Arti Vendor dalam Bisnis: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Bedanya Vendor dengan Supplier

Kamis, 01 Desember 2022 20:44 Penulis: Dhia Amira
Arti Vendor dalam Bisnis: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Bedanya Vendor dengan Supplier
(credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Bagi kalian yang baru saja bergelut dalam dunia bisnis atau yang ingin mendalami dunia bisnis, maka kalian wajib banget nih mengetahui arti vendor itu sendiri dalam dunia bisnis.

Selain mengetahui arti vendor, KLovers juga bisa mengetahui apa saja sih jenis dari vendor, beserta dengan tugas dan juga perbedaan vendor dengan supplier dalam dunia bisnis.

Berikut ini arti vendor yang bisa KLovers ketahui beserta dengan jenis dan juga tugasnya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Arti Vendor Adalah

Secara umum, arti vendor adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan penjual barang atau jasa. Vendor adalah suatu bagian yang menjembatani produk dari produsen agar sampai ke tangan konsumen atau perusahaan lain. Namun, arti vendor lainnya adalah suatu pihak yang berperan untuk menyediakan bahan baku atau bahan mentah guna memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan lain.

Bahan mentah yang disediakan oleh vendor akan dipakai untuk kegiatan produksi. Beberapa orang juga seringkali mengganti istilah vendor dengan sebutan supplier atau distributor, namun sebenarnya arti dari kedua ini berbeda ya dengan vendor. Arti vendor mengacu pada individu atau perusahaan yang menjual sesuatu kepada individu atau entitas lain.

Vendor dapat dimanfaatkan di berbagai tempat dalam rantai pasokan. Vendor dapat dimanfaatkan di berbagai tempat dalam rantai pasokan. Istilah vendor dapat mencakup pengecer atau pemasok secara luas dengan apa yang sering menjadi komponen dalam produk yang lebih besar. Hingga, keberadaan vendor sangat penting dalam dunia bisnis.

 

2. Jenis-Jenis Vendor

Nah, setelah mengetahui apa sih arti vendor itu, KLovers juga bisa mengetahui jenis-jenis dari vendor itu sendiri. Dan terdapat tiga jenis vendor. Tiga jenis vendor adalah B2C, B2G, dan B2B. Penjelasan dari ketiga jenis vendor tersebut telah kami paparkan berikut ini:

1. Bisnis ke Konsumen

Jenis vendor yang pertama yaitu, ada jenis vendor bisnis ke konsumen. Jenis vendor ini adalah menjual langsung ke konsumen. Mereka umumnya menjual produk yang sudah jadi kepada pengguna akhir atau bahkan komponen produk. Penjual bisa menjadi pengecer online atau bahkan seseorang yang menjual sesuatu di pinggir jalan. Beberapa vendor bahkan mengkhususkan diri dalam menyediakan layanan konsumen.

2. Bisnis ke Pemerintah

Jenis vendor kedua adalah bisnis ke pemerintah. Pada jenis ini vendor menjual sesuatu ke pihak pemerintah. Jenis vendor ini terkadang juga bisa menjadi konsultan pemerintah. Mereka adalah individu yang mungkin telah membangun karir yang sukses untuk diri mereka sendiri di sektor swasta dan telah mulai mengontrakkan keahlian mereka ke sektor publik.

3. Bisnis ke Bisnis

Dan jenis vendor yang terakhir ada vendor bisnis ke bisnis. Vendor ini adalah salah satu yang menjual barang atau jasa ke vendor lain. Barang-barang tersebut dijual ke bisnis lain dan pada gilirannya, akan disimpan dalam inventaris, baik untuk jangka waktu pendek atau panjang tergantung pada produknya.

 

3. Tugas Vendor

Nah, kalian juga perlu tahu nih, apa sih tugas vendor tersebut. Seperti yang kita ketahui bahwa, arti vendor sendiri adalah pihak yang berperan untuk menyediakan bahan. Nah, selain mengetahui arti vendor secara umum, KLovers juga perlu tahu nih tugas vendor itu sendiri. Berikut beberapa tugas vendor yang perlu kalian ketahui:

1. Memenuhi setiap permintaan dari perusahaan yang menjadi rekanannya sesuai dengan kesepakatan.

2. Memastikan setiap produk yang dijual kepada konsumen merupakan produk yang berkualitas.

3. Memastikan pengiriman barang atau jasa sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

4. Memberikan pelayanan terbaik dengan harga yang bersaing kepada konsumen.

5. Melancarkan operasional suatu bisnis.

 

4. Perbedaannya dengan Supplier

Dan yang terakhir yang perlu kalian ketahui tentang arti vendor adalah perbedaan vendor dan juga supplier. Yup! Dalam dunia bisnis, kata vendor atau supplier sendiri udah nggak asing lagi nih. Dan perlu dipahami bahwa ternyata keduanya memiliki perbedaan.

Vendor biasanya menjual suatu produk yang berasa dari distributor dari waktu ke waktu kepada pelanggan dalam jumlah yang kecil. Sedangkan supplier biasanya memasok jenis layanan atau barang tertentu ke produsen dalam jumlah yang besar.

Dan jika berdasar pada fungsi keduanya, vendor memiliki peran sebagai penyedia barang serta jasa dan memiliki tugas utama yaitu, memenuhi semua kebutuhan barang ataupun jasa untuk perusahaan tertentu. Sedangkan supplier adalah pihak yang menyediakan sumber utama dari rantai pasokan.

Bila vendor biasanya menyediakan barang dan jasa kepada para produsen. Namun terkait relasi bisnis, vendor akan berhubungan langsung dengan para pengguna jasa maupun produk. Sementara supplier akan melakukan hubungan bisnis yang terhubung dari satu bisnis ke bisnis lain.

Itulah penjelasan tentang arti vendor yang bisa KLovers ketahui serta pahami. Bukan hanya arti vendor saja, namun juga jenis-jenis vendor dan juga tugasnya.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI