Arti Valid di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Maknanya, Kini Jadi Bahasa Populer di Sosial Media

Rabu, 10 November 2021 18:33 Penulis: Nurul Wahida
Arti Valid di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Maknanya, Kini Jadi Bahasa Populer di Sosial Media
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada beragam arti kata mudah kalian cari di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Salah satunya kata valid yang digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang absah, benar, sah, tepat ataupun yakin. Sedangkan ada juga arti valid menurut kamus bahasa Inggris ataupun bahasa populer di sosial media.

Arti valid jika merujuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki tiga poin. Di mana masing-masing arti valid di KBBI tersebut sebenarnya juga memiliki makna yang serupa yakni menunjukkan sesuatu yang sah, benar, atau sahih.

Sementara arti valid menurut kamus bahasa Inggris juga tak jauh berbeda. Begitu juga dengan penggunaan kata valid dalam bahasa populer di sosial media yakni valid no debat. Mungkin saja kalian pernah menjumpai kata valid no debat di sosial media yang memiliki arti dan makna tersendiri.

Mau tahu apa saja arti valid di KBBI dan lainnya? Yuk simak ulasan di bawah ini telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber tentang arti valid.

1. Arti Valid di KBBI

Kamus Besar Bahasa Indonesia menjadi salah satu rujukan untuk mengetahui arti dan makna kata ataupun istilah. Apalagi kini telah tersedia versi online atau website untuk memudahkan akses Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Salah satunya untuk mengetahui arti kata valid di KBBI. Arti valid memiliki beberapa makna menurut KBBI.

Setidaknya ada tiga arti valid jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Di antara arti valid tersebut yakni menurut cara yang semestinya. Selain itu arti valid juga berarti berlaku. Arti valid terakhir menurut KBBI adalah sahih.

Jika melihat arti valid tersebut maka bisa disimpulkan bahwa kata valid digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang sah, benar, tepat ataupun tidak dapat digugat lagi kebenarannya. Itulah arti valid jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Sementara ada juga arti valid dalam versi yang berbeda meskipun pada dasarnya memiliki makna serupa.

2. Arti Valid di Kamus Bahasa Inggris Terjemahan Indonesia

Setelah tahu arti valid menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ada juga arti valid yang merupakan kata dalam bahasa Inggris. Ya, kata valid sebenarnya berasal dari bahasa Inggris. Arti valid dalam kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia tak berbeda jauh seperti KBBI.

Sebab arti valid di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia adalah sah. Ada pula arti valid yakni berlaku ataupun absah. Selain itu, arti valid juga bisa bermakna sahih ataupun benar. Melihat arti valid di kamus bahasa Inggris tersebut sebenarnya hampir memiliki persamaan makna dan arti.

Arti valid di kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia termasuk jenis kata sifat atau dikenal dengan adjective. Itulah arti valid jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia yang perlu kalian ketahui.

3. Arti Valid dalam Bahasa Populer di Sosial Media

Tak hanya ada arti valid di kamus bahasa, melainkan kata valid kini juga termasuk bahasa populer di sosial media. Ya, kata valid cukup populer jadi bahasa gaul di sosial media. Arti kata valid tersebut terdapat dalam kalimat Valid no Debat. Arti valid dalam bahasa populer di sosial media adalah respon atau jawaban karena sesuatu hal.

Misalnya saja ada netizen bertanya tentang pendapat bagus tidaknya lagu salah satu musisi populer. Lalu dijawab dengan kata bagus banget, valid no debat. Arti valid no debat dalam bahasa populer tersebut bermakna bahwa lagu itu benar-benar bagus. Arti valid juga bermakna fix, yakin, benar, tepat dan tidak dapat diganggu gugat lagi tentang pendapat atau jawabannya.

Itulah arti valid jika digunakan dalam bahasa populer di sosial media. Sehingga dengan memahami makna arti valid dapat memudahkan kalian menggunakan kata valid dalam kondisi yang tepat.

4. Makna Valid

Beberapa arti valid di atas memiliki makna masing-masing. Di mana arti valid berdasarkan KBBI, kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia ataupun bahasa populer di sosial media memiliki makna yang sebenarnya digunakan untuk menunjukkan suatu pendapat, respon, atau jawaban terhadap sesuatu yang absah, fix, benar, tepat, yakin, tidak dapat diganggu gugat lagi.

Karena itulah dalam bahasa populer di sosial media, kata valid juga diikuti dengan kalimat no debat. Arti no debat berarti tidak bisa didebat lagi atau dibahas lagi. Selain itu arti valid no debat juga bisa bermakna bahwa pendapatnya benar-benar teguh dan yakin. Tidak ada sesuatu yang bisa menggoyahkan pendapat atau jawabannya.

Itulah beberapa arti valid di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia ataupun dalam bahasa populer di sosial media. Sehingga dengan memahami arti valid bisa membantumu mengetahui makna dan penggunaannya dengan tepat.

(kpl/gen/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI