Beda Dari Biasanya, Inilah Uniknya Medali Asian Para Games 2018

Rabu, 10 Oktober 2018 09:01 Penulis: Winda Carmelita
Beda Dari Biasanya, Inilah Uniknya Medali Asian Para Games 2018
© Liputan6.com/Ahmad Fawwaz Usman

Kapanlagi Plus - Dalam pertandingan olahraga, medali merupakan simbolisasi kemenangan. Nggak heran kalau kilauan medali merupakan sebuah kebanggaan yang sangat memorable bagi seorang atlet. Namun tak semua atlet dapat melihat sendiri bagaimana jerih payah dan usahanya terwujud dalam bentuk medali, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Untuk menghadirkan rasa bangga pada para atlet penyandang disabilitas ini, Inapgoc membuat medali unik untuk dibagikan pada para atlet juara Asian Para Games 2018. Seperti apa sih keunikannya?

Medali mengeluarkan bunyi gemericik

© Bola.com/Beneiktus Gerendo Pradigdo © Bola.com/Beneiktus Gerendo Pradigdo

Direktur divisi sport Inapgoc, Fanny Irawan, memperkenalkan medali Asian Para Games pada Jumat (5/10). Bentuk medali ini tak jauh berbeda dari medali-medali pada umumnya, tetapi saat digoyangkan akan mengeluarkan bunyi gemericik yang berasal dari bola-bola di dalam rongga medali.

Uniknya lagi, bunyi gemericik yang ditimbulkan tiap medali ini berbeda-beda. Untuk medali emas ada 26 bola, medali perak 22 bola dan medali perunggu 16 bola. Hal ini bertujuan agar para atlet penyandang disabilitas bisa mengidentifikasi jenis medali dari perbedaan suaranya.

Terinspirasi dari Paralimpiade 2016

Fanny mengatakan, medali bersuara ini terinspirasi dari Paralimpiade 2016 yang diadakan di Rio de Janeiro, Brasil. Untuk pembuatannya sendiri memakan waktu selama 4 bulan dan diproduksi di Guangzhou, Tiongkok. Medali bersuara ini terbuat dari besi solid yang dilapisi emas atau perak dan perunggu.

Dalam pembuatannya, Inapgoc meminjam medali perunggu Paralimpiade 2016 milik Ni Nengah Widiasih dari cabor angkat berat.

Medali bersuara ini baru diluncurkan di gelaran Asian Para Games 2018 ini. Semoga medali unik bisa membakar motivasi teman-teman atlet penyandang disabilitas agar semakin bersemangat meraih juara.

Dukungan seluruh elemen masyarakat Indonesia juga sangat dibutuhkan. Grab selaku Official Mobile Platform Partner Asian Para Games 2018 memberikan dukungan nyata melalui penyediaan 20 armada mobil golf untuk mempermudah mobilisasi para atlet dan layanan GrabGerak. Ini merupakan wujud komitmen Grab kepada Indonesia dengan harapan dapat menginspirasi seluruh masyarakat Indonesia dan membuktikan bahwa #KemenanganItuDekat dan miliki semua orang, termasuk teman-teman penyandang disabilitas.

Grab selaku official mobile platform partner juga mendukung Asian Para Games 2018

(kpl/wnd)

Reporter:

Winda Carmelita



MORE STORIES




REKOMENDASI