Arti Config yang Viral di TikTok Beserta Istilah Gaul Lainnya di Medsos

Senin, 05 Desember 2022 19:22 Penulis: Dhia Amira
Arti Config yang Viral di TikTok Beserta Istilah Gaul Lainnya di Medsos
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Config merupakan sebuah kata yang cukup viral bagi mereka yang menggunakan TikTok. Namun, apa ya arti config yang merupakan istilah dalam aplikasi TikTok itu?

Ya, TikTok memang menjadi sebuah aplikasi yang banyak digunakan saat ini. Bahkan, menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di Indonesia.

Nah, bagi KLovers yang ingin mengetahui arti config, maka berikut penjelasan baik secara umum hingga yang ada di TikTok. Beserta istilah gaul lainnya.

 

 

1. Arti Config Secara Umum

Arti config adalah singkatan dari configuration yang artinya pengaturan. Configuration dalam sebuah aplikasi atau program artinya sedang dilakukan modifikasi atau pengoptimalan program. Dan bila secara umum, arti config adalah istilah umum yang merujuk kepada bentuk, wujud untuk menggambarkan orang atau benda.

Dalam ilmu geografi berarti bentuk horisontal dan vertikal bagian bumi, sedangkan dalam ilmu kimia artinya kedudukan atom yang satu terhadap atom yang lain dalam molekul. Dalam ilmu komputer juga mengenal istilah konfigurasi, yakni semua bagian yang tercakup dalam susunan peranti keras dan peranti lunak.

Dan perangkat ini dijalankan dengan sistem operasi untuk menyelesaikan berbagai macam keperluan. Dan dalam pertunjukan seperti marching band, anggotanya bergerak secara dinamis dalam formasi tertentu untuk menciptakan suatu konfigurasi.

 

 

2. Arti Config yang Lagi Viral

Bagaimana dengan arti config yang sedang viral di TikTok? Seperti yang KLovers ketahui, arti config memiliki arti pengaturan. Configuration dalam sebuah aplikasi atau program artinya sedang dilakukan modifikasi atau pengoptimalan program.

Dan arti config dalam TikTok tidak jauh berbeda dengan pengertian dasar tersebut. Jadi, arti config muka atau muka config di TikTok adalah wajah atau muka yang dimodifikasi atau di edit sedemikian rupa.

Biasanya, foto yang disebut "muka config" adalah foto yang menampilkan wajah yang sudah dimodifikasi. Ya, biasanya ini bermakna foto yang di edit sedemikian rupa agar tampak lebih cantik atau tampan.

 

 

3. Istilah Gaul Lainnya

Setelah mengetahui arti config atau configuration, KLovers juga bisa tahu nih istilah gaul lainnya. Ya, dalam media sosial ada banyak sekali istilah-istilah yang bisa KLovers ketahui. Dan berikut istilahnya beserta dengan penjelasannya.

News Feed: Istilah mengacu pada post terbaru dari akun IG yang kita follow dan dapat kita lihat di bagian beranda dengan tanda rumah, di bagian kiri bawah.

AU: kependekan dari Alternate Universe, cerita fiksi di Twitter yang mengisahkan sang idola berada di dunia berbeda. Misalnya saja sang idola di dunia nyata seorang penyanyi, namun dalam AU sang idola bisa berubah karakter menjadi dokter.

1. y/n: kependekan dari your name, istilah ini digunakan untuk memasukkan nama pembaca agar bisa masuk dalam cerita.

2. Disclaimer: istilah yang digunakan sebagai peringatan untuk pembaca sebelum membaca AU.

3. Mutualan: ajak kenalan dengan saling follow.

4. Bub: Block UnBlock, artinya memblokir seseorang tidak saling follow lagi.

5. Rep: kependekan dari reply, atau balas komentar.

6. Ava: kependekan dari kata avatar yang berarti foto profil.

7. Post: adalah istilah yang mengacu pada gambar atau foto yang diunggah oleh IGers. Dalam bahasa Indonesia sendiri, post berarti kiriman baik berupa gambar atau video.

8. Timeline TL: beranda di Twitter.

9. Thread: utas atau twit yang berantai yang biasa digunakan untuk menceritakan sesuatu yang panjang karena tak cukup hanya dijadikan satu tweet.

10. Reach: adalah jumlah pengguna unik yang melihat postingan kamu pada rentang waktu tertentu.

11. Mention: menandai seseorang dengan memberikan tag (@) nama akun mereka.

12. 2in: setuju atau keadaan yang kamu alami sama seperti orang lain

13. Saved: adalah jumlah berapa kali postingan anda disimpan oleh audiens.

14. Username: Artinya nama pengguna yaitu nama yang digunakan untuk alamat akun IG kita.

15. Flop: bila diartikan gagal, biasanya tweet dianggap tidak sesuai yang diharapkan oleh pemilik akun.

16. Taps Backward: Frekuensi audiens kalian mengetuk kembali untuk pergi ke cerita sebelumnya.

17. Taps Forward: Frekuensi audiens kalian mengetuk maju untuk pergi ke cerita berikutnya.

18. Menfess: Mention Confess, percakapan yang terkait dengan topik yang berhubungan dengan base. Biasanya dikirim ke DM base dengan format tertentu.

19. Nder: kependekan dari sender. Biasanya dipakai sebagai panggilan di base.

20. Opfoll: Open Follow. Tak semua akun bisa mengirimkan menfess di akun base. Biasanya base harus follow balik sang pengguna agar bisa mengirim menfess. Maka dari itu diadakan open follow yang biasanya dibuka pada jam-jam tertentu dan pengguna Twitter harus rajin memantau akun base.

21. Oot: Out of Topic, sesuatu yang di luar topik utama yang ada di cuitan atau base.

22. Spill: kependekan dari spill the tea untuk mengungkap sesuatu yang belum diketahui banyak orang dan netizen meminta untuk sang pengirim menceritakannya.

23. Replies: Frekuensi pengguna membalas atau mengirimkan komentar ke kalian.

Itulah arti config yang bisa KLovers ketahui. Baik itu arti config dalam TikTok hingga arti config secara umum. Beserta dengan istilah gaul lainnya di media sosial.

 

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI