulang kali, tapi tak menyadari arti dari istilah tersebut.

2. Arti Poke Hero Mobile Legends

Berbeda dengan penjelasan sebelumnya, arti poke dalam konteks ini berkaitan dengan spesialisasi hero. Hero dengan spesialis poke bisa menghasilkan tekanan yang cukup besar dari kejauhan. Hero tersebut juga hanya perlu waktu yang singkat untuk cooling down.

Dengan begitu, ia dapat mencolek (poke) atau menyerang lawan secara terus-menerus untuk mengurangi HP-nya. Contoh hero dengan spesialis poke dalam Mobile Legends adalah Nana dan Uranus.

3. Istilah Lain dalam Mobile Legends

Tak hanya arti poke, kalian juga perlu mengetahui istilah lain dalam permainan Mobile Legends. Berikut ini terdapat daftar istilah dan penjelasan yang sering digunakan dalam permainan.

1. Out Play

Out Play merupakan istilah untuk menyebut pemain atau tim yang bermain di atas ekspektasi. Mulai dari mekanik atau membuat lawan kesulitan bermain dengan micro skill tim tersebut. Tim tersebut mampu membuat lawan nggak berdaya dari segi skill atau mindgamesnya. Jadi, game ini memungkinkan tim bisa lebih unggul dari lawan dalam segi mekanik maupun micro skill.

2. TB

TB bisa diartikan sebagai Tahan Badan. Istilah ini sering digunakan pemain dengan role lain dalam berkomunikasi dengan tank untuk melindungi pemain lain dari serangan musuh. Biasanya, jungler minta ke pemain lain dengan cara mengatakan, "Eh TBin dong".

3. AFK (Away from Keyboard)

Tak hanya Mobile Legends, istilah AFK atau away from keyboard juga kerap digunakan dalam game online lain. Sepertinya namanya, AFK berarti pemain sedang meninggalkan permainan untuk sementara. Pemain tersebut terpaksa harus meninggalkan keyboard dan akan segera kembali secepatnya.

Bisa dibilang ini mirip dengan pause, tapi karena di game ini tak ada istilah pause, jadi permainan akan terus berlanjut meski kalian harus pergi.

4. CD (Cool Down)

CD adalah singkatan dari coll down. Istilah ini perlu diketahui para pemain, terutama yang masih baru. Saat CD, berarti kalian harus menunggu beberapa saat hingga skill bisa kembali digunakan.

Mobile Legends memang menyediakan berbagai karakter dengan skill yang unik. Namun, kalian tak bisa menggunakan skill ini secara terus menerus karena ada batasan tertentu. Ketika skill habis, kalian perlu berhenti sejenak untuk CD.

5. Mabar (Main Bareng)

Mabar menjadi istilah yang cukup akrab dengan para pemain game online. Tak hanya Mobile Legends, game online yang lain pun bisa dipakai untuk main bareng beberapa orang.

Oleh karena itu, saat ada teman yang berkata "Mabar, yuk?" kalian tak perlu bingung. Itu berarti kalian sedang diajak untuk membuat tim bersama dalam permainan.

6. Farming

Farming berasal dari kata farm. Hal ini memang identik dengan sebuah kegiatan yang berhubungan dengan pertanian. Namun, istilah farming dalam Mobile Legends merujuk pada kegiatan untuk mencari gold (emas). Kalian bisa melakukan ini di jungle atau saat menculik musuh yang melakukan kesalahan.

7. Pushing

Pushing adalah istilah dalam gim Mobile Legends dan MOBA pada umumnya yang mengacu pada cara bermain dalam menghancurkan benteng akhir musuh. Di Mobile Legends, istilah ini mengacu juga pada aktivitas mendorong agro minion di lane.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti poke beserta istilah lain yang kerap muncul dalam permainan Mobile Legends.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI