Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2018 Dapat Bonus, Begini Rinciannya!

Sabtu, 01 September 2018 12:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Atlet Indonesia Peraih Medali Asian Games 2018 Dapat Bonus, Begini Rinciannya!
Asian Games 2018 (Merdeka.com/Imam Buhori)


Kapanlagi Plus - Diektahui jika sampai saat ini Indonesia menduduki peringkat keempat dalam ajang Asian Games 2018. Yang mana terdiri atas perolehan 30 emas, 23 perak, dan 37 perunggu. Sempat di posisi kelima dikejar Iran, akhirnya Indonesia pun bisa menyalip kembali.

Perolehan 30 medali emas ini di luar ekspetasi bahkan menjadi sejarah baru. Pasalnya pemerintah hanya menargetkan untuk mendapatkan 18 emas saja. Berkat perolehan ini, untuk pertama kali Indonesia memperoleh medali terbanyak selama diselenggarakannya Asian Games 2018.

Sebelumnya dimulainya Asian Games 2018 ini, pemerintah telah menjanjikan bonus bagi atlet peraih medali. Tidak tanggung-tanggung, bonus yang diberikan begitu menjanjikan. Atlet yang berhasil memperoleh medali emas akan mendapat hadiah sebesar Rp 1,5 miliar.

Tidak hanya perebut medali emas saja, namun bonus juga akan diberikan pada peraih medali perak dan perunggu. Ya, Rp 500 juga untuk atlet peroleh perak sedangkan peroleh perunggu mendapatkan Rp 250 juta.

1. RIncian Bonus Atlet

Nantinya bonus yang diberikan terdiri dari beberapa kategori. Peraih emas perorangan akan mengantongi Rp 1,5 miliar secara penuh. Sedangkan untuk atlet bermain ganda akan mendapat Rp 1 miliar per orangnya. Sedangkan untuk atlet beregu akan mendapat Rp 720 per orang.

Untuk atlet peroleh perak juga dibagi ke dalam tiga kategori. Untuk atlet tunggal akan mengantongi Rp 500 juta, untuk pemain ganda mendapat Rp 400 juta per orang, dan atlet beregu akan mendapat Rp 300 juta per orangnya.

Sama halnya dengan emas dan perak, peroleh perunggu juga akan dibagi ke dalam kategori. Pemain tunggal nantinya akan mendapat RP 250 juta, dan ganda RP 200 juta per orang, sedangkan atlet beregu akan mendapat Rp 150 juta untuk masing-masing orangnya.

2. Pelatih dan Asisten Pelatih Juga Dapat Bonus

Bonus tak hanya diberikan pada para atlet saja lho KLovers, tentu saja orang-orang dibalik kesuksesan para atlet akan mendapatkan bagiannya juga. Untuk pelatih tim beregu akan mendapatkan Rp 600 juga untuk perolehan emas, Rp 200 juta untuk perak, dan Rp 100 juta untuk perolehan perunggu.

Untuk pelatih perorangan atau ganda akan mendapatkan Rp 450 juta untuk emas, Rp 150 juta untuk perak, dan Rp 75 juta untuk perunggu. Untuk setiap medali kedua dan seterusnya, para pelatih akan mendapatkan Rp 225 juta untuk perolehan emas, Rp 74 juta untuk perolehan perak, dan RP 37,5 juta untuk perolehan perunggu.

Asisten pelatih juga akan mendapatkan bonusnya juga. Untuk asisten pelatih perorangan maupun ganda mendapatkan Rp 300 juta untuk emas, Rp 100 juta untuk perak, dan Rp50 juta untuk perunggu. Para asisten pelatih beregu mendapatkan Rp 375 juta untuk emas, Rp 125 juta untuk perak, dan Rp 62,5 juta untuk perunggu.

Setiap medali kedua dan seterusnya, para asisten pelatih mendapatkan Rp 150 juta untuk emas, Rp 50 juta untuk perak, dan Rp 25 juta untuk perunggu.

3. Bonus Tambahan

Tak hanya mendapatkan uang saja, namun masih banyak bonus yang diberikan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi telah menjanjikan para atlet diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil. Ya, bagaimanapun para atlet adalah pejuang bangsa Indonesia.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Menpan RB bahwa sebelumnya hanya peraih medali emas dan perak saja yang diangkat jadi PNS, tapi sekarang medali perunggu juga. Penempatannya tentu di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Apakah mereka nanti ditempatkan sebagai fungsional atau pelatih, tentu akan kami sesuaikan," ungkap Imam Nahrawi.

Bonus tambahan lagi akan diberikan untuk para atlet peroleh medali emas. Pemerintah lewat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono menyatakan akan membangunkan rumah tipe 36 dengan kisaran Rp 70 - Rp 100 juta.

 

4. Pemerintah Peduli Atlet

Berkaitan dengan pengangkatan para atlet menjadi PNS, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga mengatakan akan memberikan status PNS bagi para atlet yang berasal dari DKI Jakarta. Pengangkatan tersebut untuk para atlet peroleh emas dan perak pada Asian Games 2018. Namun dengan syarat, mereka bersedia untuk diangkat menjadi PNS.

Tak hanya Pemprov DKI saja, para Pemerintah Provinsi lainnya dan juga Pemerintah Daerah juga berikan hal yang sama. Mereka juga berikan bonus pada atlet yang berasal dari daerahnya.

Kini pemerintah sedang berikan perhatian kepada para atlet. Pemerintah ingin berikan kehidupan bagi para atlet. Tak dipungkiri jika dulu banyak mantan atlet yang kurang diperhatikan, bahkan mendapat kehidupan yang serba kurang, padahal mereka telah mengharumkan nama bangsa dengan torehkan prestasi.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI