Arti Sumpah Pemuda yang Diperingati Setiap Tanggal 28 Oktober, Ketahui Sejarah dan Maknanya

Jum'at, 02 Desember 2022 11:44
Arti Sumpah Pemuda yang Diperingati Setiap Tanggal 28 Oktober, Ketahui Sejarah dan Maknanya
Arti Sumpah Pemuda (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Peran pemuda sangat penting bagi suatu bangsa karena sosoknya disebut sebagai agen perubahan. Di Indonesia, ada istilah yang disebut dengan Sumpah Pemuda. Arti Sumpah Pemuda ini sangat penting diketahui karena punya makna yang dapat meningkatkan semangat nasionalisme, cinta tanah air, dan rasa bangga pada negara.

Setiap tanggal 28 Oktober, seluruh bangsa Indonesia memperingati Hari Sumpah Pemuda yang terbentuk tahun 1928 silam. Pelaksanaan upacara biasanya dilakukan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang begitu bersejarah.

Arti Sumpah Pemuda ini merupakan ikrar yang dihasilkan dari pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua. Di mana, ada sejarah terbentuknya Sumpah Pemuda yang kita kenal hingga sekarang. Sebelum itu, ketahui dulu arti Sumpah Pemuda beserta isi dan maknanya. Yuk cek di sini apa arti Sumpah Pemuda telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Berdirinya Sumpah Pemuda ini di latar belakangi sejumlah tujuan dari sejumlah orang yang tergabung dalam pergerakan pemuda Indonesia dalam Kongres Pemuda. Dari kongres tersebutlah kemudian memunculkan Sumpah Pemuda dan ikrarnya.

Lalu apa arti Sumpah Pemuda? Memahami arti Sumpah Pemuda tentunya sangat penting bagi setiap orang terutama anak-anak muda zaman sekarang. Karena, dengan tahu arti Sumpah Pemuda dapat menumbuhkan rasa nasionalisme, menghargai perbedaan, menjunjung persatuan dan kesatuan, serta membangkitkan semangat para anak muda Indonesia.

Arti Sumpah Pemuda adalah sebuah ikrar yang merupakan hasil dari keputusan pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua di bulan Oktober tahun 1928 silam. Dari Kongres Pemuda Kedua tersebut menghasilkan tiga isi putusan yang kemudian memunculkan istilah Sumpah Pemuda.

Di mana, isi dari arti Sumpah Pemuda di antaranya terkait cita-cita anak muda Indonesia untuk mewujudkan berdirinya NKRI yakni tentang tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia.  Itulah arti Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tahun tanggal 28 Oktober.

 

2. Sejarah Singkat Sumpah Pemuda

Setelah memahami arti Sumpah Pemuda, ketahui juga bagaimana sejarah munculnya Sumpah Pemuda. Seperti telah disinggung pada ulasan sebelumnya, arti Sumpah Pemuda merupakan hasil putusan dari Kongres Pemuda Kedua tahun 1928 silam. Dari Kongres Pemuda tersebut terdiri dari banyak organisasi pergerakan pemuda di Indonesia.

Kongres Pemuda Kedua ini digagas oleh Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI). Saat itu, pelaksanaan Kongres Pemuda Kedua yang beranggotakan para pemuda serta pelajar terjadi pada tanggal 27 Oktober 1928 hingga 28 Oktober 1928 di Batavia.

Pada pelaksanaan pertama untuk rapat Kongres Pemuda Kedua terjadi tanggal 27 Oktober 1928 diadakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Dari rapat tersebut Muhammad Yamin menyebutkan bahwa sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan bisa jadi cara untuk memperkuat persatuan Indonesia.

Sementara itu, di tanggal 28 Oktober 1928 silam dilaksanakan dua kali rapat. Dari rapat kedua, tokoh Indonesia bernama Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro sebagai pembicara menyebutkan bahwa pendidikan kebangsaan diperlukan anak muda. Termasuk memberikan pendidikan secara demokratis serta menyeimbangkannya dengan pendidikan sekolah dan di rumah.

Kemudian, rapat selanjutnya merupakan penutup yang membahas tentang pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan merupakan pendapat dari tokoh Soenario. Namun gerakan kepanduan ini juga berperan penting membentuk karakter anak yang lebih disiplin serta mandiri sehingga tidak dapat dipisahkan dari pergerakan nasional menurut Ramelan. Begitulah sekiranya sejarah singkat tentang Sumpah Pemuda yang perlu diketahui.

 

3. Isi Sumpah Pemuda

Memahami arti Sumpah Pemuda memang sangat penting bagi anak-anak muda Indonesia. Termasuk tahu apa saja isi Sumpah Pemuda yang merupakan ikrar hasil Kongres Pemuda Kedua tahun 1928 silam. Ada tiga poin ikrar Sumpah Pemuda sebagai berikut.

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk penulisan dalam bahasa Indonesia terbaru sebagai berikut.

Pertama:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.

Kedua:

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Itulah isi Sumpah Pemuda yang perlu diketahui. Isi Sumpah Pemuda ini juga diikrarkan setiap tanggal 28 Oktober sebagai bagian dari peringatan hari Sumpah Pemuda.

 

4. Makna Sumpah Pemuda

Arti Sumpah Pemuda dan maknanya juga tak kalah penting dipahami. Karena ada makna Sumpah Pemuda berdasarkan isinya. Yuk cek di sini apa makna Sumpah Pemuda di bawah ini.

- Meningkatkan rasa nasionalisme dan persatuan

- Menumbuhkan semangat cinta tanah air.

- Pentingnya menjunjung nama baik Indonesia dengan menumbuhkan sikap bangga pada Tanah Air yakni menggunakan bahasa Indonesia. Karena, bahasa Indonesia menjadi identitas diri dari bangsa Indonesia.

Itulah arti Sumpah Pemuda yang penting diketahui beserta sejarah dan maknanya. Semoga bisa menjadi referensi buat memahami makna arti Sumpah Pemuda

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI