Arti Tanggung Jawab Menurut Para Ahli, Ketahui Pula Aspek dan Ciri-Cirinya

Rabu, 01 Desember 2021 13:11
Arti Tanggung Jawab Menurut Para Ahli, Ketahui Pula Aspek dan Ciri-Cirinya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Mungkin, kalian sering mendengar petuah bahwa setiap manusia harus memiliki sifat bertanggung jawab. Meski pada praktiknya, kalian juga sering menemui bahwa banyak sekali orang yang sering tak bertanggung jawab, bahkan mungkin kalian sendiri pernah melakukannya. Lalu apa sih sebenarnya arti tanggung jawab?

Mempertanyakan tentang arti tanggung jawab merupakan hal yang tepat. Apalagi jika sekarang ini kalian sedang berada dalam fase introspeksi diri. Berusaha memahami makna dan menerapkan sikap yang bertanggung jawab memang sudah seharusnya dilakukan.

Oleh karena itu, kalian perlu menyimak informasi mengenai arti tanggung jawab menurut para ahli beserta penjelasan tentang aspek yang perlu ditepati. Ada pula penjelasan mengenai akibat yang biasanya dialami oleh orang yang tak bertanggung jawab. Agar kalian punya perhatian pada setiap penentuan sikap, langsung saja simak informasi berikut ini.

1. Arti Tanggung Jawab Menurut Para Ahli

Arti tanggung jawab menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh dituntut, dipersalahkan, diperkarakan, dan sebagainya). Namun, untuk menjadi orang yang bertanggung jawab, tak hanya cukup dengan tahu artinya saja. Kalian perlu memaknainya untuk bisa melakukan aksi nyata.

Pemaknaan tersebut bisa kalian peroleh dari penjelasan mengenai arti tanggung jawab dari para ahli. Melansir dari Liputan6, berikut ini beberapa arti tanggung jawab yang bisa kalian pahami.

1. Wiyoto (2001) mengatakan bahwa tanggung jawab adalah kemampuan untuk membuat keputusan yang pantas dan efektif. Pantas berarti merupakan menetapkan pilihan yang terbaik dalam batas-batas normal sosial dan harapan yang umum diberikan, untuk meningkatkan hubungan antar manusia yang positif, keselamatan, keberhasilan, dan kesejahteraan mereka sendiri, misalnya menanggapi sapaan dengan senyuman.

2. Menurut Abu dan Munawar (2007) tanggung jawab adalah perbedaan antara benar dan yang salah, yang boleh dan yang dilarang, yang dianjurkan dan yang dicegah, yang baik dan yang buruk, dan sadar bahwa harus menjauhi segala yang bersifat negatif dan mencoba membina diri untuk selalu menggunakan hal-hal yang positif.

3. Menurut Schiller & Bryan (2002) arti tanggung jawab adalah perilaku yang menentukan bagaimana bereaksi terhadap situasi setiap hari, yang memerlukan beberapa jenis keputusan yang bersifat moral.

4. Selanjutnya, menurut Burhanudin (2000) tanggung jawab adalah kesanggupan untuk menetapkan sikap terhadap suatu perbuatan yang diemban dan kesanggupan untuk memikul resiko dari sesuatu perbuatan yang dilakukan.

5. Arti tanggung jawab menurut Mudjiono (2012) adalah sikap yang berkaitan dengan janji atau tuntutan terhadap hak, tugas, kewajiban sesuai dengan aturan, nilai, norma, adat-istiadat yang dianut warga masyarakat.

2. Aspek Tanggung Jawab

Masih melanjutkan bahasan mengenai arti tanggung jawab dari Burhanudin di atas, berikut ini terdapat pula penjelasan mengenai aspek-aspeknya. Jika kalian penasaran dengan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bersikap, silakan simak penjelasan tentang tiga hal pokok sebagai aspek tanggung jawab berikut ini.

1. Kecintaan

Memiliki sikap empati, bersahabat, dalam hubungan interpersonal. Hal ini dikarenakan individu melihat kebutuhan yang lain dan memberikan potensi bagi dirinya. Teruntuk menunjukkan ekspresi cintanya kepada individu lain.

2. Kesadaran

Memiliki kesadaran akan etika dan hidup jujur, melakukan perencanaan dan melaksanakannya secara fleksibel, sikap produktif dalam mengembangkan diri. Agar bisa memahami sikap dalam belajar bagi dirinya sendiri.

3. Keberanian

Memiliki kemampuan bertindak independen, mampu melihat perilaku dari segi konsekuensi atas dasar sistem nilai.

3. Ciri-Ciri Tanggung Jawab

Selain mengetahui arti tanggung jawab beserta aspek yang perlu dipenuhi, kalian juga perlu memperhatikan ciri-ciri orang yang bertanggung jawab. Dengan begitu, kalian bisa menerapkan ciri tersebut pada kehidupan sehari-hari.

1. Menepati setiap perkataan yang terucap.

2. Mampu menjaga kehormatan diri dan menghargai peraturan.

3. Mampu berkomunikasi dengan baik.

4. Tidak menyalahkan orang lain secara berlebihan.

5. Berani meminta maaf sekaligus menanggung beban atas kesalahan yang dilakukan.

6. Memegang teguh komitmen.

7. Mampu membuat keputusan dari beberapa alternatif.

8. Menjadi pendengar yang baik, termasuk dalam menerima kritik dan saran dari orang lain.

9. Berani mengambil risiko dari sesuatu yang telah diputuskan sendiri.

10. Bersikap tegas.

4. Akibat dari Tidak Bertanggung Jawab

Memahami arti tanggung jawab dan menerapkan aspek-aspeknya merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan. Jika tidak, akan ada beberapa akibat yang akan kalian terima, antara lain:

1. Dijauhi oleh orang yang awalnya dekat.

2. Orang tak akan menghargai kehadiran kalian.

3. Mendapat banyak kritik dan teguran.

4. Menjadi bahan pergunjingan karena sering bersikap tak bertanggung jawab.

KLovers, itulah penjelasan mengenai arti tanggung jawab beserta ciri-cirinya. Kalian juga perlu lebih berhati-hati karena terdapat akibat tak menyenangkan jika tak mengedepankan rasa tanggung jawab dalam bersikap.

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI