Arti With di Kamus dan Penggunaannya, Ketahui Perbedaan dengan Preposisi Lainnya

Rabu, 19 Januari 2022 12:55
Arti With di Kamus dan Penggunaannya, Ketahui Perbedaan dengan Preposisi Lainnya
Ilustrasi (credit: pexels.com)


Kapanlagi Plus - Lebih banyak memahami arti kata dalam bahasa Inggris tentunya membantu kalian makin sukses dalam mempelajarinya. Salah satunya memahami arti dan jenis preposisi yakni kata with.

Arti with paling umum diketahui memiliki arti dengan. Meski begitu, tak selalu arti with punya makna tersebut. Pasalnya ada arti with di kamus punya beberapa makna berbeda.

Terlebih kata with juga perlu digunakan dalam beberapa situasi tertentu. Karena itulah perlu tahu apa arti with dan penggunaannya dengan tepat. Dengan begitu bisa membantu kalian semakin mempermudah memahami pemakaian kata with dalam kalimat.

Penasaran apa arti with dan penggunaannya dengan tepat? Yuk langsung saja simak ulasan di bawah ini mengenai arti with yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Arti With di Kamus

Kata with termasuk jenis kata preposisi yang kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti diketahui kata preposisi dalam bahasa Inggris adalah kata depan yang digunakan untuk menghubungkan kata lain untuk membentuk kalimat. Arti with paling populer dikenal memiliki makna dengan. Namun ternyata ada makna lain selain arti with yang umum diketahui punya arti dengan. Penasaran apa saja arti with di kamus? Ini penjelasannya.

Jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia, arti with adalah dengan, pada, karena, sama, seiring. Ada juga arti with di kamus dapat bermakna pakai, punya, serta, terhadap, meskipun, bersama dengan, walaupun. Arti with tersebut memiliki makna berbeda tergantung pada penggunaannya dalam sebuah kalimat. Itulah arti with di kamus yang perlu diketahui selain memiliki makna dengan.

 

2. Arti With dan Penggunaannya

Setelah memahami apa arti with, ketahui juga bagaimana penggunaannya. Seperti diketahui sebelumnya, arti with termasuk jenis preposisi. Nah, arti with berdasarkan penggunaannya dikelompokkan ke dalam beberapa poin. Di antara arti with dan penggunaannya dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Melansir dari berbagai sumber, diketahui penggunaan kata with bisa dipakai untuk menggambarkan tentang kebersamaan. Misalnya saja kalian tengah berbincang bersama dengan seseorang, maka dapat diungkapkan dengan menggunakan kata preposisi with. Contohnya, I left my phone with Lina (Aku meninggalkan ponselku bersama Lina).

2. Penggunaan kata with dapat juga dipakai untuk menunjukkan kehadiran seseorang. Misalnya saja untuk menunjukkan bahwa saat ini kalian tengah memiliki seorang pelanggan.

3. Arti with dan penggunaannya bisa juga dipakai untuk menunjukkan sesuatu tentang kepemilikan atau membawa sesuatu. Penggunaan kata ini umumnya dipakai untuk menggambarkan kepemilikan yang melekat pada diri seseorang.

4. Penggunaan kata with bisa digunakan untuk menggambarkan tentang penggunaan sesuatu ataupun memakai sesuatu. Misalnya saja mengenai cara menggunakan pisau untuk memotong.

5. Penggunaan kata with juga dapat dipakai untuk sesuatu yang bertentangan atau membandingkan dengan lainnya.

6. Kata with dapat pula dipakai buat mengutarakan suatu pendapat seperti kesepakatan.

7. Kata with juga dipakai untuk menunjukkan akibat dari suatu hal atau kejadian, ataupun karena. Misalnya saja mengenai hasil dari suatu tindakan. Contohnya saja ketika tanpa sengaja menyentuh api, maka tangan menjadi panas dan melepuh.

Itulah beberapa arti with dan penggunaannya yang perlu diketahui. Sehingga memudahkan kalian memahami apa arti with beserta penggunaannya.

 

3. Perbedaan With dan Preposisi Lainnya

Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa jenis kata preposisi. Salah satunya adalah kata with yang tergolong preposisi. Setelah kalian memahami apa arti with, ketahui juga apa saja perbedaan dengan preposisi lainnya. Sementara itu, salah satu ciri dari kata preposisi biasanya dipakai terletak di depan kata benda (noun) atau pronoun.

Arti with sebagai preposisi termasuk jenis preposition of instrument dalam bahasa Inggris. Di mana, arti with juga sejajar dengan kata by, without, dan lainnya. Selain itu, perbedaan with dengan kata by yang juga termasuk preposisi adalah kata by digunakan dalam sebuah kalimat pasif. Selain itu, kata by dipakai untuk menjelaskan mengenai proses pengerjaan sesuatu. Dapat juga digunakan untuk menunjukkan tujuan.

Selain preposisi by, ada juga contoh kata preposisi seperti kata at yang memiliki arti di, dan pada. Biasanya kata at digunakan untuk menunjukkan tempat ataupun waktu secara rinci. Sedangkan perbedaan arti with dan over adalah umumnya digunakan untuk menunjukkan suatu gerakan, kapasitas, ataupun perpindahan sesuatu.

Sedangkan arti without adalah tanpa. Kata without juga termasuk jenis preposisi. Berbeda dari arti with, arti whiteout juga bermakna dengan tidak. Ini adalah beberapa contoh perbedaan dari arti with. Sehingga dengan memahami apa perbedaan dari arti with dengan jenis kata preposisi lainnya, memudahkan kalian semakin tahu maknanya.

 

4. Contoh Kata With

Mengetahui apa arti with, tak lengkap rasanya jika tanpa contohnya. Sebab itulah berikut ini disertakan juga beberapa contoh dari penggunaan kata with. Adapun ulasan lengkapnya dapat kalian simak sebagai berikut mengenai contoh kata with.

1. I go to sleep with my mother everynight. (Aku pergi tidur dengan ibu setiap malam)

2. I order cake with caramel sugar. (Aku memesan kue dengan gula caramel)

3. Leave it with me. (Tinggalkan itu denganku).

4. Don't be angry with me. (Jangan marah sama aku)

5. She playing basket with somebody. (Dia bermain basket dengan seseorang)

6. Cut it with clips. (Potong itu dengan klip).

Itulah beberapa contoh dan arti with yang perlu diketahui. Sehingga membantu kalian semakin memahami arti with dan penggunaannya dalam sebuah kalimat.

Sumber: oxfordlearnersdictionaries.com, kampunginggris.id, fabelia.com, dan sumber lainnya

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI