Arti Posesif Sebenarnya Terhadap Pasangan, Beserta Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya dengan Tepat

Rabu, 27 Oktober 2021 20:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Posesif Sebenarnya Terhadap Pasangan, Beserta Ciri-Ciri dan Cara Mengatasinya dengan Tepat
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Kalian pasti mengetahui kata posesif yang begitu sering didengar apalagi bagi mereka yang sedang menjalankan sebuah hubungan. Namun apa sih arti posesif sebenarnya? Apakah kata posesif bisa digunakan dalam berbagai keadaan selain dalam kehidupan cinta.

Posesif sendiri merupakan sebuah sikap yang dialami oleh seseorang, dan diketahui bahwa posesif sendiri memiliki ciri-cirinya. Bila sudah parah, maka sikap posesif ini juga bisa menjadi sebuah penyakit loh KLovers. Apalagi bila sudah di luar batas.

Nah, bagi kalian yang penasaran apa sih arti posesif? Dan bagaimana ciri-ciri seseorang yang sedang posesif? Maka berikut ini penjelasan arti posesif, beserta dengan cara mengatasinya dengan tepat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Arti Posesif Adalah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), posesif adalah sifat yang membuat seseorang merasa menjadi pemilik. Atau bisa juga memiliki arti bahwa, posesif merupakan sebuah sikap atau rasa cemburu kelewat batas yang dibumbui dengan rasa insecure berlebihan.

Dalam istilah lain, posesif disebut juga sebagai controlling behaviour atau perilaku suka mengatur berlebihan. Perilaku posesif seringkali disebut sebagai cara menunjukkan rasa sayang atau peduli terhadap pasangan, namun hal itu tidaklah benar. Perilaku posesif bukanlah berakar dari rasa sayang, melainkan dari rasa takut dan rendahnya kepercayaan diri.

Sifat posesif mencerminkan harga diri yang terluka dan rasa rendah diri. Ini adalah emosi yang sangat berbahaya, terutama dalam hubungan. Sebab jika tidak dikendalikan, sifat ini pada akhirnya hanya akan membawa kerusakan pada sebuah hubungan asmara. Itulah mengapa, mereka yang memiliki sikap posesif harus segera dihentikan, atau bisa menjadi sebuah penyakit dalam diri.

2. Ciri-Ciri Seseorang Posesif

Ternyata mereka yang memiliki sikap posesif juga punya ciri-ciri, dan ciri-ciri ini harus kalian pahami. Apakah kalian atau pasangan kalian memiliki ciri-ciri yang akan disebutkan. Selain mengetahui arti posesif kalian juga perlu mengetahui ini. Berikut beberapa ciri-ciri seseorang yang posesif:

1. Cemburu berlebihan walaupun dengan hal-hal kecil. Misalnya saja kalian jalan bersama dengan teman, maka mereka akan cemburu walaupun teman tersebut sesama jenis. Mereka ingin selalu diperhatikan dan takut kehilangan.

2. Selalu mengontrol kalian dalam keadaan apapun. Misalnya saja harus selalu memberitahu pergi ke mana saja, walaupun bersama keluarga. Ini hal yang sangat berlebihan ya KLovers.

3. Kemudian akan selalu mengancam. Ini ciri yang sangat ekstrim ya KLovers, ia akan mengancam dengan hal-hal yang berbahaya seperti akan mengikuti kalian pergi dan ingin melakukan bunuh diri. Bila sudah sampai batas ini, maka gaya pacaran yang kalian miliki memang tidak sehat.

4. Emosi tidak stabil. Bila seseorang yang memiliki rasa cemburu yang berlebihan maka emosi yang mereka alami tidak stabil. Mereka akan melakukan apapun, seperti membanting barang, berteriak, dan masih banyak lagi.

 

3. Cara Mengatasi Hubungan yang Penuh Sikap Posesif

Bagaimana bila kalian berada dalam situasi hubungan yang tidak sehat karena pasangan kalian terlalu posesif? Tentu harus ada jalan keluar yang perlu kalian lakukan, dan berikut ini cara mengatasi posesif dalam hubungan yang kalian alami:

1. Bicarakan baik-baik. Pertama kalian bisa bicarakan ini secara baik-baik. Kalau hubungan ini terus seperti ini maka tidak akan ada masa depan untuk kalian.

2. Buat keputusan. Ya, hal utama yang perlu dilakukan adalah membuat keputusan. Apakah hubungan ini harus dilanjutkan, atau break sementara dan introspeksi pada diri sendiri, atau tidak dilanjutkan sama sekali. Semua tergantung dari kalian agar, dan demi kebaikan kalian. Jangan menghilang tanpa alasan ya KLovers, karena ini sama saja kalian juga berbuat jahat.

3. Kenali satu sama lain. Bila kalian masih saling sayang dan ingin melanjutkan kehidupan bersama, maka kalian bisa kenal satu sama lain dengan baik, temukan sisi masing-masing agar hubungan kalian membaik.

4. Jangan mencoba mengubah pasangan. Saat setuju untuk memulai komitmen, kalian pasti tahu siapa pasangan kalian dan bagaimana sifat serta sikapnya. Untuk itu, jangan coba untuk mengubahnya menjadi orang lain sesuai dengan versi kalian. Terima ia apa adanya.

 

4. Kata-Kata Sindiran untuk Pasangan yang Posesif

Dan yang terakhir yaitu ada kata-kata sindiran untuk pasangan yang posesif. Kata-kata ini bisa menjadi sebuah ungkapan hati kalian yang mungkin merasa lelah dengan keadaan. Berikut beberapa kata-kata sindiran untuk pasangan yang posesif:

1. "Jika kau tidak ingin diragukan, maka tumbuhkanlah kepercayaan, tepati janjimu dan hilangkan sikap yang membuat orang meragukanmu."

2. "Kesetiaan bermula dari kebersamaan, berkembang karena pengertian, dan bertahan karena rasa saling percaya."

3. "Kepercayaan seseorang bukan untuk dipermainkan. Jika anda khianati, sesungguhnya anda sedang mengkhianati diri sendiri."

4. "Kepercayaan bisa hilang dalam hitungan detik, membutuhkan seumur hidup untuk mendapatkannya kembali, itupun tidak akan pernah sekuat yang pertama."

5. "Jika kamu memiliki kepercayaan dari seseorang, jangan sampai hilang. Jika kamu memiliki hatinya, jangan pernah memanfaatkannya."

6. "Tanpa rasa percaya, hidup tidak akan merasakan kedamaian."

7. "Kepercayaan itu seperti kaca. Saat rusak, kau bisa memperbaikinya. Tapi kau masih bisa melihat retaknya."

8. "Sederhana dalam mencintai, ikhlas menerima kekurangan, dan setia dalam menjalin hubungan."

9. "Yang terbaik bukan dia yang datang dengan kelebihannya, melainkan dia yang tidak pergi dengan segala kekurangan tetapi tetap belajar dan berusaha."

10. "Jangan menunggu hari yang terbaik untuk melangkah karena setiap hari sangatlah berharga."

11. "Kesetiaan bermula dari kebersamaan, berkembang karena pengertian, dan bertahan karena rasa saling percaya."

12. "Kesetiaan itu tidak perlu dicari. Dia akan kamu dapatkan ketika kamu mencintai dan menyayangi dengan tulus."

13. "Kesetiaan berarti ketulusan untuk menyimpan satu nama tetap di hati, kemudian berjanji untuk tidak mengkhianati."

14. "Memang semua orang bisa bilang cinta, tapi tidak setiap orang mampu setia. Kesetiaan adalah kemampuan jiwa-jiwa berkelas."

15. "Tak ada yang kesetiaan tanpa komitmen. Tak ada komitmen tanpa kenyamanan."

16. "Orang yang setia kepada kebaikan, tidak akan berkhianat."

17. "Kesetiaan tidak berarti apa-apa kecuali pada prinsip intinya yaitu pengorbanan diri."

18. "Kekasih adalah orang datang dengan pengorbanan, kasih sayang, dan kesetiaan."

19. "Hidup ini bukanlah tentang mereka yang berbuat baik di hadapanmu, namun tentang mereka yang tetap setia di belakangmu."

20. "Jangan lepaskan mutiara di genggaman jika hanya tergoda kilau berlian yang berada di kejauhan."

21. "Jarak bukanlah penghalang bagi dua Jiwa untuk saling mencintai. Selama masih saling setia dan percaya."

22. Saat jarak memisahkan,memang cukup sulit untuk menjaga hubungan tapi yang bisa dilakukan adalah saling percaya dan selalu setia."

23. "Cinta sejati selalu berada di tempat yang indah,yang pasangannya saling percaya dan tidak akan pernah terpisahkan walau badai menghadang."

24. "Cinta yang sempurna hanya butuh dua hati yang saling percaya dan saling mengerti."

25. "Untuk membangun hubungan yang baik gunakan kepercayaan sebagai 'bata' dan kesabaran sebagai 'semen' karena terkadang perasaan cinta tidak cukup."

Itulah arti posesif beserta dengan ciri-ciri dan cara mengatasinya. Semoga dengan penjelasan di atas, hubungan kalian bersama pasangan bisa membaik dan menjadi sebuah hubungan yang sehat.

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI