Arti Tabarakallah yang Perlu Umat Muslim Ketahui, Bermakna Pujian dan Doa Baik

Minggu, 17 Oktober 2021 11:33 Penulis: Puput Saputro
Arti Tabarakallah yang Perlu Umat Muslim Ketahui, Bermakna Pujian dan Doa Baik
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Tabarakallah tentu sudah jadi satu ungkapan yang tak asing lagi di telinga umat muslim. Pasalnya, ungkapan tabarakallah sudah biasa kita dengar sehari-hari dalam berbagai kesempatan dan situasi. Maka dari itu, sudah semestinya umat muslim tahu arti tabarakallah yang sesungguhnya.

Ungkapan tabarakallah sering kali diucapkan seseorang saat merasa kagum pada suatu hal, khususnya fenomena alam di bawah kuasa Allah SWT. Tak sekadar ungkapan kekaguman, tabarakallah juga menyimpan makna yang mendalam. Namun, tak jarang orang masih salah kaprah dalam memahami arti tabarakallah. Sebagian orang, sering kali menganggap sama antara tabarakallah dan masyaallah.

Padahal meski sama-sama dipakai sebagai bentuk ekspresi kagum, ternyata antara tabarakallah dan masyaallah mempunyai arti yang berbeda. Lantas, apa arti tabarakallah dan perbedaannya dengan masyaallah? Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

1. Arti Tabakarallah

Tabarakallah merupakan salah satu ungkapan yang biasa diucapkan seorang muslim saat merasa kagum. Arti tabarakallah ternyata dapat ditemukan dalam Alquran. Menurut Alquran, tabarakallah berarti pujian Maha Berkah, Maha Suci, dan Maha Tinggi. Oleh karena itu, wajar jika ungkapan ini muncul sebagai bentuk pujian sekaligus kekaguman pada Allah SWT.

Sejumlah tafsir juga menyebut tabarakallah tidak hanya sebatas ungkapan pujian atau kekaguman biasa. Dalam ungkapan tabarakallah juga disinyalir mengandung makna 'semoga Allah memberkahimu'. Dengan kata lain, ungkapan ini bukan sekadar bentuk kekaguman dan pujian, melainkan juga bisa menjadi ucapan selamat sekaligus doa untuk sesama muslim.

2. Manfaat Mengucap Tabakarallah

Lantaran juga bermakna sebagai doa, mengucapkan tabarakallah dipercaya akan membawa beberapa manfaat. Bagi muslim yang mengucapkannya, diyakini akan mendapatkan pahala melimpah karena telah mendoakan sesama muslim.

Selain itu, sebagai bentuk kekaguman akan kebesaran Sang Pencipta, secara tidak langsung akan mendekatkan kita pada Allah SWT. Ungkapan tabarakallah yang diucapkan secara tulus akan membuat manusia selalu merasa kecil dan tak berdaya. Sehingga, secara tak langsung akan turut menambah keimanan dan ketakwaan pada Allah SWT.

3. Cara Merespons Ungkapan Tabarakallah

Tabarakallah sudah menjadi bagian dari percakapan sehari-hari. Ungkapan tabarakallah dipakai untuk ungkapkan rasa kagum atau memberi doa dan selamat. Sebagai doa baik, sudah semestinya setiap muslim memberikan respons yang tepat untuk setiap ungkapan tabarakallah yang didengarnya.

Sebab, ibarat saat mendapat doa baik dari orang lain, maka sudah jadi keharusan bagi kita untuk mendoakan balik orang tersebut. Lantas, bagaimana seharusnya kita merespons ungkapan tabarakallah? Salah satu cara membalas ungkapan tabarakallah adalah dengan mengungkapkan, "jazakallah khair". Pasalnya, ungkapan jazakallah khair mempunyai arti 'Allah SWT akan membalasmu dengan kebaikan'.

Selain ungkapan jazakallah khair, seorang muslim juga memberikan balasan lain berupa ungkapan "barakallah fii". Arti dari ungkapan "barakallah fii" juga tak kalah baik dibanding jazakallah khair. Ungkapan "barakallah fii"berarti 'semoga Allah memberkahimu'. Sehingga juga dinilai cocok untuk membalas ungkapan tabarakallah.

4. Perbedaan Tabarakallah dan Masyaallah

Seperti yang telah disinggung di awal, arti tabarakallah sering dianggap sama dengan masyaallah. Sebab keduanya sama-sama sering dipakai untuk menunjukkan kekaguman pada Allah SWT. Arti tabarakallah dan masyaallah memang diketahui sama-sama bermakna pujian atas kekaguman pada Allah SWT. Walaupun demikian, keduanya tetap mempunyai perbedaan pada waktu dan alasan yang mendasari pengucapannya.

Tabarakallah bisa diucapkan saat umat Islam mendapatkan hal yang dinilai sebagai suatu berkah yang besar atau tiada terkira dari Allah SWT. Dalam hal ini, berkah yang dimaksud dapat berupa benda ataupun hal lain yang menjadi hak milik dan di bawah kuasa manusia.

Sedangkan, masyaallah diucapkan lebih mengacu pada yang dikehendaki oleh Allah SWT. Selain itu, istilah masyaallah juga dapat disebutkan saat umat Islam merasa kagum saat melihat kebesaran Allah SWT. Lebih jelasnya, kebesaran yang dimaksud dapat berupa fenomena, benda, atau hal-hal lain yang berada di luar kuasa manusia.

5. Ungkapan Masyallah Tabakarallah

Dalam praktiknya, ungkapan tabarakallah dan masyaallah sering kali diucapkan secara berurutan atau hampir bersamaan. Hal ini tak dianggap salah sama sekali, bahkan tetap bisa dinilai sebagai suatu kebaikan. Terlebih, arti tabarakallah dan masyaallah bisa dibilang saling melengkapi.

Masyaallah akan menjadi ungkapan atas apa yang dikehendaki oleh Allah SWT, lalu tabarakallah akan jadi ungkapan untuk memuji atau mengagumi Allah SWT secara lengkap, dengan doa.

Itulah di antaranya ulasan tentang arti tabarakallah yang perlu umat muslim ketahui. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan.

(kpl/gen/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI