Arti Surat Al Qadr, Makna, dan Keutamaan yang Penting Diketahui Umat Islam

Selasa, 14 Juni 2022 12:11
Arti Surat Al Qadr, Makna, dan Keutamaan yang Penting Diketahui Umat Islam
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Surat-surat di dalam Alquran, termasuk surat Al Qadr mengandung pelajaran penting yang bisa menjadi penuntun bagi umat Islam. Oleh karena itu, penting untuk memahami arti surat Al Qadr agar pesan di dalamnya bisa diterapkan dalam menjalani kehidupan.

Selain arti surat Al Qadr, sebagai umat Islam kalian juga perlu memahami isi atau maknanya. Dengan begitu, kalian akan lebih menghargai peristiwa turunnya Alquran, sebagai sejarah penting kitab suci penuntun umat Islam.

Nah, bagi kalian yang juga ingin tahu keutamaan membaca dan mempelajarinya, silakan simak informasi selengkapnya berikut ini. Berisi penjelasan mengenai arti surat Al Qadr, makna, dan keutamaannya, informasi ini akan sangat berguna.

 

1. Arti Surat Al Qadr

Surat Al Qadr merupakan surat ke-97 dalam Alquran dan terdiri dari 5 ayat. Arti Al Qadr sendiri adalah kemuliaan. Surat yang masuk golongan Makkiyah ini jelas bukan hal asing bagi umat Islam. Bukan hanya tahu, umat Islam sudah seharusnya mempelajari artinya yang mengandung pelajaran dan pesan mendalam. Oleh karena itu, berikut terdapat informasi mengenai arti surat Al Qadr yang bisa kalian simak di bawah ini.

1. Innaa anzalnaahu fii lailatil qadr

(Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar.)

2. Wa maa adraaka ma lailatul qadr

(Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?)

3. Lailatul qadri khairum min alfii shahr

(Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.)

4. Tanaz zalul malaa-ikatu war ruuhu fiiha bi izni-rab bihim min kulli amr

(Pada malam itu turun para malaikat dan Rµh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.)

5. Salaamun hiya hattaa mat la'il fajr

(Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.)

 

2. Isi Surat Al Qadr

Tak hanya arti surat Al Qadr, kalian juga perlu memahami makna dan peristiwa yang diterangkan di dalamnya. Menurut beberapa ulama tafsir, surat Al Qadr berisi tentang peristiwa di malam Lailatul Qadar atau malam kemuliaan. Hal ini juga berkaitan dengan peristiwa diturunkannya Alquran. Ibnu Katsir menerangkan bahwa Allah SWT menyampaikan atau menurunkan Alquran di malam Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh dengan keberkahan.

Hal tersebut juga diterangkan pada Q.S Ad-Dukhan ayat 3 sebagai berikut,

"Innaaa anzalnaahu fii lailatim mubaarakah; innaa kunnaa munziriin"

Artinya:"sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan."

Selain itu, ada pula tafsir dari Kemenag mengenai ayat 2 dalam Surat Al Qadr. Allah SWT menyampaikan tentang keutamaan Lailatul Qadar yang tidak diketahui para ulama maupun ilmuan. Bahkan Nabi pun tidak sanggup menentukan kebesaran dan keutamaan malam itu. Hanya Allah SW yang mengetahui segala yang tidak diketahui oleh hamba-Nya.

Selanjutnya, dalam ayat 3, Allah SWT menerangkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang memancarkan cahaya hidayah yang diturunkan untuk kebahagiaan manusia. Artinya, menjalankan ibadah pada malam tersebut memiliki keutamaan diantaranya mendapatkan kemuliaan dan ganjaran yang lebih baik. Oleh karena itu, Lailatul Qadar juga disebut sebagai malam ini lebih utama dari seribu bulan.

Keistimewaan mengenai malam tersebut juga diterangkan pada ayat selanjutnya, yakni para malaikat bersama Jibril akan turun untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT. Turunnya malaikat ke bumi atas izin Allah dan sudah menjadi rahasia-Nya.

Selain keterangan dari ayat-ayat tersebut ada pula sebuah riwayat yang penting untuk disimak. HR Abu Dawud, Ibnu 'Abbas meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang Lailatul Qadar:

"Lailatul Qadar adalah malam yang tenang dan cerah, tidak panas dan tidak dingin, serta matahari pada pagi harinya berwarna merah terang." (HR. Abu Dawud)

 

3. Keutamaan Surat Al Qadr

Setelah memahami arti surat Al Qadr beserta makna di dalamnya, alangkah lebih baik jika kalian juga mengetahui keutamaannya. Berikut ini terdapat penjelasan mengenai keutamaan surat Al Qadr yang bisa kalian simak.

1. Pahala Setara Orang yang Menghidupkan Malam Qadar

Penjelasan mengenai keutamaan ini bisa kalian simak pada sabda Rasulullah:

"Barang siapa membaca surat Al-Qadr, maka pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadan dan menghidupkan malam al-Qadar." (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613).

2. Menjadi Pengingat Turunnya Alquran

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, isi dari surat Al Qadr erat kaitannya dengan peristiwa turunnya Alquran yang merupakan kitab suci bagi umat Islam.

Hal itu disebutkan secara jelas dalam surat Al-Qadr ayat 1 bahwa malam lailatul qadar merupakan malam diturunkannya Alquran. Dengan membacanya, umat muslim akan senantiasa mengingat peristiwa penting tersebut sebagai sejarah yang berharga.

3. Menjadi Pembuka Pintu Rezeki

Mengenai keutamaan sebagai pembuka pintu rezeki, Imam Ahmad bin Musa pernah menjelaskannya. Dalam suatu riwayat, pernah ditanya terkait ibadah apa yang dapat dijadikan sebagai pembuka rezeki. Beliau memberikan ijazah agar memperoleh rezeki dengan mudah, maka hendaknya membaca surat Al Qadr setiap selesai sholat lima waktu.

4. Malaikat Bershalawat kepada Pembaca Surat Al-Qadr

Mengenai keutamaan ini, Imam Muhammad Al-Baqir berkata,

"Tiada seorang pun hamba yang membaca Al-Qadr tujuh kali selepas sholat subuh, kecuali pada malaikat bersholawat kepadanya 70 sholawat dan mencurahkan rahmat kepadanya sebanyak 70 rahmat." (Mafatihul Jinan:79).

Nah, itulah penjelasan mengenai arti surat Al Qadr beserta makna dan keutamaan yang penting untuk diketahui umat Islam.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI