Bebas Stuck saat Sesi Diskusi, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Brainstorming bareng Rekan Satu Tim

Kamis, 14 Juli 2022 16:08 Penulis: Jeffrey Winanda
Bebas Stuck saat Sesi Diskusi, Ini 3 Hal Penting yang Perlu Dilakukan saat Brainstorming bareng Rekan Satu Tim
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Sektor industri kreatif mulai dari creativepreneur, konten kreator, hingga digital artist pasti memerlukan tim untuk mengoptimalkan karya yang dihasilkan. Biasanya, tim ini dibentuk untuk melakukan efisiensi terhadap goals yang ingin diraih.

Namun sayangnya, terdapat beberapa kendala yang sulit untuk dihindari seperti faktor eksternal maupun internal. Jika sudah begini, sering terjadi sebuah tim kreatif mendadak stuck dan bingung untuk melangkah.

Jika kamu dan rekan setim menemukan situasi ini, nggak ada salahnya untuk melakukan brainstorming buat menemukan jalan keluar. Nggak harus sesuai paten atau text book, kamu dan tim bisa melakukan brainstorming dengan cara sederhana berikut ini. Apa saja?

Stimulasi Kemunculan Ide-Ide Liar

Hadirnya ide segar adalah kunci menmukan jalan keluar ketika sudah stuck dalam berkarya. Ide-ide segar bahkan liar akan membantu menstimulasi pola pikir untuk kemudian berpikir out of the box.

Nah, untuk menemukan ide liar ini juga diperlukan sesuatu nggak biasa juga. Kunci untuk menemukan ide liar berasal dari diri sendiri. Menonton film, olahraga, hingga mencari hiburan berupa meme di internet bisa menjadi trigger untuk menemukan ide liar.

Hindari Kritikan pada Tiap Ide yang Muncul

Jika ide liar sudah muncul, nggak jarang ada beberapa orang yang merasa aneh terhadap gagasan tersebut. Hal ini wajar, sebab ide liar memanglah sesuatu yang di luar ruang lingkup dari tujuan yang dicapai.

Namun, semua anggota tim perlu untuk menghargai setiap ide yang muncul dengan cara menghindari kritikan terhadap si penemu ide. Kritikan yang terlontar justru bisa mematikan kreativitas anggota lain sehingga makin sulit untuk menemukan jalan keluar dalam berkarya.

Kumpulkan Ide Sebanyak-Banyak

Alih-alih memberikan kritikan, semua ide yang muncul sebaiknya dikumpulakan. Semakin banyak ide yang terkumpul, akan semakin baik pula hasilnya.

Ide yang terkumpul ini bisa diolah berdasarkan beberapa kriteria. Kamu bisa membuat beberapa kategori sesuai dengan kebutuhan dan nilai-nilai dari tujuan yang ingin dicapai.

(kpl/jef)

Reporter:

Jeffrey Winanda



MORE STORIES




REKOMENDASI