Bagian Inilah Yang Membuat Psikopat Berbeda Dari Manusia Normal

Kamis, 13 Juli 2017 08:18 Penulis: Agista Rully
Bagian Inilah Yang Membuat Psikopat Berbeda Dari Manusia Normal
Warner Bros

Kapanlagi Plus - Psikopat sering digambarkan sebagai sosok berdarah dingin dan tak berperasaan dalam film-film Hollywood. Sementara menurut Yayasan Psikopat Hare, psikopat merupakan sosok yang berkharisma, pembohong, impulsif, serta gagal untuk mempertanggungjawabkan tindakan mereka.

Rupanya ada sebuah bagian dalam otak yang membuat psikopat berbeda dengan manusia normal lainnya. Penelitian terbaru ini dihimpun oleh Universitas Harvard pada sejumlah tahanan yang diduga memiliki ciri-ciri psikopat yang telah disebut sebelumnya.

Dari hasil uji tersebut, tahanan dengan nilai tertinggi di tes psikopat menunjukkan tingkat aktivitas di bagian otak ventral striatum lebih tinggi. Bagian otak ini memiliki fungsi penting untuk mempertimbangkan aspek reward jangka pendek.

Bagian otak ventral striatum pada psikopat akan beraktifitas lebih tinggi dari orang normal  metro.co.ukBagian otak ventral striatum pada psikopat akan beraktifitas lebih tinggi dari orang normal metro.co.uk

"Semakin psikopat seseorang maka respon striatal akan semakin tinggi. Sehingga dapat dikatakan bahwa cara mereka memperhitungkan konsekuensi kurang akurat. Mereka bahkan kadang menilai reward yang akan didapatkan atas suatu tindakan terlalu tinggi," jelas Profesor Joshua Buckholtz.

"Kami menemukan hubungan antara striatum dan ventral medial prefrontal cortex lebih lemah pada orang-orang yang memiliki kecenderungan psikopat," imbuhnya.

"Jika kamu memutuskan koneksi tersebut maka korban akan mulai melakukan pilihan-pilihan yang salah karena mereka tak punya cukup informasi untuk mengambil keputusan yang adaptatif," pungkas sang Profesor.

(met/agt)

Editor:

Agista Rully



PLUS TERKAIT

LATEST UPDATE




REKOMENDASI