Arti Sold dalam Transaksi Jual Beli, ketahui Juga Kosakata Bisnis di Bahasa Inggris Lainnya

Kamis, 08 Desember 2022 18:33
Arti Sold dalam Transaksi Jual Beli, ketahui Juga Kosakata Bisnis di Bahasa Inggris Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Melakukan transaksi jual beli di internet atau media sosial sudah jadi hal yang cukup lumrah dilakukan saat ini. Karenanya di internet kemudian banyak muncul istilah jual beli yang mulai populer di masyarakat umum. Kata "sold" adalah salah satunya. Lantas, apa arti sold yang sebenarnya?

Kata sold biasa dijumpai di situasi tertentu saat sedang mencari barang di marketplace atau toko online. Namun tak saja pada transaksi jual beli online, kata sold juga biasa digunakan pada transaksi di toko-toko offline. Terbukti, tak jarang penjual memajang kertas bertuliskan "sold" di kaca toko atau langsung pada barang yang dijualnya. Jadi, apa arti sold?

Untuk kalian yang masih bingung dan belum paham tentang arti sold, langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

 

 

1. Arti Sold

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, kata sold biasa kita jumpai di media sosial. Kata tersebut biasa kita temukan di postingan tentang jual beli. Selain di media sosial, kata sold juga banyak ditemukan di marketplace atau toko online saat menawarkan suatu produk.

Kata sold memang jadi salah satu kata dalam transaksi jual beli. Meski sudah cukup umum dipakai di transaksi jual beli sehari-hari, faktanya kata ini sebenarnya bukanlah kata bahasa Indonesia asli. Sold justru merupakan kata dalam bahasa Inggris.

Dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.org, kata sold tergolong kata kerja atau verba. Lebih lanjut dalam kamus tersebut dijelaskan bahwa arti sold merupakan bentuk lain dari sell yang berarti 'menjual'.

Sold merupakan kata kerja bentuk kedua dan ketiga yang biasa digunakan untuk menyatakan lampau. Sehingga, arti sold yang semula sama seperti sell (menjual), berubah menjadi "terjual". Maka dari itu, di media sosial, market place, atau toko offline, kata sold biasa disematkan pada produk yang sudah terjual.

 

 

2. Contoh Penggunaan dalam Kalimat Bahasa Inggris

Dalam praktiknya, kata sold biasa dipakai dalam transaksi jual beli secara formal maupun nonformal. Pada konteks nonformal atau santai, kata sold bisa dituliskan begitu saja kemudian dilabelkan pada barang yang sudah terjual.

Namun dalam bahasa Inggris, kata sold juga masih digunakan selayaknya kosakata lainnya dalam kalimat. Maka dari itu, untuk melengkapi pemahaman arti sold, berikut adalah contoh penggunaan kata sold dalam kalimat bahasa Inggris.

1. I have sold clothes for four months in this store (Saya sudah menjual baju selama 4 bulan di toko ini)

2. My book was sold by the collector last night. (Bukuku sudah terjual oleh kolektor kemarin malam.)

3. She had not bought the ticket before it was sold out. (Dia belum membeli tiketnya sebelum terjual habis)

4. And this is actually sold in the frozen area of the supermarket. (Dan daging ini dijual pada bagian makanan beku di supermarket.)

5. The bubble gum was chewed up by pop star Britney Spears and sold for several hundreds of dollars. (Permen karet yang dikunyah oleh Britney Spears dijual beberapa ratus dolar.)

6. Last year he sold 10 million dollars' worth of French bread. (Tahun lalu dia menjual roti Prancis seharga 10 juta dolar.)

 

 

3. Daftar Kosakata Jual Beli dalam Bahasa Inggris

Selain kata sold, sebenarnya masih ada banyak kosakata jual beli dalam bahasa Inggris yang kini populer dipakai luas masyarakat. Oleh karena itu, mengetahui arti sold saja tak akan cukup untuk bisa lihai bertransaksi jual beli di internet. Ada baiknya, kalian juga mengetahui beberapa kosakata jual beli dalam bahasa Inggris yang lain sebagai pengetahuan tambahan.

Berikut beberapa kosakata dalam bahasa Inggris yang sudah umum dipakai di transaksi jual beli online. 

1. Available: Tersedia

2. Bargain: Penawaran

3. Bill: Tagihan

4. Brand: Merek

5. Buy: Beli

6. Cash: Tunai

7. Cashback: Uang Kembali

8. Change for: Biaya

9. Change: Tukar uang

10. Cheap: Murah

11. Clossed: Tutup

12. Complaint: Keluhan

13. Coupon: Kupon

14. Cost: Harga

15. Customer: Pelanggan

16. Discount: Diskon

17. Expensive: Mahal

18. For sale: Dijual

19. Free: Gratis

20. Fund: Jual Beli

21. In stock: Ada Persediaan (Tersedia)

22. Loyalty Card: Kartu Pelanggan

23. Out of stock: Tidak ada stok

24. Packaging: Pengemasan

25. Package: Paket

26. Price: Harga

27. Price Tag: Label Harga

28. Pay: Bayar

29. Pre-Order: Pesan Dulu

30. Product: Produk

31. Purchase: Pembelian

32. Queue: Antrean

33. Receipt: Bon

34. Refund: Pengembalian

35. Retailer: Toko Pengecer

36. Salesperson: Tenaga penjual

37. Second Hand: Barang Bekas

38. Second Hand Store or Consignment Shop: Toko Barang Bekas

39. Sell: Jual

40. Showroom: Tempat Menunjukkan Barang

41. Spend: Menghabiskan

42. Supply: Pasokan

43. Tax: Pajak

44. Value: Nilai

45. Warranty: Garansi

Itulah di antaranya penjelasan arti sold dan beberapa kata lainnya dalam jual beli bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian terutama dalam berbisnis!

 

 

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI