Arti Bersin Beserta Penyebab dan Fakta Unik yang Perlu Diketahui

Selasa, 30 November 2021 20:44
Arti Bersin Beserta Penyebab dan Fakta Unik yang Perlu Diketahui
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bersin merupakan hal umum yang bisa dialami setiap orang. Namun, banyak orang yang belum mengetahui arti bersin dan rangkaian prosesnya. Meski terkesan sepele, mengetahui reaksi tubuh merupakan sesuatu yang diperlukan agar kalian lebih peka pada gejala penyakit, seperti flu atau infeksi yang mungkin terjadi.

Arti bersin, penyebab, serta fakta-fakta uniknya pun sebenarnya menjadi hal menarik untuk dibahas. Perlu kalian ketahui pula bahwa bersin, bisa juga bisa menjadi reaksi tubuh terhadap kondisi yang serius.

Bersin juga bukan suatu hal yang bisa ditahan. Kebiasaan menahannya bisa memberi efek buruk pada kesehatan. Nah, jika kalian penasaran dengan arti bersin beserta fakta uniknya, langsung saja simak informasi berikut ini.

1. Arti Bersin

Ada sebutan lain untuk bersin, yakni sternutasi. Arti bersin menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah keluar udara dengan tiba-tiba dari hidung dan mulut karena tidak tertahan (seperti waktu terserang pilek, tercium bau yang menusuk hidung). Tentu kalian sudah pernah mengalaminya berkali-kali.

Biasanya, bersin terjadi saat kalian menghirup debu, udara yang kotor, atau aroma yang menyengat. Saat hal tersebut menyentuh bulu hidung, otak kalian akan menerima sinyal dari sel saraf, lalu memproduksi histamin yang kemudian membuat hidung terasa gatal.

Saat hal itu terjadi, otak akan mengirim sinyal ke otot tenggorokan dan paru-paru untuk mengeluarkan kotoran melalui tenggorokan. Terkadang, lendir yang ada dalam rongga hidung pun ikut keluar karena tekanan terlalu kuat. Lendir itu juga membawa partikel kotoran dari hidung.

Serangkaian proses bersin tersebut merupakan cara tubuh untuk menghilangkan kotoran di hidung dan tenggorokan. Memang terkadang bikin tak nyaman dan terjadi secara spontan, tapi proses ini merupakan usaha tubuh untuk bebas dari kotoran dan bakteri yang terhirup.

2. Penyebab Bersin

Kotoran sebagai penyebabnya sudah dibahas dalam penjelasan mengenai arti bersin di atas. Namun sebenarnya, ada efek yang dibawa kotoran tersebut sehingga menimbulkan rasa tak nyaman berlebih. Gejala yang bikin tak nyaman itu disebabkan oleh alergen atau virus seperti flu, atau iritasi hidung.

Oleh karena itu, kalian juga perlu mengetahui beberapa penyebab bersin lain dalam informasi berikut ini.

1. Alergi

Alergi merupakan kondisi yang umum terjadi sebagai respons tubuh terhadap organisme asing. Tubuh dalam keadaan normal akan berusaha melindungi kalian dari faktor berbahaya, seperti bakteri penyebab penyakit. Nah, bersin ini bisa disebut sebagai usaha tubuh untuk mengeluarkan organisme jahat tersebut.

2. Infeksi

Infeksi saluran pernapasan bisa jadi penyebab seseorang mengalami bersin. Infeksi jamur pun bisa saja menyerang kalian, meski jarang terjadi. Namun, kalian perlu berhati-hati karena gejala tersebut bisa menyebabkan rhinitis dan bersin konstan. Terutama pada orang-orang yang punya kekebalan tubuh lemah.

3. Iritan

Iritan merupakan bahan yang bisa menyebabkan peradangan secara langsung setelah kontak dengan tubuh. Iritan yang berada di udara mungkin saja terhirup dan membuat kalian mengalami bersin. Iritan paling umum adalah debu, makanan pedas, parfum, cuaca kering, asap rokok, dan seterusnya.

4. Obat-obatan

Beberapa obat, seperti steroid anti-inflamasi, dekongestan nasal, beta-blocker, antidepresan, obat penenang, obat untuk mengobati disfungsi ereksi, dan kontrasepsi oral (pil KB) bisa menjadi penyebab rhinitis dan gejala konstan.

5. Olahraga

Ketika kalian mengerahkan tenaga berlebihan seperti saat olahraga, tubuh akan mengalami hiperventilasi. Efek yang terjadi biasanya berupa mulut dan hidung yang mengering. Bersin pada kondisi seperti itu merupakan reaksi dari hidung untuk mengeluarkan cairan.

6. Sinar matahari

Terdapat orang yang punya sensitivitas tinggi terhadap cahaya. Terik matahari bisa menjadi penyebab bagi orang dengan kondisi seperti itu. Wajar bila kalian merasa ingin bersin saat melihat ke arah cahaya atau terik matahari.

3. Fakta Unik Tentang Bersin

Selain arti bersin dan penyebabnya, kalian juga perlu mengetahui fakta-fakta unik seputar bersin berikut ini.

1. Bersin itu Refleks. Penyebab bersin memang bermacam-macam, tapi hal yang pasti adalah bahwa bersin merupakan refleks tubuh dalam merespons penyebab tersebut.

2. Jantung Tak Berhenti Berdetak Saat Bersin. Ritme jantung hanya melambat karena tarikan napas sebelum bersin membuat tekanan syaraf dan otot di dada berubah. Aliran darah pun ikut berubah dan ritme denyut jantung melambat.

3. Bersin Baik untuk Rongga Hidung. Bersin membuat rongga hidung mengalami "penyetelan ulang".

4. Mata Tertutup Secara Spontan Saat Bersin. Otak kalian secara otomatis akan menerima sinyal untuk menutup mata saat bersin.

5. Bersin Tak Terjadi Saat Tidur. Hal ini terjadi karena seluruh syaraf saat tidur turut beristirahat. Artinya, syaraf pemicu bersin juga tak akan bekerja.

6. Partikel Bersin Bisa Terbang Jauh. Reaksi bersin akan menimbulkan tekanan yang kuat hingga partikel bisa "terbang" hingga lebih dari lima langkah kaki.

Nah, itulah penjelasan mengenai arti bersin beserta informasi tentang penyebab dan fakta unik yang perlu kalian ketahui.

(Sumber: Hellosehat.com, hallodoc.com)

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI