Arti Said dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Perbedaan dengan Told dan Contohnya

Sabtu, 14 Mei 2022 12:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Said dalam Bahasa Inggris: Pengertian, Perbedaan dengan Told dan Contohnya
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Said merupakan salah satu kata dalam bahasa Inggris yang tentunya tidak asing bagi kita. Arti said sendiri merupakan kata kerja bentuk lampau yang artinya diucapkan, dikatakan, dibilang, disampaikan, dan masih banyak lagi.

Selain mengetahui arti said, KLovers juga bisa mengetahui perbedaan dari said dan told beserta dengan contoh penggunaannya. Sehingga kalian bisa lebih memahami lagi arti said dan maksudnya bagi KLovers yang sedang belajar bahasa Inggris.

Nah, berikut ini penjelasan tentang arti said, beserta beserta perbedaannya dengan told dan juga contoh said dalam sebuah kalimat. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Said

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, arti said sendiri merupakan kata kerja bentuk lampau yang artinya diucapkan, dikatakan, dibilang, disampaikan. Kata said ini merupakan kata kerja dari say yang artinya mengatakan, berbicara, dan masih banyak lagi.

Jadi, kata said ini digunakan untuk sebuah percakapan yang telah dilakukan sebelumnya, misalnya kalau dalam bahasa Indonesia kalimatnya seperti, "saya mengatakan bla bla." Bila dalam bahasa Inggris maka kalimatnya seperti, i said bla bla."

 

2. Perbedaan Said dan Told

Nah, bagaimana dengan perbedaan said dan told? Apakah arti said dan told itu sama? Ya, sama seperti said, told juga merupakan kata kerja bentuk lampau dari tell. Arti told sendiri seperti dikatakan, dibilang, terkisah, diceritakan, dituturkan, terkabar.

Nah, apa sih perbedaan dari told dan juga said. Ya, perbandingan antara said dan told yaitu, bila said adalah intransitif sedangkan told adalah transitif. Apa sih intransitif itu? Intransitif adalah verba atau kata kerja yang tidak membutuhkan objek.

Sedangkan transitif adalah, kata yang memerlukan objek dalam kalimatnya. Berbeda dengan kata kerja intransitif, kata kerja transitif dapat diubah menjadi bentuk pasif. Tentu saja hal ini tidak berlaku untuk kata kerja intransitif.

Selain itu, kata said dalam bahasa Inggris lebih informal, sedangkan told lebih formal dan kausal. Kemudian, said digunakan untuk melaporkan apa yang orang lain katakan. Sedangkan told digunakan untuk melaporkan apa yang orang lain katakan kepada orang tertentu atau sekelompok orang.

 

3. Contoh Kata Menggunakan Said

Setelah mengetahui apa sih arti said, serta perbedaannya dengan told. Maka berikut ini beberapa contoh kalimat yang bisa kalian gunakan bila menggunakan kata said. Berikut ini beberapa contoh kata saat menggunakan said, beserta dengan artinya:

1. And the man said, "He's come down a long way, hasn't he?" (Dan yang pria itu mengatakan, "Dia telah jatuh jauh sekali, bukan?")

2. The graduate students in Sanjiv Talwar's lab said, "Is this ethical?" (Para siswa pascasarjana di laboratorium Sanjiv Talwar berkata, Apa ini etis?)

3. And I think it's a more useful concept than sustainability, as I said. (Dan saya rasa itu adalah konsep yang lebih berguna dibandingkan kesinambungan.)

4. Then I said, all this is good, but I want to paint like a real painter. (Lalu saya berkata, semuanya bagus, tetapi saya ingin melukis seperti pelukis sebenarnya.)

5. We said, there's got to be a more sustainable way to make plastics. (Kami mengatakan, pasti ada cara membuat yang lebih dapat berkesinambungan.)

6. And then he went on, and then he turned to me and said, "You're an American." (Dan ketika dia terus berbicara, dan kemudian berbalik ke saya dan berkata, "Anda orang Amerika.")

7. And the teacher said, "But nobody knows what God looks like." (Dan sang guru berkata, "Tapi tidak satu orang pun tahu seperti apa Tuhan itu.")

8. I said, I'm going to collaborate with anybody and everybody I meet. (Saya berkata, saya akan berkolaborasi dengan siapa saja dan semua orang yang saya temui.)

9. "Be the change you want to see in the world," said Mahatma Gandhi. ("Jadilah perubahan yang anda ingin lihat di dunia," kata Mahatma Gandhi.)

10. When he said the word "species," he was revealing his worldview. (Saat dia berkata "spesies", dia mengungkapkan pandangannya terhadap dunia.)

11. But look, I said I wanted to do three things with you today. (Tapi lihat, saya mengatakan saya mau melakukan tiga hal dengan Anda hari ini.)

12. We said, "First, we're not going to use it on ourselves." (Kita berkata, "Pertama, Kita tidak akan menggunakannya untuk diri kita sendiri.")

13. And he's a very wise man, and he said, "Listen, Bhutan's goal is not to create happiness. (Dan ia orang yang sangat bijak, ia berkata, "Dengar, tujuan Bhutan bukan menciptakan kebahagiaan.)

14. And I think it's sort of weird to be living what Sun Tzu said. (Dan saya pikir agak aneh untuk hidup seperti apa yang dikatakan Sun Tzu.)

15. He said something that I've posted on the wall of my studio. (Dia mengatakan sesuatu yang saya telah saya tempel di dinding studio saya.)

Itulah arti said yang bisa KLovers ketahui dan pahami. Bukan hanya arti said saja, KLovers juga bisa mempelajari perbedaan said dan told. Serta contoh sebuah kalimat bahasa Inggris menggunakan kata said beserta dengan artinya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI