Bandai Rilis Action Figure Gundam Universe, Tak Perlu Merakit Sendiri

Jum'at, 09 Agustus 2019 17:05 Penulis: Guntur Merdekawan
Bandai Rilis Action Figure Gundam Universe, Tak Perlu Merakit Sendiri
Gundam Universe © Dokumentasi Pribadi


Kapanlagi Plus - Salah satu perusahaan produsen mainan terbesar di Jepang, Bandai meluncurkan action figure versi terbarunya, yakni Gundam Universe, melalui lini usaha Tamashii Nation. Koleksi ini dikenalkan guna memperingati perayaan ulang tahun ke-40 dari anime Gundam.

Seperti diketahui, action figure Gunpla harus dirakit terlebih dahulu sebelum akhirnya jadi model utuh. Namun koleksi terbaru ini disebut berbeda dari pendahulunya, karena sudah dalam keadaan utuh alias tanpa dirakit.

"Gundam Universe dijual sudah dalam keadaan robot utuh, jadi tidak perlu dirakit. Hari," ucap Erik Thianto, perwakilan MultyToys (pemegang distribusi robot Gundam di Indonesia) saat peluncuran Gundam Universe di Atrium Emporium Mall Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (7/8/2019).

 

1. Indonesia Jadi Target Pasar Utama

Ada 3 action figure Gundam Universe yang diluncurkan pada kesempatan itu, yakni Wing Gundam, Gundam Rx78 dan Unicorn Gundam. Merakit action figur memang jadi sebuah tantangan dan nilai kepuasan tersendiri bagi para pelanggan. Namun perlu dicatat pula jika banyak kolektor yang tidak mengerti cara merakitnya.

Indonesia adalah salah satu target pasar Jepang, mengingat banyaknya jumlah kolektor Gundam fanatik yang ada. Hal itu diungkapkan sendiri oleh Fukaura Daiki, Manager Collector Toys Department.

"Market Indonesia sangat penting karena Indonesia termasuk dari 20 negara yang menjadi fokus penjualan kita. Indonesia memiliki fanbase yang kuat sehingga kami memutuskan untuk membuat lebih banyak lagi event di Indonesia," ungkap Fukaura.

2. Buka Toko Resmi di Indonesia?

Mengingat belum hadirnya toko action figur Gundam resmi di Indonesia, para kolektor fanatik sampai rela terbang ke luar negeri untuk membelinya. Berangkat dari fakta itu, Fukaura pun lantas menyuarakan ide untuk melebarkan sayapnya hingga Indonesia.

"Soalnya memang kebijakan dari perusahaannya sendiri tidak diproduksi massal. Ini memang quantity tertentu saja. Jarang dijual online juga karena setahu saya dari komunitas dan kolektor, mereka sampai berani keluar, ke Jepang, Hongkong, Singapura, karena kita kan memang belum ada toko yang di Indonesia," sambungnya.

3. Range Harga

Harga yang ditawarkan pada peluncuran Gundam Universe adalah 3.000 Yen atau setara Rp 403 ribu. Namun karena produknya yang limited, bisa jadi harga meningkat nantinya. Action figur gundam sendiri harganya memang sangat beragam karena ada yang mencapai jutaan. Kenapa bisa begitu?

"Sebenarnya bukan karena ukuran doang (untuk menentukan harga), tapi juga di bahan-bahannya juga. Jadi yang jutaan itu ada part dari besi yang lebih berat. Kalau diposein mungkin lebih tahan dan memang posturnya besar," tutup Erik.

(kpl/gtr)



MORE STORIES




REKOMENDASI