Bacaan dan Arti Doa Nabi Yunus untuk Menghadapi Kesulitan, Ketahui Keutamaannya

Diterbitkan:

Bacaan dan Arti Doa Nabi Yunus untuk Menghadapi Kesulitan, Ketahui Keutamaannya
Bacaan dan Arti Doa Nabi Yunus untuk Menghadapi Kesulitan (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Kisah Nabi Yunus yang terperangkap dalam gelapnya perut ikan besar, sarat akan makna dan pelajaran hidup. Kisah Nabi Yunus mengajarkan umat manusia tentang kesabaran, keikhlasan, dan kekuatan doa. Dalam situasi tersebut, Nabi Yunus AS melantunkan doa yang dipenuhi penyesalan dan permohonan ampunan.

Kini, doa Nabi Yunus menjadi salah satu amalan yang dianjurkan untuk diamalkan seorang muslim. Doa Nabi Yunus berisi bacaan doa yang sederhana namun penuh makna, terutama bagi mereka yang sedang dalam kesulitan. Doa Nabi Yusuf merupakan permohonan kepada Allah SWT untuk diberikan kebaikan, keselamatan, dan perlindungan dalam segala aspek kehidupan, sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Yusuf sendiri dalam perjalanan hidupnya.

Untuk kalian, umat muslim yang mungkin sedang dalam kesulitan, amalan doa Nabi Yunus bisa jadi salah satu bagian dari ikhtiar menyelesaikan masalah yang ada. Berikut ulasan terkait bacaan dan arti doa Nabi Yunus yang perlu diketahui setiap muslim.

1. Bacaan Doa Nabi Yunus dalam Alquran

Doa Nabi Yunus mengandung kekuatan spiritual yang sangat besar karena merupakan doa yang disertai dengan pengakuan akan kekurangan dan kezaliman diri sendiri di hadapan Allah SWT. Bukan hanya itu, ia juga mengandung pengagungan terhadap Allah yang Maha Suci yang tidak ada bandingannya.

Doa Nabi Yunus merupakan salah satu contoh doa yang tercatat dalam Al-Quran yang membawa pesan moral dan spiritual yang mendalam. Terdapat pada Surah Al-Anbiya ayat 87-88, yang bacaan dan artinya sebagai berikut:

"Wa Zan Nuuni iz zahaba mughaadiban fazaanna al lan naqdira 'alaihi fanaanna al lan naqdira 'alaihi fanaadaa fiz zulumaati al laaa ilaaha illaaa Anta Subhaanaka innii kuntu minaz zaalimiin." (QS. Al-Anbiya Ayat 87)

Fastajabnaa lahuu wa najjainaahu minal ghamm; wa kazaalika nunjil mu'miniin." (QS. Al-Anbiya Ayat 88)

Artinya:

"Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, "Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim." (QS. Al-Anbiya Ayat 87)

"Maka Kami kabulkan (doa)nya dan Kami selamatkan dia dari kedukaan. Dan demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al-Anbiya Ayat 88)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Bacaan Doa Nabi Yunus Singkat

Saat ini banyak yang mengamalkan doa Nabi Yunus secara lebih ringkas, pada bagian tertentu pada potongan ayat 87 surat Al-Anbiya. Potongan ayat tersebut fokus mengungkapkan permohonan pada Allah SWT. Berikut bacaan doaNabi Yunus yang lebih singkat:

"Laa ilaaha illaa anta subhanaka innii kuntu minaz-zalimiin."

Artinya:

"Tidak ada Tuhanselain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim."

3. Cara Mengamalkan Doa Nabi Yunus

Tidak ada riwayat khusus yang menjelaskan tata cara membaca Doa Nabi Yunus. Namun secara umum, doa Nabi Yunus dianjurkan untuk dibaca ketika berada dalam kesulitan, kegelisahan, atau menghadapi masalah berat. Rasulullah SAW mencontohkan untuk membaca doa ini ketika merasa kesal atau sedih, sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim dan Imam Bukhari.

Umat Islamdianjurkan untuk membacanya berulang-ulang sebagai dzikir dan memasukkannya dalam doa-doa pribadi sehari-hari. Dianjurkan pula untuk membaca doa ini dengan penuh kesungguhan hati dan kekhusyu'an, memohon ampunan atas dosa-dosa dan kesilapan yang telah dilakukan.

4. Keutamaan Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus diyakini dapat membantu umat Muslim menghadapi kesulitan. Doa ini merupakan inspirasi bagi umat Muslim untuk selalu kembali kepada Allah SWT dalam segala kondisi. Keutamaan membaca Doa Nabi Yunus terkandung dalam bentuk pengakuan kesalahan dan permohonan ampun dengan hati yang tulus. Dengan berdoa seperti Nabi Yunus, seseorang mengakui kesalahan dan secara bersamaan memohon pertolongan dan ampunan dari Allah SWT.

Membaca Doa Nabi Yunus adalah sebuah refleksi diri dan pengakuan akan kesalahan yang telah dilakukan. Hal ini dianggap sebagai langkah merendahkan diri dan memohon ampunan dari Allah SWT, menunjukkan kerendahan hati dan penyesalan yang mendalam. Lebih lanjut, berikut keutamaan dari Doa Nabi Yunus:

1. Bentuk pengakuan atas kesalahan.

2. Memohon ampun kepada Allah SWT.

3. Pelajaran dalam menghadapi ujian dengan sabar dan tawakal.

4. Memberikan inspirasi dalam mengatasi masa sulit.

5. Sebagai teladan dalam merendahkan diri di hadapan Allah SWT.

Itulah di antaranya ulasan terkait doa Nabi Yunus yang diyakini bisa jadi ikhtiar umat muslim dalam menghadapi kesulitan. Semoga bermanfaat, bisa menambah wawasan seputar agama Islam, dan bisa meningkatkan keimanan sebagai seorang muslim. Amin.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending