Artistik, Desain Kotak Cincin Dan Hantaran Kahiyang Terbuat Dari Kaca Motif Batik

Penulis: Tyssa Madelina

Diperbarui: Diterbitkan:

Artistik, Desain Kotak Cincin Dan Hantaran Kahiyang Terbuat Dari Kaca Motif Batik ©2017 Merdeka.com/arie sunaryo

Kapanlagi.com - Semakin mendekati hari H, putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu terlihat semakin mantap mempersiapkan acara pernikahannya. Setelah menyelesaikan hal-hal wajib seperti venue, catering sampai sanggar rias, ia juga telah menyiapkan 'perintilan' lainnya. Salah satunya adalah kotak cincin dan hantaran.

Ingin praktis, nampaknya keluarga Presiden juga memilih vendor Risang Aji Art Glass, Kestalan, Banjarsari, Solo untuk menjadi vendor kotak cincin dan hantaran. Sebelumnya, vendor terkait juga mengurusi perihal souvenir pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Serupa dengan desain souvenir, kotak cincin dan hantaran juga dibuat dengan tema artistik dan nyeni, yakni memakai motif batik yang ditulis di kaca.

Kotak tersebut berdimensi 27 cm x 17 cm x 4,5 cm dan sudah dipesan oleh salah satu kerabat Presiden Jokowi sejak 27 September lalu. "Kakak Bu Iriana datang kesini mencari sampel untuk suvenir sebulan lalu. Setelah itu saya dipanggil ke gedung Graha Saba Buana," ujar Pemilik usaha Risang Aji Art Glass, Mintorogo, Senin (30/10) seperti dilansir dari Merdeka.

Beberapa hasil karya vendor souvenir Kahiyang Ayu yang pernah diunggah di internet. © Risang Aji Wordpress

Baik kotak cincin maupun hantaran, keduanya dihias dengan motif batik yang serupa. Namun, tak seperti motif batik sogan dan cokelat, kali ini Mintorogo menggunakan motif sidomulyo blidak atau putih. Motif dasar batik ini berbentuk wajik namun detail warnanya lebih muda.

Ternyata motif sidomulyo blidak sendiri memiliki filosofi khusus, lho. Kata sidomulyo berasal dari bahasa Jawa, yaitu 'sido' yang artinya 'jadi' sedangkan 'mulyo' berarti 'kemuliaan'. Filosofinya, agar keluarga yang dibina selalu memperoleh kemuliaan walau mendapat satu kesusahan.

Mintorogo menyampaikan bahwa pemilihan motif tersebut dipesan khusus oleh Bu Iriana. Selain desain yang artistik, wadah kaca tersebut juga dibuat unik. Kaca berbahan aqualet tersebut akan dibuat dengan tekstur bergelombang. "Untuk saat ini kotak cincin dan hantarannya masih dalam proses pengerjaan," tutup Mintorogo.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(kpl/tmd)

Rekomendasi
Trending